Ilustrasi sepeda motor yang mengalami turun mesin (Dok:oto.com)

Kenali Penyebab dan Ciri-Ciri Sepeda Motor yang Akan Turun Mesin

Dimas | Otomotif | 21-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Turun mesin merupakan salah satu masalah yang paling dihindari semua pemilik motor. Pasalnya, jika motor mengalami turun mesin, maka para pemilik motor harus mengeluarkan biaya perbaikan yang besar.

Seperti yang diketahui, kondisi turun mesin pada motor bukan terjadi tanpa sebab. Setidaknya, ada beberapa penyebab utama yang bisa memicu motor alami turun mesin, yaitu:

1. Telat Ganti Oli

Oli pada mesin berfungsi untuk mendinginkan suhu dan menimalisir gesekan yang terjadi pada mesin dengan mengisi celah-celah antara roda gigi gear dan bagian mesin lain.

Jika Anda sering telat mengganti oli, maka gesekan pada mesin akan semakin kasar. Hal itu dapat mengakibatkan komponen yang ada didalam mesin menjadi aus hingga turun mesin.

2. Sering Menggunakan Motor Saat Banjir

Sering menggunakan motor untuk menerobos banjir, dinilai dapat memicu motor alami turun mesin. Sebab, air akan masuk ke mesin dan bercampur dengan oli.

Apabila oli telah bercampur dengan air, maka kualitas pelumasan tidak akan sempurna. Hal itu dapat mengakibatkan performa motor semakin berkurang dan bahkan bisa berujung pada turun mesin.

Selain itu, air yang masuk ke mesin motor juga bisa menyebabkan karatan pada komponen-komponen mesin yang mengakibatkan motor mendadak mati saat digunakan.

3. Modifikasi Mesin

Tak sedikit orang yang gemar melakukan bore-up atau menaikkan cc motor. Padahal, hal ini bisa menjadi penyebab dari turunnya mesin pada motor.

Proses bore-up, biasanya dilakukan dengan mengganti piston standar dengan piston yang berdiameter lebih besar. Akibatnya, mesin harus bekerja lebih ekstra yang membuat komponen-komponennya cepat aus, bahkan berujung pada turun mesin

4. Cara Berkendara yang Buruk

Salah satu penyebab motor mengalami turun mesin adalah cara berkendara yang buruk. Saat ini, tak sedikit orang yang mengendarai motor melebihi batas kecepatan atau sering menggeber gas motor secara berlebihan.

Jika sering melakukan hal tersebut, mesin pada motor akan lebih cepat mengalami kerusakan seperti turun mesin.

5. Tidak Servis Motor Secara Rutin

Banyak orang yang meremehkan urusan servis motor secara rutin. Salah satu alasannya adalah karena motor masih dalam performa yang baik. Padahal, service rutin tiap bulan belum bisa menjamin mesin tetap awet.

Servis besar perlu dilakukan untuk membersihkan ruang pembakaran dari kerak, penggantian oli serta penyetelan ulang komponen-komponen mesin.

Maka dari itu, jika motor Anda tidak rutin diservis, hal itu bisa menyebabkan motor rentan mengalami kerusakan hingga turun mesin.

Ciri-Ciri Motor yang Akan Turun Mesin

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari turun mesin, penting bagi Anda para pemilik motor untuk mengetahui juga ciri-ciri motor yang akan mengalami turun mesin. Adapun ciri-cirinya, yakni:

1. Asap putih dari knalpot

Ciri pertama adalah munculnya asap putih dari knalpot, terutama jika motor yang digunakan adalah motor 4-tak . Asap putih yang muncul dari knalpot dapat menandakan bahwa terdapat oli yang ikut terbakar dalam proses pembakaran. Jika tidak diatasi sesegera mungkin, bisa jadi ada komponen mesin lain yang akan ikut terbakar.

2. Motor sulit dinyalakan

Sebuah kendaraan jika sulit dinyalakan biasanya dipicu oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah oli ikut naik dan masuk ke dalam proses pembakaran. Jika oli mengenai bagian busi, ini akan membuat motor sulit dinyalakan. Akibatnya jika tidak segera ditangani, turun mesin menjadi satu-satunya solusi untuk mengatasinya.

3. Performa motor berkurang

Ciri selanjutnya adalah motor juga mengalami penurunan performa. Motor terasa tidak bertenaga saat digunakan berkendara di jalan raya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh ring seher maupun mesin sudah terjadi aus ataupun usang.

4. Suara mesin kasar

Gejala selanjutnya adalah bisa ditandai lewat suara mesin motor. Apabila suara mesin berbeda dari biasanya seperti sedikit kasar, ini menjadi suatu pertanda ada masalah di dalam mesin. Maka dari itu, penting untuk para pemilik motor memeriksa kendaraan secara berkala.

Itulah informasi yang telah Parboaboa rangkum mengenai penyebab dan ciri-ciri sepeda motor yang akan turun mesin. Jika ciri-ciri tersebut mulai terjadi pada motor Anda, segera lakukan pencegahan dengan membawa motor Anda ke bengkel untuk di periksa. Semoga bermanfaat!

Tag : #sepeda motor    #turun mesin    #otomotif    #bore up    #modifikasi mesin   

Baca Juga