Arifin Panigoro (dok detik.com)

Raja Minyak Indonesia Arifin Panigoro Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Karirnya Disini

Rini | Nasional | 28-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Pengusaha senior Indonesia Arifin Panigoro dikabarkan telah meninggal dunia pada Senin (28/2). Sosok pengusaha sukses yang juga mempunyai karir gemilang di dunia politik Tanah Air ini meninggal dunia di Amerika Serikat pada usia 76 tahun, namun jenazahnya akan dipulangkan ke Indonesia.

Arifin diketahui merupakan pendiri dari perusahaan minyak dan gas bumi swasta terbesar di Indonesia yaitu Meta Epsi Pribumi Drilling Company (Medco) pada tahun 1980. Sebelum meninggal dunia, Arifin masih aktif menjadi penasihat di perusahaan yang didirikannya tersebut.

Lelaki berdarah Gorontalo ini masuk dalam deretan miliader Indonesia, yang menempati posisi ke 47 dalam daftar 100 orang terkaya di Indonesia. Per 28 Februari 2022, Arifin Panigoro tercatat memiliki kekayaan sebesar 550 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp7,86 triliun (kurs Rp14.300 per dolar AS).

Selain karir suksesnya sebagai pengusaha, Arifin juga merupakan seorang politikus. Perjalanan karir politik pengusaha yang disebut sebagai Raja Minyak Indonesia ini berawal pada tahun 1999, dimana dia mencalonkan diri dan menang menjadi DPR RI dari partai PDIP.

Kemudian Arifin sempat menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI pada 2022 - 2003. Saat ini Arifin bahkan telah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) era Jokowi sejak tahun 2019 lalu.

Selain Pengusaha, Arifin juga selaku pendiri dan dewan Pembina Yayasan Stop Tb Partnership Indonesia. Yayasan Stop Tb Partnership Indonesia merupakan wadah kerja sama dan koordinasi antar mitra-mitra organisasi maupun individu peduli TBC serta antara para mitra dan pemerintah Indonesia

Berikut ini profil singkat Arifin Panigoro:

- Nama : Arifin Panigoro

- Lahir  : Bandung, 14 Maret 1945

- Pendidikan : Alumni ITB Jurusan Elektro pada tahun 1973, Senior Executive Programme Institute of Business Administration, Fontainebleau, France pada tahun 1979.

- Pasangan: Raisis Kartiwa

- Anak: Maera Hanafiah A Panigoro dan Yaser Mairi A Panigoro

- Memiliki julukan sebagai 'Raja Minyak Indonesia'

Itu dia profil pengusaha sukses Indonesia Arifin Panigoro yang telah meninggal dunia. Rencananya jenazah Arifin akan disemayamkan di rumah duka di Griya Jenggala, Jalan Jenggala 1, Jakarta Selatan. Namun sampai saat ini, belum ada konfirmasi kepastian terkait waktu dan tempat pemakaman almarhum.

Tag : #arifin panigoro    #berita duka    #profil    #pengusah indonesia    #watimpres meninggal    #nasional   

Baca Juga