Peringatan hari kucing sedunia

Peringatan Hari Kucing Sedunia

rini | | 09-08-2021

PARBOABOA - 8 Agustus diperingati sebagai hari kucing sedunia. Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day ini digelar agar para pencinta kucing bisa merayakan Hari Kucing Sedunia sebagai wujud rasa cinta dan kasih sayang mereka terhadap hewan peliharaan imut satu ini.

Hari Kucing Sedunia berawal dari gagasan Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan atau yang biasa dikenal dengan International Fund for Animal Welfare (IFAW) yang berkeinginan untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan kucing di sekitar kita sekaligus mempelajari mengenai bagaimana cara untuk membantu dan melindungi mereka.

Seperti kita ketahui kucing menjadi hewan peliharaan paling banyak di dunia. Namun masih banyaknya kucing menerima kekerasan menjadi alasan hari kucing sedunia digelar secara resmi sejak 8 Austus 2002.

Salah satu bagian dari perayaan ini adalah International Cat Care yang menjadi penjaga atau pemelihara Hari Kucing Internasional.

International Cat Care bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan kucing melalui pengumpulan dan promosi penelitian berbasis bukti tentang kesejahteraan fisik dan mental kucing.

Kucing sudah bersahabat dengan manusia sejak lama. Kucing sudah ditemukan dalam budaya Peradaban Mesir Kuno yang menganggap kucing sebagai dewa sekaligus pelindung.

Mafdet adalah dewa kucing pertama yang dikenal dan dianggap sebagai pelindung terhadap ular, kalajengking, dan kejahatan selama Dinasti Pertama.

Namun, setelah dinasti Mesir runtuh, kucing pun beralih perannya menjadi hewan peliharaan. Seperti pada masa Yunani dan Romawi yang menggunakannya sebagai pengendali hama.

Namun, di Eropa, selama Abad Pertengahan, kucing justru malah dikaitkan dengan takhayul hingga akhirnya dicurigai membawa penyakit selama Black Death 1348. Itulah salah satu yang menyebabkan berkurangnya perhatian manusia terhadap kucing.

Lain halnya di Amerika, kucing dianggap sebagai bagian dari kargo di kapal kolonisasi dengan maksud untuk meminimalkan hama dan penyakit, hingga akhirnya mereka dilepaskan ke darat untuk berkembang biak.

Perayaan Hari Kucing Internasional menjadi kesempatan bagus untuk menjalin ikatan dengan kucing. Mungkin Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

1. Mengadopsi kucing dari tempat penampungan.

2. Menjadi relawan di tempat penampungan kucing.

3. Memanjakan kucing dengan kue tuna panggang.

4. Memberikan perangkat pelacak GPS pada kucing agar mereka tetap aman.

5. Membeli mainan kucing baru yang menyenangkan.

6. Mengajak kucing melakukan beberapa latihan yang menyenangkan seperti rak dinding untuk memanjat.

7. Memberikan sikat bulu yang bagus untuk menghilangkan gumpalan rambut dan bulu berlebih.

8. Membeli kalung dan tag dengan nama beserta nomor Anda jika mereka tersesat suatu hari nanti.

9. Bersenang-senang pemotretan dengan kucing Anda

Tag : #hiburan   

Baca Juga