Ilustrasi kaca jendela mobil yang tidak bisa tertutup (dok:carmudi.co.id)

Kaca Jendela Mobil Anda Sering Macet? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dimas | Otomotif | 23-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Tak sedikit para pemilik mobil yang mengaku kesal karena kaca pada jendela mobil sering mengalami macet. Pasalnya, hal itu akan sangat merepotkan ketika cuaca saat berkendara sangat panas maupun hujan.

Untuk itu, bagi Anda para pemilik mobil sudah seharusnya mengetahui penyebab dan cara mengatasi kaca Jendela mobil yang macet. Agar Anda bisa merasa lebih nyaman saat berkendara.

Penyebab Kaca Jendela Mobil Macet

1. Power window rusak

Penyebab kaca jendela mobil macet salah satunya karena bagian power window rusak. Power window merupakan salah satu perangkat elektronik yang berfungsi untuk menaik-turunkan kaca mobil secara otomatis.

Penyebab utama yang menyebabkan rusaknya power window, yakni fuse atau sekring mengalami korsleting.

2. Dudukan pada regulator kaca mobil lepas

Kaca jendela mobil bisa mengalami macet juga bisa bisa disebabkan oleh lepasnya dudukan kaca pada regulator kaca. Regulator kaca mempunyai fungsi sebagai penggerak kaca dengan bantuan dari motor power window untuk menaik turunkan kaca mobil.

Masalah atau kerusakan yang sering timbul dibagian ini biasanya disebabkan oleh gerigi yang telah aus. Selain itu, penyebab lain dikarenakan dudukan kaca terlepas dari regulator kaca.

3. Kaca jendela mobil kurang dirawat

Debu yang bersarang pada bagian power window, lama-lama akan menyebabkan kaca tersebut menjadi macet. Maka dari itu, sudah sewajarnya Anda harus membersihkan kaca mobil dengan cara mencucinya secara rutin.

Cara Mengatasi Kaca Jendela Mobil Macet

1. Bersihkan karet dari debu

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaca mobil yang tidak berfungsi, yakni dengan membersihkan debu yang melekat pada karet jendela mobil tersebut. Debu yang tidak sering dibersihkan akan menyebabkan masalah pada karet jendela mobil dimana membuat power window tidak akan kuat menggerakan kaca mobil secara otomatis.

2. Gunakan shampoo

Shampoo bisa Anda gunakan jika penyebab kaca mobil yang macet tersebut ada pada bagian reel kaca mobil. Kerikil kecil, batang tanaman kecil, serpihan daun yang mengering, dan lain sebagainya bisa menyebabkan reel pada kaca mobil ini menjadi macet.

Ketika hal itu terjadi, Anda bisa menurunkan kaca mobil sampai batas maksimum, kemudian campurkan air dengan shampoo lalu masukkan ke botol air mineral yang bagian tutupnya telah disambung dengan menggunakan selang.

Lumuri reel dengan air shampoo tersebut dan Anda bisa menyikatnya dengan sikat gigi supaya kerak bisa luntur. Bilas dengan air, setelah itu lap bagian tersebut sampai benar-benar mengering.

3. Cairan Semir Ban

Cairan semir ban memiliki sifat licin yang diyakini mampu melancarkan pergerakan kaca. Cara kerjanya, Semprotkan cairan semir pada sela-sela lubang kaca bagian atas dan bawah. Kemudian, biarkan hingga cairan semirnya masuk ke dalam celah karet kaca, lalu tekan tombol power window untuk melakukan pengecekan apakah cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik ini sudah berhasil dilakukan.

4. Silicon Spray

Penyemprotannya silicon spray dapat dilakukan pada area run door glass supaya rel pada kaca mobil tetap bersih, sehingga kinerja menjadi maksimal.

Selain itu, silicon spray bisa juga untuk membuat karet tetap awet dan tahan lama karena bisa melumaskan sisi kaca yang akan bergerak naik dan turun. Silicon spray juga bermanfaat untuk mencegah kelecetan pada kaca yang diakibatkan oleh pergerakan yang macet.

5. Minyak Goreng

Minyak goreng bisa Anda gunakan untuk mengatasi kaca jendala mobil yang rusak. Caranya, Anda bisa tusuk kemasan minyak goreng tersebut pada bagian ujungnya menggunakan jarum. Kemudian, lumasi bagian reel dan karet jendela mobil menggunakan minyak tersebut.

Anda harus berhati-hati saat melakukannya,  jangan sampai minyak goreng tersebut justru meluber kemana-mana sehingga menyebabkan kabin menjadi licindan kotor.

Itulah seputar informaasi terkait penyebab dan cara mengtasi kaca jendela mobil yang mengalami macet. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #kaca mobil    #otomotif    #power window    #silicon spray   

Baca Juga