Ratu Elisabeth (dok AFP)

Peringatan 70 Tahun Kepemimpinan Ratu Elizabeth

Rini | Internasional | 07-02-2022

PARBOABOA, Inggris - Di negara demokrasi seperti Indonesia masa kepemimpinan Presiden terlama adalah 10 tahun. Namun berbeda dengan Inggris yang menggunakan sistem kerajaan masa kepemimpinan raja atau ratu tidak terbatas. Seperti Ratu Elizabeth yang telah memimpin negara tersebut selama 70 tahun.

Masa kepemimpinan sang ratu ternyata menjadi yang terlama dalam sejarah Inggris, dimana ratu mulai memimpin pada 6 Februari 1952, saat usianya masih cukup muda yaitu dua puluh lima tahun, hingga saat ini ratu telah berusia 95 tahun.

Namun peringatan 70 tahun Ratu Elizabeth, juga menjadi hari berkabung kerajaan Inggris memperingati kematian dari ayah sang ratu, yaitu Raja George VI. Seperti diketahui Ratu Elizabeth menduduki tahta setelah sang raja meninggal dunia akibat kanker paru-paru yang dideritanya.

Meski masa kepemimpinnya tepat 7 dekade kemarin, perayaan kekuasaan Ratu Elizabeth akan dilakukan pada bulan Juni mendatang, seperti parade militer, konser musik, hingga pesta jalanan.

Namun belum ada informasi mengenai apakah anggota keluarga kerajaan akan hadir lengkap dalam perayaan tersebut. Kekhawatiran ini terjadi mengingat gelar militer Pangeran Andrew, anak ratu telah dicopot karena kasus pelecehan seksual yang dilakukannya kepada seorang wanita 20 tahun lalu. Lain lagi dengan Pangeran Harry yang telah memilih tinggal di Amerika bersama istrinya Megan Markle.

Selain karena hal tersebut, kondisi kesehatan ratu semakin mengkhawatirkan, terlebih saat pandemi Covid-19 saat ini. Ratu Elizabeth juga telah mengurangi tugasnya setelah dia beberapa kali masuk rumah sakit tahun lalu.

Jika dilihat dalam catatan sejarah hanya ada 3 pemimpin monarki yang berhasil nemimpin selama 70 tahun yaitu: Louis XIV dari Prancis memerintah selama 72 tahun dan 110 hari dari 1643 hingga 1715. Raja Thailand Bhumibol Adulyadej berkuasa selama 70 tahun dan 126 hari dari 1946 hingga 2016. Kemudian Johann II, pangeran Liechtenstein, memerintah selama 70 tahun dan 91 hari, terhitung sejak 1858 hingga 1929.

Semoga Ratu Elizabeth berumur panjang agar dapat melampaui rekor tersebut.

Tag : #ratu elizabeth    #inggris    #kerajaan inggris    #internasional   

Baca Juga