Ilustrasi HP Gaming, foto: Telset.id

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli HP Gaming!

Wanovy | Teknologi | 07-04-2022

PARBOABOA - Smartphone gaming akhir-akhir ini semakin populer di kalangan pecinta gadget apalagi dengan semakin populernya berbagai game online membuat keberadaan smartphone yang tahan banting untuk dipakai bermain game semakin dicari.

Smartphone yang mumpuni untuk kebutuhan gaming biasanya memiliki spesifikasi gahar dengan berbagai fitur yang mendukung dalam bermain game lebih lancar.

Bagi kalian yang sedang mencari smartphone gaming ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sesuai dengan ekspektasi sebelum kalian membeli smartphone gaming.

Apa saja yang perlu diperhatikan? berikut penjabarannya!

1. RAM

Random Access Memory (RAM) merupakan hal penting pertama yang mesti diperhatikan saat memilih smartphone gaming.

Usahakan kamu memilih smartphone yang memiliki RAM minimal 4GB. Sebab mobile gaming saat ini memiliki memori yang cukup besar untuk itu perlu diimbangi dengan RAM smartphone mumpuni.

Dengan memiliki RAM yang mumpuni, maka para gamers akan terbebas dari lag atau gangguan saat bermain game. Sehingga kemampuan gaming kamu bisa terasah lebih maksimal.

2. Layar

Faktor lain yang mesti diperhatikan yakni layar. Usahakan kamu memilih layar smartphone yang telah menggunakan teknologi Super AMOLED sehingga mampu menyajikan gambar super tajam dan berkarakter.

Keunggulan dari layar tipe ini tidak hanya sebatas itu saja. Super AMOLED memiliki kemampuan responsif yang cukup ciamik.

Sehingga mempermudah para gamers untuk bermanuver saat bermain game. Kehebatan lainnya, layar ini memiliki konsumsi daya yang cukup hemat.

Sebab panel Super AMOLED mengkonsumsi daya yang lebih rendah karena tidak membutuhkan backlight tambahan.

3. Kapasitas baterai

Kemudian yang juga tidak bisa diganggu-gugat selain spesifikasi tentu kapasitas baterai. Ponsel gaming dengan kemapuan gahar plus baterai tahan lama adalah paduan maksimal yang tidak dapat dipisahkan.

Untuk itu, perhatikan kapasitas yang dibawanya dan yang tidak kalah penting, apakah ponsel tersebut sudah dilengkapi fitur fast charging saat proses pengisian daya? Coba perhatikan lebih baik lagi kemampuan sektor dapur daya ini.

4. Chipset

Setiap vendor atau brand pasti punya adalah chipset andalan masing-masing, Misalnya iPhone dengan SOC Bionic, minimal pilih SOC Apple Bionic 12 atau yang lebih tinggi.

Kalau Samsung dengan Exynos dan minimal pilihlah SOC Exynos 9000 series ke atas. Kemudian Huawei dengan Kirin, pilihlah minimal SOC Kirin 900 series ke atas.

Selanjutnya Qualcomm dengan Snapdragonnya dan minimal SOC yang kalian pilih berada di 700 series keatas.

Dan yang terakhir adalah MediaTek yang punya banyak varian series diantara SOC yang lainnya, kalian bisa pilih SOC MediaTek minimal Helio G70 keatas, Helio P90 keatas dan Dimensity 700 ke atas.

Minimal seri chipset tersebut yang sudah disebutkan diatas sudah mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas biasa di smartphone maupun memainkan game-game berat tanpa lag yang berarti.

5. Jaringan 5G

Salah satu masalah yang cukup menyebalkan saat bermain game yakni gangguan jaringan.

Masalah tersebut tentu bisa membuat para gamers secara spontan agar keluar dari game yang sedang dimainkan. Imbasnya, para pemain bisa mengalami kekalahan atau bahkan turun peringkat.

Oleh karena itu agar masalah tersebut tidak terjadi, smartphone perlu didukung jaringan yang mumpuni seperti 5G.

Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya 4G, 5G memiliki sambungan internet yang memiliki kemampuan cukup ciamik.

Bahkan, jaringan 5G dinilai memiliki kecepatan internet yang jauh lebih cepat hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan 4G.

Nah, itulah informasi mengenai 5 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli HP gaming. Semoga bermanfaat!

Tag : #hp gaming    #gadget    #tips    #teknologi    #asus gaming phone   

Baca Juga