Pencuri di Meksiko gasak 20 kontainer berisi emas, perak, dan televisi, sekaligus. MDN

Perampokan Skala Besar, 20 Kontainer Berisi Emas Dicuri dari Pelabuhan Meksiko

Dion | Internasional | 14-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Sekomplotan pencuri membobol gudang penyimpanan di Pelabuhan Manzanillo, Meksiko, dan membawa kabur 20 kontainer yang berisikan emas murni, perak, dan televisi. 

Hal itu disampaikan oleh Federasi Kepegawaian Meksiko pada Senin waktu setempat yang menambahkan bahwa peristiwa itu terjadi pada 5 Juni lalu. 

Dilansir Associated Press, Selasa (14/6/2022), Presiden Federasi Kepegawaian Meksiko José Medina Mora mengatakan, perampokan skala besar itu merupakan tanda dari semakin meningkatnya kejahatan di Meksiko. 

"Ada semakin berkurangnya keamanan. Dan ini (perampokan) merupakan tanda tentang apa yang terjadi di negara ini. Otoritas harus bertindak," kata Mora. 

Sementara otoritas di Negara Bagian Colima belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait perampokan besar-besaran tersebut. 

Akan tetapi, Kepala Bea Cukai Meksiko Horacio Duarte, yang mengonfirmasi adanya perampokan, mengatakan organisasi krininal terlibat di dalamnya. 

"Ini adalah operasi kejahatan teroganisir yang sangat serius," kata Duarte kepada Associated Press. 

Menurut laporan media lokal, ada sekitar 12-15 perampok bersenjata yang membobol masuk ke gudang penyimpanan perusahaan kargo Maniobras Alonso Mireles (MAM) di pelabuhan saat dini hari. 

Mereka kemudian melumpuhkan para penjaga dan karyawan lalu mulai mencari kontainer-kontainer yang mereka incar. 

Butuh waktu sekitar 10 jam bagi para perampok untuk menjalankan aksinya memindahkan puluhan kontainer-kontainer itu dengan menggunakan truk dan kemudian pergi begitu saja. 

Menurut surat kabar lokal Meksiko, Informa, ini merupakan perampokan terbesar yang pernah terjadi di Pelabuhan Manzanillo. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ditemukan tanda-tanda apapun dari isi kontainer yang dicuri tersebut. 

Pencurian kontainer merupakan masalah serius di Meksiko. Namun biasanya pencuri hanya membajaknya satu persatu di jalan raya, tidak seperti ini, membawa kabur 20 kontainer sekaligus. 

Televisi merupakan barang yang paling mudah laku di pasar gelap Meksiko. Tetapi belum diketahui ke mana para pencuri akan menjual perhiasan emas dan perak. Itu karena pengrajin emas akan selalu mempertanyakan asal-usul emas yang ada di hadapan mereka. 

Para jaksa penuntut dan polisi di Negara Bagian Colima saat ini berada di bawah tekanan. 

Warga melakukan penutupan jalan untuk melakukan unjukrasa terkait penculikan serta pembunuhan yang terjadi di wilayah itu. 

Sementara, dua petugas polisi telah ditembak mati dalam bulan ini. Colima diketahui sebagai wilayah yang dikuasai oleh kartel obat bius Jalisco. 

Tag : #meksiko    #pencurian emas    #internasional    #José Medina Mora    #negara bagian colima   

Baca Juga