Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra (tengah) bersama jajaran komisioner mencoblos surat suara sebagai tanda diluncurkan Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 (FOTO : ANTARA/Reno Esnir)

Peresmian Hari Pemilu Serentak Tahun 2024

Sondang | Politik | 15-02-2022

PARBOABOA, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 pada 14 Februari 2024, tepat dua tahun menjelang hari pemungutan suara.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan launching ini, kita berharap masyarakat aware terhadap pelaksanaan pemilu tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024," kata Ketua KPU RI, Ilham Saputra saat peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Senin (14/2).

Ilham mengatakan, pihaknya akan terus mempersiapkan diri dari berbagai aspek. Ia pun meminta bantuan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung persiapan gelaran lima tahunan itu.

"Kami tidak akan bisa menyelenggarakan penyelenggaraan Pemilu 2024 tanpa dukungan dari pemerintah, dukungan dari DPR, dukungan dari partai politik, dan stakeholder lainnya," ujar Ilham.

Ilham juga memohon dukungan kepada partai politik dan pemerintah soal anggaran pemilu. Dia menyebut, KPU masih terbuka untuk membicarakan besaran dana yang diperlukan untuk pemilu.

Dia pun meminta dukungan terkait niatan KPU menerapkan rekapitulasi elektronik pada Pemilu 2024. Ilham mengapresiasi Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate yang berjanji membantu penyaluran akses internet ke sejumlah daerah.

Akhir pidato, Ilham berharap Pemilu 2024 terselenggara dengan aman, damai, dan sentosa. Ia pun berdoa agar gelaran tersebut menjadi bagian dari pendewasaan demokrasi Indonesia.

"Semoga apa yang kita ikhtiarkan bersama, apa yang kita impikan bersama, untuk mewujudkan demokrasi yang kuat di Indonesia melalui pemilu yang berintegritas dan profesional, tentu pemilu yang jujur adil dan bermartabat, bisa kita laksanakan," ucap Ilham.

Acara kemudian dilanjutkan dengan simbolis peresmian Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 dengan cara pencoblosan surat suara yang dipimpin langsung oleh Ilham Saputra.

Di acara ini, turut hadir ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad, perwakilan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI), hingga perwakilan partai politik.

Pemilu 2024 akan digelar 14 Februari 2024. Pemilihan tersebut akan menyerentakkan pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota.

Tag : #pemilu 2024    #pilpres 2024    #kpu    #politik   

Baca Juga