Starter Motor (Foto: Parboaboa/Juni S)

Selain Aki, Ketahui Penyebab Motor Susah Distarter

Juni | Otomotif | 24-08-2022

PARBOABOA – Sepeda motor keluaran pabrikan saat ini biasanya sudah menggunakan komponen elektrik starter. Hal itu tentu saja semakin memudahkan para pemiliknya, cukup dengan memencet tombol untuk menyalakan motor tanpa harus menggunakan kick starter.

Namun, banyak yang mengeluhkan sepeda motornya tak menyala meski tombol starter sudah ditekan berulang kali. Pemilik kendaraan biasanya menebak hal itu terjadi lantaran adanya permasalahan pada komponen aki ataupun accu.

Padahal, ada beberapa hal yang menyebabkan starter elektrik sulit menghidupkan mesin. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Aki Lemah

Kondisi aki yang melemah tidak akan mampu menyuplai listrik dengan maksimal. Kamu bisa menekan tombol klakson atau mengaktifkan lampu sein untuk dapat mengecek kondisi aki. Jika tidak berfungsi maksimal, maka bisa dipastikan aki sudah soak.

Daya aki yang dibutuhkan untuk bisa memutar kruk as adalah minimal 11 volt atau setidaknya 10,8 volt. Dibawah itu, aki tidak dapat bekerja secara maksimal.

2. Dinamo Starter

Penyebab berikutnya adalah kerusakan pada dinamo starter. Kondisi ini memang jarang terjadi karena komponen tersebut memiliki kekuatan cukup tinggi. Biasanya, usia pakai kendaraan mempengaruhi kinerja dinamo starter.

Jika sudah mengalami kerusakan, sebaiknya lakukukan servis pada dinamo atau mengganti dengan yang baru.

3. Switch Starter

Switch starter berfungsi untuk menghubungkan dan memutus aliran arus listrik pada kendaraan secara tak langsung. Cara paling mudah untuk mengecek switch starter bermasalah adalah dengan menyambungkan kabel antara switch starter. Jika terdengar seperti bunyi berisik, kemungkinan itu pertanda electric starter bermasalah.

4. Kabel dan Soket Terputus

Penyebab lainnya bisa jadi karena adanya kerusakan pada komponen kabel dan soket dalam bodi motor. Kerusakan ini biasanya terjadi karena korsleting ataupun putus akibat gigitan tikus. Untuk itu, pastikan pemasangan kabel sudah benar agar dapat mengalirkan arus listrik.

5. Busi Melemah

Kondisi busi yang lemah juga menjadi salah satu faktor penyebab motor susah distarter. Kondisi ini jarang disadari oleh pemilik kendaraan. Umumnya, hal ini disebabkan oleh pemakaian busi yang terlalu lama, sehingga membuat percikan apinya menurun.

Akibatnya, motor sulit dinyalakan meskipun sudah diganti dengan aki yang baru. Tak hanya itu, permasalahan busi lainnya juga terletak pada elektrodanya. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan busi aus dan juga kotor.

Itulah tadi beberapa penyebab motor susah distarter yang perlu diketahui. Untuk mencegahnya, kamu perlu melakukan pengecekan komponennya satu per satu guna memastikan motor mu selalu dalam kondisi prima.

Tag : #starter    #motor    #otomotif    #tips    #perawatan motor   

Baca Juga