Jerome Polin rilis buku pertamanya (Foto: Instagram/@jeromepolin)

Perjalanan Hidup Jerome Polin dan Kecintaannya Pada Matematika Lewat Buku Mantappu Jiwa

Juni | Hiburan | 06-04-2022

PARBOABOA - Jerome Polin Sijabat atau yang kerap disapa dengan Jerome Polin merupakan seorang YouTuber, Selebgram, pengusaha sekaligus penulis yang berasal dari Indonesia. Namanya dikenal luas oleh masyarakat lewat kanal YouTubenya yang bernama Nihongo Mantappu.

Lewat postingan instagramnya akhir-akhir ini, Jerome mengkonfirmasi dirinya telah resmi menjadi lulusan S1 Matematika Terapan di salah satu Universitas ternama di Jepang.

Dalam kesehariannya di Negeri Sakura, Jerome menulis buku yang di beri judul Mantappu Jiwa. Buku ini menceritakan bagaimana dia menghadapi setiap persoalan dihidupnya. Dimulai dari Jerome lahir yang dekat dengan kerusuhan pada 1998. Sempat tidak menyangka bahwa ia akhirnya menjadi penulis, tetapi Jerome pun memulai proses menulis buku Mantappu Jiwa sambil menjalani perkuliahannya.

Ketika berada di bangku kelas 2 SD, Jerome memiliki keinginan untuk berkuliah di luar negeri. Setelah lulus SMA, keinginannya pun terkendala karena keterbatasan ekonomi keluarga, sehingga Jerome mencoba mengambil program beasiswa.

Pria kelahiran Surabaya 2 Mei 1998 ini menempuh proses yang panjang untuk bisa bergabung di universitas ternama tersebut. Ia harus melewati empat kali tes dan hanya dua dari Indonesia yang berhasil mendapatkan kesempatan emas tersebut. Akhirnya Jerome berhasil mewujudkan cita-cita bersekolah di luar negeri.

Jerome Polin Terbitkan Buku Pertamanya, Mantappu Jiwa

Buku berjudul Mantappu Jiwa ini di rilis pertama kali pada tahun 2019. Lewat cuitannya di Twitter, Jerome menjelaskan topik-topik yang dibahasnya dalam buku tersebut yaitu seputar matematika dan cerita-cerita perjuangannya. Embel-embel “buku latihan soal” di sampulnya memang sengaja disematkan karena ada bumbu-bumbu matematikanya.

Mantappu Jiwa ini adalah cacatan perjuangan Jerome Polin dari semasa hidupnya yang penuh liku. Mantappu Jiwa berisi tentang Jerome yang gigih memperjuangkan pendidikannya hingga mendapatkan beasiswa penuh program sarjana Mitsui Bussan di Waseda University, Jepang. Penuh perjuangan hingga ia mampu menjadi orang hebat seperti sekarang.

Tak hanya menceritakan perjalanan hidupnya saja, di buku 'Mantappu Jiwa', Jerome juga menyelipkan soal-soal matematika untuk dikerjakan pembacanya.

“Kalian akan melihat filosofi dari soal dan solusi matematika yang aku tulis, berkaitan dengan cerita perjuangan hidupku dari aku kecil hingga saat ini”, ujar Jerome dalam twit nya.

Selain itu, ada juga kutipan-kutipan motivasi karya Jerome dan ilustrasi-ilustrasi penuh warna.

Tak disangka, kehadiran buku Jerome Polin tersebut disambut dengan penuh antusias oleh penggemarnya dan membuat ia takjub sekaligus tak menyangka.

“Saya kaget. Nggak nyangka, mereka antusias banget. Puji Tuhan ya", ujarnya.

Lewat Buku Mantappu Jiwa, Nama Jerome Muncul dalam Buku Pelajaran

Munculnya nama Jerome dalam buku pelajaran diketahui usai seorang warganet menandai akunnya di Instagram Story. Unggahan warganet itu menampilkan satu halaman buku pelajaran berisi teks ulasan buku Mantappu Jiwa yang ditulis Jerome Polin.

“Bang lu masuk di buku sekolah gw”, tulis warganet itu.

Ia pun mengaku terkejut Ketika tahu Namanya muncul dibuku pelajaran siswa.

“woah wkwkwkwkw mantap. Sebuah pencapaian jadi soal buku Bahasa Indonesia (?) wkwkwkw”, tulis Jerome dikutip dari Instagram @jeromepolin.

Raih Penghargaan IKAPI Awards

Perwara dalam acara IKAPI Awards mengatakan bahwa karya perdana Jerome sangat fenomenal dan unik sehingga sudah terjual sebanyak 50.000 eksemplar.

Jerome Polin Sijabat, Youtuber dan penulis buku Mantappu Jiwa meraih penghargaan dalam Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Awards tahun 2020.

“Bukunya sungguh unik. Berisi soal latihan matematika yang dipadu dengan kisah perjuangan hidup penulisnya,” ucap perwara dalam acara virtual IKAPI Awards 2020 pada Senin (28/9/2020).

Melihat lika liku perjalanan hidup serta prestasi-prestasi membanggakan seorang Jerome Polin, semua pasti setuju apabila pria berdarah Batak-Tiongkok ini layak mendapatkan penghargaan tersebut.

Tag : #jerome polin    #mantappu jiwa    #hiburan    #penulis buku    #youtuber    #pengusaha   

Baca Juga