Ilustrasi perbedaan laptop dengan notebook

Jangan Salah! Ini Perbedaan Laptop dengan Notebook yang Wajib Kamu Tahu

Wanovy | Teknologi | 14-01-2022

PARBOABOA - Meski laptop dan notebook terlihat sama, namun ada perbedaan laptop dengan notebook yang bisa terlihat langsung maupun tidak, loh.

Meskipun sudah sangat familiar dengan kehidupan manusia, tapi belum banyak yang tau bahwa laptop dan notebook memiliki perbedaan mendasar. Tak heran bila kemudian masih banyak orang yang menyamakan keduanya.

Perbedaan mendasar laptop dan notebook sendiri sebenarnya sudah bisa dilihat dari tampilannya. Selain itu, ada pula perbedaan pada spesifikasi dan berat yang dimiliki, sehingga kamu harus dengan cermat membedakannya.

Jika kamu hendak membeli laptop atau notebook pastikan kamu mengerti perbedaannya sehingga kamu tidak keliru.

Supaya tidak bingung, berikut ini informasi lebih lanjut mengenai perbedaan laptop dengan notebook yang wajib diketahui, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Ukuran layar

Perbedaan laptop dengan notebook yang pertama adalah ukuran layarnya. Dari segi ukuran layar maka kita dapat membedakan mana sebenarnya laptop atau notebook. Di mana laptop memiliki ukuran layar lebih dari 18inci sementara notebook umumnya memiliki ukuran layar dengan dmensi lebih kecil antara 13 sampai 18inci.

Ukuran layarnya yang besar membuat banyak orang lebih memilih laptop untuk mendukung pekerjaannya.

Terlebih saat ini laptop juga hadir dalam berbagai jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya seperti laptop gaming, ataupun laptop desain grafis.

2. Ketebalan

Selain ukuran layarnya yang berbeda, perbedaan laptop dengan notebook berikutnya adalah dari ketebalannya.

Ketebalan laptop rata-rata adalah 1,5 sampai 2 inci dan ketebalan notebook sekitar 0,5 hingga 1 inci saja.

Perbedaan ketebalan ini menyebabkan berat laptop juga berbeda, nih, yaitu laptop lebih berat dibandingkan notebook.

3. Daya pemrosesan

Perbedaan laptop dan notebook yang berikutnya yaitu dari segi daya pemrosesan. Laptop memiliki daya pemrosesan yang lebih tinggi daripada notebook. Laptop memiliki daya pemrosesan yang setara dengan komputer desktop. Adapun notebook memiliki daya pemrosesan yang lebih rendah, karena memiliki CPU yang lebih rendah.

4. Perbedaan Ukuran RAM

Perbedaan laptop dengan notebook selanjutnya dari ukuran RAM. Sama seperti sebelumnya, laptop harus mempunyai kapasitas RAM yang lebih besar dari notebook.

Kapasitas RAM ini untuk mendukung kinerja dari laptop. Sementara itu, notebook hanya dibekali dengan RAM yang lebih kecil dari laptop.

Namun, untuk saat ini hal tersebut tidak ada pengaruhnya lagi, karena seiring berkembangnya zaman, sehingga banyak notebook terbaru saat ini yang memiliki RAM besar.

Selain memiliki RAM yang dapat mengalahkan kapasitas RAM laptop, notebook juga mendapatkan banyak dukungan upgrade pada kapasitas RAM. Sehingga dapat memiliki RAM yang lebih besar lagi.

5. Sistem pendinginan

Sistem pendingin pun menjadi perbedaan laptop dengan notebook yang cukup menonjol. Laptop sendiri memiliki kipas di dalam mesinnya, sedangkan notebook tidak. Dilansir dari Electronics Hub, daya pemrosesan yang tinggi membangkitkan panas sehingga laptop memerlukan sistem pendeingin berupa kipas.

Daya pemerosesan notebook yang lebih rendah membuat notebook tidak menghasilkan banyak panas. Sehingga notebook tidak memiliki kipas di dalam mesinnya. Namun jika digunakan dalam janbook lebih cepat panas.

6. Kualitas Gambar dan Grafis

Jika membandingkan kualitas gambar dan kualitas grafis, maka laptop memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan notebook.

Hasilnya, laptop bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan desain grafis, sedangkan notebook tidak bisa.

7. Keberadaan DVD ROM

Perbedaan laptop dengan notebook yang sangat mencolok berikutnya, yaitu notebook tidak memiliki perangkat DVD ROM untuk membaca kepingan kaset.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat membeli DVD ROM eksternal untuk notebook. Agar, permasalahan tersebut dapat diatasi dan notebook kamu dapat membaca kepingan kaset.

8. Baterai

Daya pemrosesan notebook yang rendah membuat penggunaan baterainya lebih hemat. Adapun laptop dengan daya pemrosesan yang tinggi, lebih cepat menguras daya baterai jika dibandingkan dengan notebook.

Seiring dengan berjalannya waktu, daya baterai laptop akan berkurang. Namun, pengurangan daya baterai pada notebook berjalan jauh lebih lambat dari pada laptop. Hal tersebut membuat baterai notebook jauh lebih awet daripada laptop.

Nah, itulah perbedaan laptop dengan notebook yang wajib kamu tahu, jangan sampai salah ya. Semoga bermanfaat!

Tag : #laptop    #notebook    #hardware   

Baca Juga