Peraturan permainan bola voli (Instagram/@yollayuliana1515)

Peraturan Permainan Bola Voli Terlengkap

Andre | Olahraga | 13-05-2022

PARBOABOA - Terdapat beberapa peraturan permainan bola voli yang harus diketahui para pemain agar pertandingan berjalan dengan baik dan adil.

Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati di dunia, termasuk Indonesia. Dalam suatu pertandingan, terdapat dua tim yang berlawanan. Satu tim terdiri atas enam pemain dengan peranannya masing-masing.

Secara umum, permainan ini dilakukan dengan cara melambungkan atau memvoli bola melewati atas net menuju daerah pertahanan lawan.

Dalam aturan permainan bola voli, sebuah tim tidak diperbolehkan menyentuh bola melebihi 3 sentuhan ketika memasuki daerah pertahanannya. Agar memahami bagaimana regulasi tentang olahraga voli secara lengkap, kamu bisa menyimaknya di bawah ini.

Peraturan Bola Voli Lengkap

Peraturan dalam permainan bola voli adalah hal yang wajib diketahui sebelum para pemain memulai pertandingan demi menunjang sportifitas di lapangan.

Sebelumnya, beberapa aturan tersebut sudah ditetapkan oleh Federation International De Volleyball (FIVB) yang kemudian diadaptasi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Adapun beberapa peraturan permainan bola voli berkaitan dengan lapangan, peralatan, perhitungan skor, hingga aturan dasar dan teknisnya. Berikut penjelasannya!

Peraturan dasar dan teknis permainan bola voli

Pertandingan bola voli pada umumnya dilakukan oleh enam pemain per tim dengan empat pemain cadangan. Servis dilakukan untuk memulai pertandingan dan harus melewati net.

Selain itu, terdapat beberapa peraturan dasar dalam pemainan bola voli yang penting diketahui pemula, di antaranya:

  • Jumlah pemain dalam satu tim adalah minimal empat orang dan maksimal 6 orang dengan beberapa pemain cadangan
  • Satu tim harus memiliki beberapa pemain dengan perannya masing-masing seperti tosser, smasher, libero, blocker, defender, hingga universal player
  • Untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan servis lebih dulu, dilakukan dengan cara melemparkan koin
  • Servis harus dilakukan di luar garis lapangan dan bola wajib melewati atas net
  • Terdapat beberapa teknik yang bisa dilakukan di lapangan, yakni passing, smash atau spike, blocking, dan teknik lainnya
  • Pemain tidak boleh melewati batas net atau memasuki area lawan
  • Pemain tidak boleh menyentuh jaring net saat bola sudah dilambungkan
  • Bola akan dinyatakan in jika berhasil menyentuh lantai atau berada di dalam garis lapangan yang sudah ditentukan
  • Bola akan dinyatakan out apabila keluar dari garis lapangan
  • Tindakan menangkap dan melempar bola dinyatakan sebagai pelanggaran
  • Pemain tidak boleh memantulkan bola dengan cara menendang
  • Pemain tidak diperbolehkan memainkan bola sebanyak dua kali berturut-turut
  • Pemain harus menjunjung sportifitas dengan tidak berbicara kasar pada tim lawan ataupun wasit
  • Tidak ada batasan dalam hal pergantian pemain

Lihat juga: Teknik yang digunakan pada permainan bola voli

Bola

Berdasarkan peraturan permainan bola voli terbaru PBVSI, bola harus berbentuk bulat dan wajib terbuat dari kulit berbahan lentur atau bahan lainnya namun masih sejenis.

Untuk penampilannya, bola harus berwarna terang yang terdiri atas beberapa kombinasi warna cerah.

Diameter bola berkisar 65-67 cm dengan berat sekitar 250-280 gram. Tidak hanya ukuran, namun tekanan udara juga harus sesuai dengan aturan PBVSI, yakni sekitar 0,30-0,32 kg/cm2.

Untuk kejuaraan dunia atau pertandingan internasional, terdapat lima bola yang harus digunakan dengan enam orang penjaga bola yang disebar di berbagai sudut lapangan.

Lapangan

Berdasarkan aturan PBVSI, dimensi lapangan permainan harus berbentuk persegi dengan ukuran 18 x 9 meter dan dikelilingi oleh daerah bebas dengan ukuran minimal 3 meter di semua sisi.

Permukaan dan warna

Permukaannya pun harus datar, horizontal, dan seragam demi menghindari risiko cedera bagi pemain. Untuk permainan indoor, lapangan harus berwarna terang.

Daerah

Lapangan juga terbagi atas daerah-daerah yang sudah ditentukan seperti daerah serang, servis, pergantian, daerah pergantian libero, dan area pemanasan.

Suhu dan Lampu

Berdasarkan peraturan bola voli yang dirilis PBVSI untuk tahun 2021-2024, terdapat aturan yang mewajibkan lapangan harus memiliki suhu yang tidak boleh di bawah 10 derajat celcius dan lampu tidak boleh kurang dari 300 lux.

Net

Tak ketinggalan, net juga harus dipasang tegak lurus di atas garis tengah dengan ketinggian 2,43 m untuk putra dan 2,24 m untuk putri.

Untuk struktur net umumnya memiliki lebar 1 meter (+/- 3 cm) dengan panjang 9,5 – 10 meter. Mata jaring memiliki lebar 10 cm.

Net juga harus dilengkapi dua pita putih yang dipasang secara tegak lurus tepat di atas setiap garis miring. Untuk ukurannya, pita putih memiliki lebar 5 cm dan panjang 1 m, di mana pita tersebut merupakan bagian dari net.

Lihat juga: selengkapnya mengenai lapangan bola voli

Antena

Tak ketinggalan, peraturan bola voli mengenai lapangan tak lepas dari Antena yang diletakkan berlawanan pada sisi-sisi net dan dipasang pada bagian luar dari setiap pita samping.

Untuk ukurannya, antena memiliki panjang 1,80 meter dengan diameter 10 mm yang terbuat dari fiberglass atau bahan sejenis lainnya. Antena memiliki tinggi 80 cm diberi garis-garis yang berwarna kontras sepanjang 10 cm, disarankan berwarna merah dan putih.

Peraturan Perhitungan Skor dalam Permain Bola Voli

Berikut adalah sitem perhitungan skor dalam pertandingan bola voli:

  • Pertandingan dimulai dengan service oleh salah satu tim
  • Tim yang berhasil mencetak skor akan memulai servis
  • Perhitungan skor dilakukan dengan sistem rally point dengan jumlah 25. Tim yang pertama kali mendapat angka 25 terlebih dahulu dinyatakan sebagai pemenang di babak tersebut
  • Permainan bola voli dilangsungkan selama dua hingga tiga set
  • Jika kedua tim memenangkan dua set pertama, maka akan diadakan set ketiga sebagai babak final
  • Jika di dalam suatu set terjadi skor seri (contohnya 24-24), target poin kemenangan akan diubah. Permainan akan tetap dilanjutkan hingga salah satu dari tim berhasil meminpin pertandingan dengan selisih dua angka

Lihat juga: Jumlah pemain Voli dalam satu tim

Demikian informasi mengenai peraturan permainan bola voli secara lengkap yang sudah ditetapkan oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Adapun sebagian aturan di atas mengalami perkembangan pada pertandingan tingkat internasional

Tag : #bola voli    #peraturan    #olahraga    #pendidikan jasmani    #peraturan permainan bola voli   

Baca Juga