Ilustrasi pengisian bensin sepeda motor (Dok: gridoto.com)

Sepeda Motor Anda Boros Bensin? Kenali Penyebabnya

Dimas | Otomotif | 12-07-2022

PARBOABOA – Seluruh pemilik kendaraan bermotor pastinya menginginkan kendaraan yang hemat bahan bakar atau efisien dalam konsumsi bahan bakar.Namun, tak jarang ada beberapa hal yang dapat memicu konsumsi bahan bakar menjadi boros secara tiba-tiba.

Salah satu penyebab motor menjadi boros bensin bisa terjadi karena gaya berkendara tidak ramah bahan bakar, atau dalam dunia otomotif sering dikatakan tidak eco riding.

Akan tetapi, gaya berkendara bukanlah menjadi penyebab mutlak konsumsi bahan bakar menjadi tinggi pada motor. Pasalnya, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan motor menjadi boros bahan bakar.

Penyebab Sepeda Motor Boros

1. Tangki Bensin Tidak Tertutup Rapat

Jika motor Anda menjadi boros, hal pertama yang wajib Anda cek adalah bagian tangkinya. Pastikan Anda menutup tangki bensin dengan rapat, karena bensin sendiri merupakan jenis cairan yang sangat mudah menguap.

Selain itu, tutup tangki bensin yang kurang rapat, dapat menyebabkan bensin meluber saat melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang. Maka dari itu, Anda harus memastikan untuk menutup tangki bensin dengan sangat rapat.

Apabila ternyata sudah ditutup rapat namun bensin masih sering meluber, maka sebaiknya Anda mengganti tutup tangki dengan yang baru.

2. Filter Udara Kotor

Filter udara memang menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor. Komponen ini berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke sistem pembakaran. Jika tidak rutin dibersihkan, perangkat satu ini tentu akan menjadi sangat kotor dan akan menghambat aliran udara yang masuk.

Kondisi tersebut kemudian akan membuat beban tenaga di ruang pembakaran menjadi terhambat, sehingga tenaga yang harus dikeluarkan akan mempengaruhi penggunaan bahan mbakar menjadi tidak normal atau lebih boros.

3. Kondisi Rem Seret

Kondisi rem yang seret akan membuat kendaraan mengeluarkan tenaga lebih untuk menggerakkan roda motor. Alhasil, mesin motor akan menjadi lebih cepat panas dan bahan bakar akan terkuras dengan cepat.

Rem yang seret, umumnya dipengaruhi kotoran atau kerak yang menempel pada bagian rem. Untuk itu, Anda sebaiknya harus membersihkan bagian ini secara rutin.

4. Sistem Pengapian Bermasalah

Sitem pengapian yang bermasalah akan menyebabkan pembakaran pada mesin menjadi tidak sempurna dan membuat mesin menjadi kurang bertenaga.

Akibatnya, Anda harus menarik gas dengan sedikit lebih ekstra jika membutuhkan tenaga mesin yang besar di jalanan. Tentunya, hal ini akan berdampak pada konsumsi bensin motor yang lebih boros.

5. Rantai Motor Kendur

Rantai yang kurang kencang dan tidak kencang membuat tarikan mesin ke roda menjadi lebih berat. Jika sudah begini, maka mesin memerlukan tenaga lebih. Hal ini tentu membuat pemakaian bahan bakar menjadi semakin banyak.

Demikianlah seputar informasi mengenai penyebab sepeda motor menjadi boros bensin. Jika motor sudah mulai boros bensin, silahkan periksa bagian-bagian motor yang telah dijelaskan di atas. Semoga membantu!

Tag : #sepeda motor    #bensin motor    #otomotif    #filter udara    #rem motor    #komponen motor   

Baca Juga