Ilustrasi

Perbedaan PlayStation Now dan PlayStation Plus

Wanovy | Teknologi | 09-11-2021

Sony memiliki dua ekosistem pendukung konsol PlayStation yang dikenal dengan layanan PlayStation Now (PS Now) dan PlayStation Plus (PS Plus). Secara garis besar, PS Plus dan PS Now merupakan layanan berlangganan yang rutin memberikan akses game gratis kepada pengguna.

Meskipun terkesan serupa, kedua layanan ini sejatinya tidaklah sama lantaran memiliki beragam perbedaan dari segi ketersediaan pilihan game gratis, cara bermain, hingga tarif yang dikenakan.

Berikut adalah uraian lengkap tentang perbedaan PlayStation Now (PS Now) dan PlayStation Plus (PS Plus).

PlayStation Now (PS Now)

PlayStation Now atau biasa disebut PS Now merupakan layanan streaming game PS3 berlangganan . Layanan ini mirip dengan platform Netflix atau iFlix , namun konten digital yang di-streaming disini adalah game .

Dengan PS Now , game yang diinstall pada sebuah cloud computer , dan client/pelanggan bisa memainkan game-game PS3 tanpa harus menginstall game nya terlebih dulu .

PS Now sendiri memiliki database yang lebih besar dengan lebih dari 700 game yang dapat Anda streaming. Artinya, Anda dapat memainkannya secara instan tanpa mengunduh gamenya ke konsol Anda atau jika ingin mengunduhnya ke konsol PS4 atau PS5 juga bisa. Anda juga bisa melakukan streaming game melalui klien PC.

Meskipun kualitas streaming PlayStation Now seringkali bukan yang terbaik dengan masalah kecepatan frame dan kualitas gambar yang buruk terkadang, terutama jika menggunakan Wi-Fi pilihan game PS4 sangat mengesankan. Gamer PC mungkin menemukan nilai khusus di dalamnya karena itu satu-satunya cara untuk menikmati judul seperti The Last of Us atau seri Uncharted di PC.

PlayStation Now saat ini dibanderol dengan harga USD 10 atau sekitar Rp 143.000 per bulannya. Pembayaran langganan PS Now hanya dapat dilakukan melalui situs Sony dengan pembayaran kartu kredit dalam dollar AS.

PlayStation Plus (PS Plus)

PS Plus merupakan salah satu layanan berlangganan yang digemari oleh banyak pemilik konsol PlayStation. Layanan ini pertama kali diperkenalkan Sony pada akhir Juni 2010.

Setiap awal bulan, pelanggaan PS Plus akan menerima beragam game yang dapat diunduh secara gratis pada konsol PlayStation 4 (PS4), PS5, dan PS VR. Jumlah game yang digratiskan pada setiap bulannya cukup beragam, yakni mulai dari dua hingga enam game sekaligus.

Game gratis tersebut bisa dimainkan bersama-sama (multiplayer) dengan pemain konsol Playstation lainnya melalui layanan Share Play, meski pemain tersebut tidak berlangganan PS Plus.

Selain mendapatkan game gratis, pelanggan PS Plus juga dapat menggunakan fitur cloud save untuk menyimpan progress permainan. Layanan penyimpanan cloud ini kemudian dapat diakses melalui akun PS Plus pengguna.

Jika suatu waktu Anda mengalami kerusakan konsol, penyimpanan Anda akan selalu aman melalui akun PS Plus Anda.

PlayStation Plus juga menawarkan penjualan rutin yang menguntungkan pelanggan, dan Anda akan memiliki akses ke sejumlah besar game setiap bulan secara gratis dengan layanan ini.

Khusus untuk pemilik konsol PS5, Sony menyediakan layanan eksklusif bernama PS Plus Collection. Lewat layanan ini, pemilik PS5 berhak mengunduh beragam game PS4 yang tersedia secara gratis, tanpa dipungut biaya tambahan.

Beberapa judul game PS4 yang tersedia pada PS Plus Collection termasuk God of War, Persona 5, Resident Evil 7: Biohazard, Until Dawn, Ratchet & Clank (2016), dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan serangkaian benefit di atas, pengguna PS4 dan PS5 harus berlangganan layanan PS Plus dengan harga termurah Rp 89.000 per bulan.

Itulah perbedaan PlayStation Now (PS Now) dan PlayStation Plus (PS Plus). Jadi, Anda ingin menggunakan yang mana?

Tag : playstation, sony, perbedaan, ps plus, ps now

Berita Terkait