Mengulik Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan ( Dok:thoughtco)

Mengulik Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Huira | Pendidikan | 29-07-2022

PARBOABOA - Sudah tahukah kamu apa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan?

Baik hewan maupun tumbuhan, keduanya tersusun atas sel-sel yang mempunyai perbedaan. Salah satu perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dapat dilihat dari ukurannya. Sel hewan memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan sel tumbuhan.

Nah, sebelum membahas lebih lanjut tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Ada baiknya kita simak terlebih dahulu penjelasan tentang sel berikut ini.

Pengertian Sel

Sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit terkecil penyusun semua makhluk hidup. Sel bisa melakukan sebuah proses kehidupan seperti melakukan suatu perombakan, respirasi, penyusun, pembelahan sel, reproduksi, dan juga peka terhadap suatu rangsangan.

Kebanyakan makhluk hidup tersusun atas sel tunggal, atau disebut organisme uniseluler, salah satu contoh organisme uniseluler ini adalah bakteri dan amoeba.

Sedangkan makhluk hidup lainnya, seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia, merupakan organisme multiseluler yang terdiri dari banyak tipe sel yang terspesialisasi dengan fungsinya masing-masing. Sel-sel pada organisme multiseluler tidak akan bertahan lama jika masing-masing sel berdiri sel.

Secara umum, sel penyusun makhluk hidup tebagi menjadi dua jenis yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel prokariotik adalah sel penyusun makhluk hidup yang didalamnya tidak ada membran yang berfungsi untuk memisahkan DNA dan letak DNA ada di sitoplasma atau yang lebih dikenal dengan nukleoid. Sel ini bisa kita temukan pada makhluk hidup bersel satu (Organisme uniseluler).

Sedangkan sel eukariotik adalah sel yang memiliki nukleus dan memiliki susunan yang lengkap. Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang disusun oleh jenis sel ini. Di dalam sel ini ada banyak susunan sel, seperti nukleus, mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma, ribosom, dan beberapa penyusun lainnya.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, sel tumbuhan dan sel hewan tersusun atas sel eukariotik. Baik pada sel tumbuhan dan sel hewan, keduanya memiliki struktur sel yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula.

Berikut beberapa perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.

1. Ukuran

Perbedaan yang paling jelas antara sel tumbuhan dan sel hewan dapat dilihat dari segi ukuran. Sel tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan sel hewan. Sel tumbuhan memiliki ukuran sekitar 10 um – 100 um. Sedangkan sel hewan, memiliki ukuran hanya sekitar 10 um – 30 um saja.

2. Dinding sel

Dinding sel merupakan ciri khas sel tumbuhan dan menjadi salah satu hal yang membedakannya dengan sel hewan. Dinding sel sendiri berfungsi sebagai penyokong mekanis organ tumbuhan, khususnya pada dinding tebal.

Pada jaringan tumbuhan, dinding sel memengaruhi beberapa peranan penting, seperti penyerapan, transpirasi, translokasi, dan sekresi. Dinding sel tumbuhan terdiri atas 3 lapisan, yaitu lamela tengah (antarsel), dinding primer, dan dinding sekunder.

Meski sel hewan tidak memiliki dinding sel, namun terdapat matriks ekstraseluler (extracellular matrix/ECM) yang tersusun atas glikoprotein yang disekresi oleh sel tersebut. Glikoprotein yang paling melimpah dalam ECM adalah kolagen, yang berfungsi membentuk serat kuat di bagian luar sel.

3. Ukuran Vakuola

Vakuola merupakan bagian dari endomembran (ruang kosong atau tidak memiliki struktur internal). Vakuola pada sel tumbuhan berukuran lebih besar dari vakuola pada sel hewan. Bahkan, vakuola pada sel hewan menempati hampir 90% volume sel tumbuhan.

4. Lisosom

Pada sel hewan terdapat lisosom yang didalamnya terdapat enzim hidrolitik dan enzim pencernaan yang berperan dalam proses dekomposisi atau penguraian sebagian besar sel dan digunakan oleh sel untuk mencerna molekul-molekul besar.

 Sedangkan pada sel tumbuhan, lisosom jarang ditemukan.

5. Sentriol

Sentriol merupakan dua buah organel yang berperan dalam pembelahan sel. Sentriol terdapat pada sel hewan dan sel jamur, sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki sentriol. Pada sel hewan dan jamur, sentriol berfungsi untuk pembelahan sel dalam proses replikasi DNA.

6. Silia

Silia berfungsi sebagai alat gerak sel. Sel tumbuhan merupakan sel yang stabil dan tidak bisa berubah-ubah (bergerak). Sehingga silia hanya dapat ditemukan pada sel tumbuhan.

7. Plastida

Plastida adalah organel yang menyerupai kantung dan dibatasi oleh dua lapis membran. Plastida hanya dapat ditemukan pada sel tumbuhan. Berdasarkan pigmen yang terkandung dalam plastida, plastida terbagi atas 3 jenis, yaitu :

Kloroplas : Berwarna hijau dan kandungan pigmen yang dominan adalah klorofil.

Kromoplas : Berwarna oranye atau merah dan kandungan pigmen yang dominan adalah karotenoid.

Leukoplas : Tidak mengandung pigmen dan berfungsi untuk menyimpan hasil metabolisme.

8. Plasmodesmata

Plasmodesmata berfungsi untuk menghubungkan sitoplasma dan menjadi media komunikasi antar sel. Plasmodesmata hanya dapat kamu temukan pada sel hewan.

9. Sentrosom

Sentrosom merupakan bagian sel yang berbentuk bulat dan berukuran kecil. Sentrosom pada saat reproduksi sel akan membelah menjadi sentriol.  Sentrosom terletak pada salah satu kutub inti dan hanya dapat kamu temukan pada sel hewan.

(Sumber : Parboaboa.com)

Gambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel Hewan

(Sumber : britannica.com)

Sel Tumbuhan

(Sumber : britannica.com)

Nah, itulah informasi seputar perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, semoga membantu.

Tag : #sel    #hewan    #pendidikan    #tumbuhan    #bakteri   

Baca Juga