Kamuflase Ulat Common Baron (dok. erabaru.net)

Peristiwa Kamuflase yang Ada disekitar Kita

Regina | Pendidikan | 01-06-2022

PARBOABOA.COM – Pernahkah kalian mendengar kata kamuflase sebelumnya? Kamuflase adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyerupai sesuatu, baik itu organisme ataupun sekitar, untuk tidak gampang terlihat atau gampang tersamar.

Kejadian ini merupakan kegiatan yang disengaja. Biasanya, penyamaran ini dilakukan untuk mengelabui musuh yang akan mengancam. Kejadian ini biasanya dilakukan oleh organisme yang punya kelebihan khusus yang ada pada dirinya untuk dapat melakukan penyamaran.

Tumbuhan, hewan bahkan manusia sekalipun bisa melakukan kamuflase. Tak hanya itu, benda mati yang ada disekitar kita juga dapat dirancang untuk melakukan metode penyamaran yang digunakan untuk fungsi tertentu.

Beberapa kamuflase yang terjadi pada tumbuhan seperti contoh berikut,

1. Fritillaria delavayi

Tumbuhan ini biasanya terdapat di daerah padang rumput pegunungan Hengduan di China. Tanaman ini memiliki warna asli hijau dan kuning, selain warna, bentuknya juga cukup unik. Tak sedikit manusia ingin memetik bunga ini.

Biasanya bunga ini tumbuh di tengah bebatuan, sebenarnya tak susah untuk melihatnya. Tapi, Fritillaria delavayi mampu berkamuflase layaknya bunglon dengan mengubah warnnya menjadi abu-abu, yang hampir menyerupai bebatuan di sekitarnya.

2. Lithops Weberi

Bunga ini merupakan salah satu contoh tumbuhan yang dapat menyamar. Bentuk dari Lithops Weberi seperti batu, dan memiliki tampilan yang unik. Beberapa organisme mungkin akan sulit mengetahui keberadaan bunga jikalau melihat dari bentuknya.

Bunga ini berasal dari Afrika dan juga Yunani Awal. Tapi taukah kalian, bunga Lithops Weberi  saat ini terancam punah loh.

3. Ulat Common Baron

Selain bunglon, ulat ini merupakan contoh hewan kamuflase yang baik. Serangga dengan nama lain Euthalia aconthea mempunyai potensi yang tinggi untuk berubah menjadi kupu-kupu. Ciri-ciri ulat ini berwarna hijau dengan banyak cabang di badannya.

Warna nya yang sangat mirip dengan daun cukup membuat para predatornya kesulitan untuk menemukannya. Iya akan terus menerus menempel pada daun tersebut, hingga menemukan tempat baru saat ia ingin berubah menjadi kepompong.

4. Laba-Laba Serigala

Pernah dengar laba-laba serigala sebelumnya? Cukup berbeda dengan beberapa laba-laba lainnya, hewan ini tidak membuat jaring dan membiarkan mangsanya mendatanginya, melainkan ia yang mengejar sang mangsa.

Hewan ini merupakan contoh hewan kamuflase yang dilakukan dengan cara menyamarkan warna dan corak tubuhnya dengan keadaan sekitar, dan juga sabar dalam menunggu agar dia dengan sigap dapat langsung mengejar dan melahap sang mangsa.

5. Pada Tentara

Misi militer kadang mengharuskan mereka untuk menyamar saat sedang melakukan tugas. Seperti contoh, kamuflase tentara digunakan disaat sedang melakukan peperangan. Penerapan kamuflase tentara biasanya menambahkan warna dan aksesoris pada semua jenis peralatan seperti senapan, wajah, topi, baju, celana, sepatu.

Hal itu digunakan untuk mengelabui musuh agar tidak mengetahui posisi para militer tersebut. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak 1756.

6. Pada Benda

Seperti yang dikatakan, tak hanya pada organisme saja, kamuflase dapat dilakukan pada beberapa benda dengan tujuan tertentu. Beberapa contoh benda yang melakukan penyamaran seperti perabotan rumah.

Pintu kamuflase. Pernah dengar sebelumnya? Pintu ini didesign khusus untuk menambah mode pada ruangan tersebut. Biasanya, pintu ini digunakan untuk ruangan tertentu yang tidak boleh sembarang dimasuki, atau juga hanya untuk sebatas design  tersendiri.

Tak hanya pintu, biasanya dalam rumah juga ada lemari yang dikamuflase. Cara penyamaran perabotan ini adalah dengan menyamakan warna pintu atau lemari itu dengan warna yang sesuai dengan sekitarnya, agar tak ada yang sadar kalau ada pintu disitu.

Sekian rangkuman kamuflase yang dapat parboaboa rangkum untuk kalian, semoga artikel ini membantu.

Tag : #Kamuflase    #hewan    #pendidikan    #tumbuhan    #penyamaran   

Baca Juga