Ilustrasi seseorang yang sedang mengantuk (cnnindonesia.com)

Sering Merasa Ngantuk Seharian? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dimas | Kesehatan | 19-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Banyak orang yang mengeluh dirinya sering mengantuk seharian. Pasalnya, sebagian dari mereka mengaku sudah cukup tidur 7-8 jam di malam hari.

Mengantuk, memang merupakan kondisi normal yang pasti dialami oleh semua orang. Namun, jika seseorang terus mengantuk selama seharian penuh, itu menunjukkan ada sesuatu yang tidak normal pada tubuh seseorang.

Mengantuk seharian tentunya akan sangat menghambat aktivitas sehari-hari. Bahkan, bisa juga menyebabkan kecelakaan. Sebagai contoh, banyak kasus kecelakaan dijalan raya yang disebabkan oleh faktor pengemudi yang mengantuk.

Lantas, apa penyebab seseorang bisa alami rasa ngantuk selama seharian? Berikut penjelasannya.

Penyebab Seseorang Bisa Merasa Ngantuk Seharian

1. Kondisi medis tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang bisa membuat seseorang menjadi mudah mengantuk seharian, di antaranya:

- Gangguan tidur, seperti narkolepsi, sleep apnea, serta insomnia dan hipersomnia

- Diabetes

- Kelainan hormon, misalnya hipotiroidisme

- Gangguan elektrolit, seperti kekurangan atau kelebihan natrium, dan kelebihan kalsium

- Sindrom kelelahan kronis

2. Efek samping obat-obatan

Beberapa jenis obat, seperti obat tidur, obat penenang, dan obat antihistamin, dapat menimbulkan efek samping yang bisa membuat seseorang mudah mengantuk setelah mengonsumsinya. Selain obat, konsumsi alkohol berlebihan juga bisa membuat seseorang mudah mengantuk seharian.

3. Masalah kejiwaan

Mudah mengantuk seharian juga bisa disebabkan oleh masalah pada kondisi mental, emosional, atau psikologis, misalnya ketika seseorang merasa bosan. Namun, mudah mengantuk juga bisa menjadi gejala dari beberapa gangguan kejiwaan tertentu, seperti gangguan cemas, stres berat, depresi, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

4. Pola Makan Tak Sehat

Makan makanan yang tidak seimbang bisa memengaruhi rasa kantuk pada seseorang. Kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh terkait dengan kualitas tidur. Misalnya protein, karbohidrat sehat, vitamin, mineral, dan lain sebagainya. Hal ini yang kemudian akan berpengaruh pada rasa kantuk seharian.

5. Kurang Terhidrasi

Jika tubuh seseorang terhidrasi, maka dapat membantu seseorang untuk menjaga tingkat energi tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa dehidrasi dapat menurunkan tingkat energi, bahkan bisa menyebabkan seseorang merasa ngantuk selama seharian penuh.

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk

1. Konsumsi Air Putih

Cara menghilangkan rasa ngantuk adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Salah satu penyebab munculnya rasa ngantuk yang berlebih adalah kurangnya kandungan oksigen pada otak manusia.

Dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, maka kebutuhan cairan dan oksigen di dalam tubuh pun tetap terjaga. Sehingga, hal tersebut pun akan mengurangi rasa ngantuk yang seringkali menghampiri seseorang saat hendak melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Selain oksigen, tubuh pun juga membutuhkan asupan gizi yang tepat dan seimbang. Maka, salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk berlebih adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap hari.

Sebagian orang justru melewatkan sarapan sehat di pagi hari. Padahal, dengan sarapan tersebut seseorang juga dapat terhindar dari rasa ngantuk berlebih saat melakukan rutinitas. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga pola dan intensitas makan setiap hari.

3. Lakukan Teknik Pernapasan

Selanjutnya, seseorang bisa melakukan serangkaian teknik pernapasan. Hal ini dapat dilakukan dengan duduk tegak lalu mulailah mengatur pernapasan melalui perut.

Letakkan tangan kanan pada bagian perut dan tangan kiri pada bagian tengah dada. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam melalui hidung hingga biarkan perut yang melakukan dorongan terhadap tangan kanan, lalu lepaskan udara melalui mulut.

Lakukan teknik pernapasan tersebut hingga lebih dari 10 kali, maka seketika rasa ngantuk pun akan segera menghilang.

4. Melakukan Aktivitas

Selain dengan melakukan serangkaian teknik pernapasan, cara menghilangkan rasa ngantuk selanjutnya adalah dengan tetap aktif bergerak. Hal ini tak lain dilakukan untuk menjaga otak tetap berkonsentrasi hingga tidak menimbulkan rasa ngantuk yang berlebih.

Caranya, seseorang dapat melakukan beberapa aktivitas fisik yang cukup ringan berupa berjalan ataupun melakukan stretching. Selain dapat menangkal rasa ngantuk, seseorang  juga dapat melakukan olahraga ringan untuk memperoleh tubuh yang sehat.

5. Mencuci muka

Seseorang bisa mencuci muka dengan air dingin saat merasa mengantuk. Cara ini dinilai efektif untuk menghilangkan rasa lelah pada mata dan mampu membangkitkan kembali semangat untuk beraktivitas.

6. Mendengarkan musik

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa mendengarkan musik dapat menambah rasa kantuk. Akan tetapi, saat seseorang mendengarkan musik, otak akan merespons dengan menjadi sedikit lebih waspada.

Meski manfaatnya tidak sebesar cara-cara yang lain, mendengarkan musik bisa meningkatkan kewaspadaan otak dan menyingkirkan rasa kantuk.

Nah, itulah penyebab seseorang sering merasa mengantuk selama seharian dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Tag : #mengantuk    #gangguan tidur    #kesehatan    #tubuh    #sleep anea    #insomnia    #hipersomnia    #dehidrasi   

Baca Juga