Wawancara OSIS (foto : infoidkurikulum)

Contoh Pertanyaan Wawancara OSIS Yang Sering Muncul

Halima | Pendidikan | 29-08-2022

PARBOABOA - OSIS atau singkatan dari (Organisasi Siswa Intra Sekolah) bisa dijadikan tempat untuk belajar mengenai organisasi ketika masih di sekolah. Mengikuti OSIS ada banyak keuntungan yang bisa dapatkan. Apalagi jika berhasil menjadi sebagai seorang Ketua OSIS.
Menjadi Ketua OSIS bukan sesuatu hal yang mudah untuk di capai. Ada banyak tahapan yang harus kamu lakukan pada saat menjelang pemilihan Ketua OSIS setiap calon harus mengkapanyekan gagasan atau ide dari masing-masing peserta. Dan untuk bisa menjadi seorang Ketua OSIS. Salah satu hal yang harus di lakukan adalah melakukan wawancara cara agar bisa bergabung dengan organisasi OSIS tersebut. 

Contoh Pertanyaan Wawancara OSIS 

Berikut ini beberapa contoh judul besar pertanyaan yang keluar ketika ingin daftar di OSIS.

Tujuan Masuk OSIS ?

Contoh pertanyaan wawancara OSIS yang satu ini bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri dengan baik pada tahapan seleksi yang akan dilakukan. Umumnya, ikut serta dalam kepengurusan organisasi OSIS merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita yang ikut serta. Karena, OSIS merupakan organisasi resmi dan sah yang ada di sekolah. Banyak sekali manfaat yang akan didapat jika menjadi salah satu pengurus OSIS. Kamu memiliki kesempatan untuk menjadi seorang anggota OSIS dengan tanggung jawab yang sesuai dengan kepribadian kamu. 

Motivasi Masuk OSIS ?

Meski terlihat simple atau  sepele, faktanya pernyataan terkait motivasi ini justru menjadi suatu hal pertimbangan yang cukup besar untuk lolos dalam tes OSIS selanjutnya atau tidak.
Berikut ini beberapa contoh untuk menjawabpertanyaan saat tes wawancara.
1. Saya ingin mencoba diri saya sendiri, untuk bisa lebih berani mengungkapkan pendapat dan menanggapi isu atau masalah dengan benar.
2. Saya ingin mengasah diri seperti disiplin dalam mengatur waktu, dan juga bertanggung jawab atas pilihan dalam hidup saya termasuk untuk bergabung dengan organisasi.
3. Tujuan atau motivasi saya bergabung OSIS adalah, ingin menambah wawasan tentang organisasi dan juga menambah relasi pertemanan.
4. Saya ingin membuktikan kepada orang-orang sekitar dan diri saya sendiri, bahwa saya bisa dan mampu untuk bersikap disiplin, bertanggung jawab atas pilihan saya sendiri.
5. Di samping wawasan akademik yang akan saya pelajari di sekolah, saya juga ingin mengasah skill non-akademik saya dengan cara bergabung organisasi.

Alasan Masuk OSIS ?

Alasan masuk OSIS merupakan salah satu hal penting yang perlu anda miliki sebelum memutuskan untuk mengikuti kegiatan OSIS atau menjadi salah satu dari pengurus OSIS di sekolah. Selain memiliki segudang manfaat saat mengikuti OSIS, kegiatan OSIS pun dapat menyita waktu yang anda miliki. Sehingga perlu alasan yang kuat yang harus anda miliki ketika anda akan memutuskan untuk mengikuti kegiatan OSIS.

Visi Misi Menjadi OSIS 

Visi Misi menjadi OSIS untuk Menjadikan OSIS sebagai organisasi mandiri, cekatan, terampil dan bertakwa yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Misi, Menumbuhkan jiwa kuat kewirausahaan para siswa. Meningkatkan prestasi siswa bidang mata pelajaran umum dengan ekstrakurikuler.

Jabatan OSIS

Agar lebih mudah memahami tugas-tugas kepengurusan OSIS, kita perlu pahami dulu bagaimana bentuk struktur Organisasi OSIS secara menyeluruh. Mulai dari pembina hingga seksi bidang.
Setelah mengetahui bagaimana struktur organisasi OSIS secara menyeluruh, barulah kita mendapat gambaran terkait jabatan apa saja yang ada di dalamnya.
Jabatan-jabatannya terdiri dari pembina, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi bidang. Tentu perangkat OSIS tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Nah, kira-kira apa saja tugas dari masing-masing jabatan tersebut?

Tag : #osis    #wawancara    #pendidikan    #wawancara osis    #sekolah    #contoh pertanyaan   

Baca Juga