Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia tahun 2022 menurut Webometrics (dok:cnn.com)

Deretan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik di Indonesia Tahun 2022

Dimas | Pendidikan | 14-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Tak sedikit calon mahasiswa di Indonesia yang memiliki mimpi untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) setelah lulus SMA. Pasalnya, PTN dinilai menjadi tempat terbaik untuk melanjutkan masa studi atau perkuliahan.

Namun begitu, PTN bukanlah satu-satunya pilihan yang dimiliki calon mahasiswa untuk melanjutkan masa studinya. Sebab, di Indonesia sendiri, banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang juga tidak kalah bersaing dengan PTN. Bahkan, beberapa PTS sudah terakreditasi internasional.

Menurut Webometrics, yakni lembaga pemeringkatan perguruan tinggi, Indonesia menyumbang lebih dari 2.000 perguruan tinggi termasuk PTS dalam Ranking of Universities 2022.

Dalam penilaiannya, Webometrics diketahui menggunakan tiga indikator penilaian, yaitu Impact (dampak), Openness (keterbukaan), serta Excellence (keunggulan).

Melansir dari Zenius, berikut ini adalah deretan PTS terbaik menurut Webometrics dalam Ranking of Universities 2022 diantaranya, sebagai berikut :

1. Telkom University

Telkom University atau dikenal juga sebagai Tel-U yang berlokasi di Bandung ini mendapatkan peringkat 8 sebagai universitas terbaik di Indonesia, dan menjadi satu-satunya PTS di 10 besar universitas terbaik di Indonesia. Sedangkan di peringkat dunia, Telkom University menempati peringkat 1.410.

Prestasi lainnya dari Telkom University yang patut diapresiasi, yaitu pada 2021 lalu Telkom University menjadi PTS pertama yang mendapatkan akreditasi “Unggul” dari BAN-PT.

2. Universitas Bina Nusantara

Unviersitas Bina Nusantara atau biasa disebut Binus menempati peringkat 11 nasional dan peringkat 1.864 dunia. Para alumni lulusan Binus juga dinilai memiliki karir yang cemerlang. Sebagai contoh, William Tanuwijaya yang menjadi pendiri Tokopedia dan Kevin Osmond sebagai co-founder Tiket.com.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menduduki peringkat 16 di ranking nasional dan di ranking dunia universitas ini berada di posisi 2.173. Selain itu, universitas ini memiliki 23 program studi dan telah mengantongi akreditasi “A” dari BAN-PT.

4. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana yang menempati peringkat 19 nasional dan peringkat 2.512 di skala internasional. Universitas yang satu ini juga dikenal karena memiliki beberapa cabang kampus di lokasi yang cukup strategis.

Untuk mutu Universitas Mercu Buana sendiri  juga sudah  terjamin dengan akreditasi “A” dari BAN-PT.

5. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia menempati peringkat 22 nasional dan menduduki peringkat 2.618 di skala internasional.

Universitas ini juga memiliki beberapa program studi yang sudah terakreditasi internasional. Contohnya program studi Manajemen dan Hukum yang sudah terakreditasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA)

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas yang satu ini menempati peringkat 26 di Indonesia. Sedangkan di peringkat dunia, berada di posisi ke-3.082.

Sebagai universitas yang telah berdiri sejak 1965, mutu pendidikan Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga sudah terjamin dengan akreditasi “A” dari BAN-PT.

7. Universitas Gunadarma

Tepat setelah Universitas Atma Jaya Yogyakarta, ada Universitas Gunadarma di posisi ke-27 peringkat nasional. Untuk peringkat dunia, universitas ini menempati peringkat 3.085. Dengan kampus utama yang berlokasikan di Depok, Jawa Barat, universitas yang satu ini menawarkan 42 program studi dan sudah mengantongi akreditasi “A” dari BAN-PT.

8. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan diketahui berlokasikan di Yogyakarta. Universitas yang satu ini menduduki peringkat 3.105 dunia dan di posisi ke-28 untuk peringkat nasional.

Universitas ini, menawarkan berbagai bidang pendidikan yang tersebar di 11 Fakultas. Kualitasnya juga sudah terjamin nih dengan akreditasi “A” dari BAN-PT.

9. Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana  atau UKSW masuk ke jajaran universitas swasta terbaik di Indonesia. Universitas ini menduduki peringkat 31 nasional dan posisi ke-3211 di tingkat dunia.

Soal jaminan mutu, UKSW sudah terakreditasi “A” dari BAN-PT. Selain itu, universitas ini juga mempunyai program studi Ilmu Teologi yang sudah terakreditasi Association for Theological Schools in South East Asia (ATESEA)

10. Universitas Dian Nuswantoro

Terakhir ada Universitas Dian Nuswantoro. Universitas ini menempati peringkat 32 nasional dan untuk peringkat dunianya berada di posisi ke-3.264.

Universitas ini juga menyediakan berbagai jurusan yang tersebar di lima fakultas yang bisa dipilih. Selain itu, Universitas Dian Nuswantoro juga telah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN-PT, lho.

Nah, itulah seputar informasi mengenai deretan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan referensi untuk melanjutkan masa studi setelah lulus SMA. Semoga bermanfaat!

Tag : #perguruan tinggi    #pts    #pendidikan    #webometrics    #ranking of universities 2022    #ban pt   

Baca Juga