Ilustrasi Perkenalan Diri Saat Interview Kerja (Dok. Edmuku)

Ingin Sukses Perkenalan Diri Saat Interview Kerja? Begini Tipsnya

Juni | Pendidikan | 24-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Setelah mengirim surat lamaran pekerjaan di suatu perusahaan, tahap berikutnya adalah wawancara kerja. Di tahap ini, kamu akan diminta untuk memperkenalkan diri.

Tahukah kamu, perkenalan diri saat interview kerja merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan untuk mendapatkan pekerjaan impian. Namun sayangnya, tak semua pelamar bisa berhasil menarik perhatian recruiter.

Hal tersebut disebabkan karena banyak pelamar yang merasa bingung ketika dihadapkan dengan beberapa pertanyaan, seperti cara memperkenalkan diri, latar belakang, pencapaian yang diinginkan, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang fresh graduate atau yang baru saja lulus kuliah, momen interview memang sesuatu yang baru. Namun, tak perlu panik atau gugup karena justru akan semakin mempersulit situasi. Sebaiknya tenangkan pikiran dan berdoa dalam hati.

Dengan demikian, kamu akan fokus dalam mencerna setiap perkataan serta mampu menjawab setiap pertanyaan recruiter dengan baik.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara perkenalan diri saat interview yang bisa menarik perhatian recruiter?

Berikut Parboaboa telah merangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar proses interview mu bisa berjalan lancar. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Tips Sukses Perkenalan Diri Saat Interview Kerja

Salah satu hal yang paling utama yang perlu kamu ketahui adalah memahami urutan perkenalan diri saat interview. Berikut dijelaskan beberapa urutan dalam sesi perkenalan diri yang baik saat interview, antara lain :

  • Perkenalan nama

Kamu tentu telah mencantumkan nama lengkap di dalam CV (curriculum vitae) atau resume ketika mengajukan permohonan kerja, namun sebaiknya perkenalkan kembali dengan menyebut nama kamu di saat sesi interview agar recruiter dapat mengingat dan mengenal kamu.

  • Riwayat pendidikan

Sesi perkenalan diri saat interview kerja yang selanjutnya yaitu dengan menjelaskan riwayat pendidikan. Sebaiknya kamu jangan hanya sebatas menyebutkan nama universitas dan jurusannya saja, namun juga menjelaskan alasan mengapa tertarik dengan jurusan tersebut.

Tak hanya itu, kamu juga sebaiknya menjelaskan mata kuliah apa saja yang telah kalian pelajari selama berkuliah. Hal tersebut akan membantu kamu untuk mendapatkan penilaian lebih dari pewawancara.

  • Pengalaman kerja dan organisasi atau komunitas

Hal ini berlaku khusunya bagi kamu yang fresh graduate yang tentunya belum memiliki pengalaman kerja. Ketika ditanya perihal pengalaman kerja, kamu dapat menceritakan seputar pengalaman organisasi ataupun komunitas yang diikuti selama kuliah.

  • Skills atau keterampilan

Sesi perkenalan diri saat interview akan berjalan dengan baik jika kamu melakukannya dengan terstruktur. Seorang recruiter tentu ingin mengetahui tentang skills atau keterampilan yang kamu miliki.

Pastikan bahwa keterampilan tersebut relevan dengan jenis pekerjaan yang ingin dilamar. Dengan begitu, HRD akan semakin yakin jika pekerjaan yang kamu lamar tersebut sesuai dengan skills dan keterampilan kamu.

Jika perkenalan diri saat interview dilakukan dengan baik, tentu akan mendapatkan first impression yang positif dari recruiter. Tunggu apa lagi? Yuk, kejar pekerjaan impian kamu.

Tag : #interview kerja    #perkenalan diri saat interview    #pendidikan    #wawancara    #melamar kerja   

Baca Juga