Lampu Motor (Dok. Parboaboa)

Ketahui 5 Penyebab Lampu Motor Redup yang Paling Sering Terjadi

Juni | Otomotif | 06-08-2022

PARBOABOA - Lampu motor yang mulai redup bisa menjadi salah satu gejala bahwa kendaraan sedang bermasalah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika lampu motor sedang bermasalah. Namun yang paling utama adalah dengan mengetahui penyebabnya.

Saat ini ada banyak pabrikan motor yang sudah membekali kendaraan keluaran terbaru mereka dengan lampu LED (Light Emitting Diode). Lampu motor jenis ini dinilai memberikan keuntungan bagi pemilik kendaraan. Selain menghasilkan penerangan yang baik, jenis lampu LED pada kendaraan bermotor juga tergolong minim daya.

Meski hadir dengan segala kelebihannya, jenis lampu motor ini rentan terkena masalah. Permasalahan paling umum dari jenis lampu ini adalah suhunya. Suhu lampu motor bisa menjadi biang masalah yang mengakibatkan lampu menjadi redup.

Sayangnya, tak sedikit pemilik motor yang lalai dan membiarkannya begitu saja. Sehingga pada akhirnya lampu motornya semakin redup bahkan rusak.

Dikutip dari situs resmi Suzuki, berikut dijelaskan 5 penyebab lampu motor redup. Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

1. Kualitas Bola Lampu

Kualitas bola lampu motor tentu akan mempengaruhi terang atau redupnya lampu motor Anda. Sebaiknya gunakan bola lampu standar pabrik yang biasa dipakai sesuai jenis motor yang Anda pakai, misalnya 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, atau 55 watt 12 volt.

Untuk pemakaian yang lebih awet, usahakan untuk selalu menggunakan produk original demi hasil yang optimal. Akan tetapi, jika motor Anda sudah pakai lampu LED dan masih redup, jelas masalahnya bukan karena di bola lampu.

2. Kaca Mika Buram

Mika lampu atau disebut reflektor tenyata memiliki masa pakai. Hal ini akan terlihat saat mika telah kusam sehingga akan mempengaruhi lampu sepeda motor. Untuk menjaga agar cahaya lampu motor tetap terang adalah dengan mengganti kaca mika pada lampu motor.

Pastikan kaca mika lampu yang digantikan merupakan sparepart original sesuai jenis motor agar masa pakai bisa lebih panjang.

3. Soket Lampu Kendor dan Berkarat

Penyebab lampu motor buram adalah karena soket lampu yang kendor. Hal tersebut menyebabkan arus listrik luber sehingga hanya sedikit yang masuk ke lampu motor. Tegangan arus listrik yang tidak optimal akan menyebabkan motor tak mendapatkan aliran listrik yang cukup sehingga membuat cahayanya redup.

4. Fitting Lampu Korslet

Fitting lampu yang korslet biasanya disebabkan dari penggunaan bola lampu yang tidak standar. Misalnya saja motor Anda biasanya menggunakan bola lampu standar berukuran 24 watt 12 volt, tapi malah memakai 35 watt 12 volt agar menyala lebih terang.

Akibatnya, fitting lampu tidak kuat menerima arus sehingga dudukan lampu yang terbuat dari tembaga korslet dan terbakar dan menghambat arus listrik sehingga lampu redup.

5. Aki Lemah

Kita semua tentu mengetahui fungsi aki pada kendaraan bermotor adalah sebagai pusat penyimpanan arus listrik pada kendaraan. Baterai atau aki inilah yang akan menyediakan sumber listrik, sehingga mesin kendaraan Anda bisa dihidupkan.

jika jenis motor Anda memakai sistem penerangan DC, maka seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan pun akan ikut melemah. Lampu motor yang mendapat sumber listrik dari aki juga ikut terpengaruh.

Lain halnya jika motor Anda menggunakan sistem penerangan AC yang sumber arus penerangannya berasal dari spull penerangan. Dalam kondisi ini, aki tidak akan begitu memberikan pengaruh apapun.

Nah, itulah tadi lima penyebab lampu motor redup yang jarang disadari. Untuk menjaga agar kondisinya tetap terjaga, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala ya.

Tag : #Lampu Motor    #LCD    #Otomotif    #perawatan motor    #tips    #sepeda motor   

Baca Juga