Pernak-Pernik Imlek di Pecinan Glodok Mulai Diburu

Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2574, pernak-pernik Imlek di kawasan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat mulai diburu warga (Foto:Parboaboa/Apri Siagian)

PARBOABOA, Jakarta – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2574,  pernak-pernik Imlek di kawasan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat mulai diburu warga.

Pantauan Parboaboa pada Minggu (15/01/2023) sekitar pukul 17.00 WIB, warga etnis Tionghoa memadati Kawasan Glodok. Mereka tampak sibuk lalu-lalang mencari kebutuhan untuk perayaan Imlek mulai dari pajangan lampion, ampau, hingga hiasan gantung.

Selain itu, serba-serbi pakaian berwarna merah tampak menghiasi tiap gerai pedagang yang berjejer di dekat Gapura Chinatown Glodok.

Tak ketinggalan, pedagang kue keranjang juga turut meramaikan suasana pada sore itu meski  jumlahnya tak sebanyak pedagang aksesoris.

Salah satu pedagang aksesoris khas Imlek, Adi (35) mengatakan, permintaan aksesoris untuk tahun baru Imlek kali ini meningkat, terutama untuk angpau dan hiasan gantung.

“Menjelang perayaan tahun baru imlek ini, yang beli aksesoris meningkat mbak. Terutama ampau shio kelinci dari harga Rp5 ribu, hiasan gantung ada yang Rp10 ribu dan Rp35 ribu, lampion gantung yang paling mahal Rp300 ribu. Untuk harganya semuanya bervariasi,” kata Adi saat ditemui Parboaboa di Kawasan Glodok, Jakarta Barat, Minggu (15/01/2023).

Adi membeberkan, omset penjualannya per hari mencapai Rp15 juta hingga 30 juta.

Adapun sejumlah barang dagangan Adi mulai dari angpao, hiasan gantungan, lampion, baju khas Imlek, lilin, hingga dupa untuk sembahyang.

Sementara itu, salah satu pembeli asal Palembang Riska (45) mengatakan, ia datang jauh-jauh dari Palembang untuk membeli aksesoris Imlek lantaran harga yang masih terjangkau.

“Biasanya datang setahun sekali kesini untuk beli persiapan tahun baru Imlek. Soalnya di sini harganya murah dan lengkap juga,” kata Riska saat ditemui Parboaboa di tempat yang sama.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS