Wajib Tahu! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Penyebab dan cara menghilangkan flek hitam (Foto: crystalclinic)

PARBOABOA – Flek hitam di wajah bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Dari punggung tangan, wajah, punggung, hingga bahu. Nah, flek hitam yang muncul di area wajah mungkin akan mengganggu dan bikin kamu tidak percaya diri.

Untungnya, ada berbagai perawatan sederhana yang bisa jadi cara menghilangkan flek hitam di wajah. Namun, sebelum mencari tahu bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah, ada baiknya kamu memperlajari dulu apa saja penyebabnya.

Apa Itu Flek Hitam di Wajah?

Flek hitam di wajah merupakan hasil dari hiperpigmentasi, yakni kondisi di mana area kulit dengan spot hitam mengalami produksi melanin (pigmen pewarna) lebih banyak daripada area kulit lainnya.

Hiperpigmentasi ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan hormon, tanda penuaan, paparan sinar UV, peradangan kulit, bekas luka, iritasi, atau efek samping produk tertentu.

Flek hitam atau bintik-bintik hitam tidak hanya ada pada kulit wajah, namun bisa juga ada di punggung, bahu, atau kulit kepala. Kondisi ini paling sering ditemukan pada orang-orang berkulit putih.

Flek hitam di wajah biasanya tidak akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan, sehingga tidak memerlukan pengobatan. Namun, sebagian orang bisa mengalami penurunan kepercayaan diri karnea adanya flek hitam tersebut.

Gejala Flek Hitam di Wajah

  1. Bintik-bintik hitam dapat terlihat jelas di kulit dengan warna gelap, cokelat muda, atau cokelat tua.
  2. Pada bagian wajah, bintik-bintik hitam paling sering muncul di sekitar hidung dan pipi.
  3. Kondisi ini paling juga disebut dengan sunspot (bintik-bintik hitam akibat paparan sinar UV berlebihan) dan age spot (tanda-tanda penuaan).
  4. Bintik-bintik ini sangat kecil dan umumnya terlihat berkelompok.
  5. Bintik-bintik hitam tidak menyebabkan gejala gatal, perih, atau nyeri pada kulit. Pada orang yang lebih tua, bintik atau bercak hitam juga dapat terjadi di bahu, punggung tangan, lengan, dan bahu.

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Flek hitam terbentuk ketika melanin memproduksi melanosome secara berlebihan, sehingga pigmen kulit membuat kulit menjadi lebih gelap.

Bintik hitam ini akan semakin gelap ketika terkena paparan sinar matahari. Selain paparan sinar matahari, timbulnya flek hitam juga bisa disebabkan oleh hal-hal di bawah ini:

1. Terkena Sinar Ultraviolet

paparan sinar ultraviolet dari matahari dan tanning bed sering menjadi penyebab utama munculnya flek hitam. Hiperpigmentasi yang terjadi di usia paruh baya juga salah satu faktornya.

Menginjak usia paruh baya, biasanya flek hitam pada kulit mudah bermunculan akibat paparan sinar matahari. Risiko semakin meningkat apabila orang tersebut tidak pernah menggunakan tabir surya maupun pelindung sinar matahari.

2. Masalah Kulit

Ada beberapa penyakit kulit yang dapat memicu kemunculan flek hitam, seperti:

  • Hiperpigmentasi pasca-inflamasi, yaitu perubahan warna kulit setelah mengalami goresan, ruam, atau jerawat.
  • Melasma yang sering dikenal atau chloasma adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak cokelat.
  • Linea nigra, kondisi kulit di mana muncul garis vertikal yang berwarna gelap di area perut hingga tulang kemaluan.
  • Melanosis Riehl, bentuk dermatitis kontak yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
  • Poikiloderma of Civatte, masalah kulit yang mengubah bagian leher menjadi warna coklat kemerahan.
  • Erythromelanosis follicularis, yaitu munculnya bercak coklat kemerahan pada wajah dan leher.

3. Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan nyatanya dapat menyebabkan flek hitam. Hal ini disebabkan karena obat-obatan dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari (juga dikenal sebagai fotosensitifitas).

Beberapa obat yang diketahui dapat menyebabkan flek hitam adalah:

  • Estrogen.
  • Tetrasiklin, antibiotik spektrum luas seperti doksisiklin, demeclocycline, dan minocycline.
  • Amiodarone yang sering digunakan untuk mengobati detak jantung tidak teratur.
  • Fenitoin, obat antikonvulsan .
  • Fenotiazin yang kerap digunakan untuk mengobati gangguan mental dan emosional
  • Sulfonamida yang digunakan untuk mengobati infeksi.

4. Kondisi Tertentu

Orang dengan kondisi tertentu pun lebih rentan mendapatkan flek hitam. Biasanya masalah kulit ini lebih rentan dialami oleh ibu hamil, pengidap tumor hipofisis, pengidap hemokromatosis, pengidap penyakit Addison dan pengidap penyakit hati.

5. Faktor Lingkungan

Faktor geografis juga menjadi penyebab timbulnya flek hitam. Orang-orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa cenderung memiliki lebih banyak melanin sebagai respons tubuhnya terhadap sinar matahari.

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Untuk menghilangkan flek hitam di wajah, kamu harus memastikan dulu apa penyebabnya, dan hindari penyebab tersebut. Selain menghindari penyebab, berikut ini berbagai perawatan dan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa kamu coba.

1. Krim Hidrokortison

Cara mengatasi flek hitam yang pertama adalah dengan krim hidrokortison. Ketika muncul peradangan pada kulit, entah itu karena jerawat, eksim, atau psoriasis, segera atasi dengan krim hidrokortison.

Krim hidrokortison dapat melawan peradangan, sehingga bisa mengurangi flek hitam, kemerahan, atau pembengkakan pada kulit. Kamu bisa mengoleskan krim hidrokortison langsung pada area yang bermasalah. Ulangi dua kali atau beberapa kali sehari sampai peradangannya mereda.

2. Serum untuk Mencerahkan Kulit

Serum bisa menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah yang cukup ampuh. Sebaiknya kamu pilih serum yang memiliki manfaat mencerahkan kulit. Salah satunya yaitu serum dengan kandungan retinol atau vitamin C.

Retinol menawarkan khasiat yaitu mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati sekaligus mendukung pertumbuhan sel kulit baru. Dengan begitu, flek hitam pun lebih cepat terangkat dan digantikan dengan kulit yang lebih cerah dan sehat.

3. Gel Lidah Buaya

Cara mengatasi flek hitam dengan bahan alami adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Kamu mungkin sudah sering dengar betapa berkhasiatnya produk perawatan kulit yang satu ini.

Ya, selain bisa melembapkan dan menjaga kesehatan kulit, gel lidah buaya juga bisa jadi pilihan cara menghilangkan flek hitam di wajah.

4. Sunscreen (Tabir Surya) dengan SPF Tinggi

Sunscreen bisa dijadikan salah satu cara mengatasi flek hitam. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari.

Terutama bila kamu akan banyak beraktivitas di bawah sinar matahari. Pilih tabir surya dengan SPF tinggi, yaitu setidaknya SPF 30.

Kamu juga sebaiknya memilih tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB).

5. Perawatan ke Dokter

Bila semua cara di atas sudah kamu coba tapi tidak ada yang berhasil, sudah saatnya kamu mencoba ke dokter kulit.

Dokter kulit mungkin merekomendasikan perawatan seperti terapi laser, mikrodermabrasi, atau peeling. Ini tergantung dari kondisi kulit kamu sendiri.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam yang bisa dicoba. Nah, jangan lupa untuk sering mengaplikasikannya agar hasilnya optimal ya. Selamat mencoba!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS