Kebakaran hutan diYunani meluas

Pesawat Pemadam Kebakaran Yunani Jatuh

rini | Internasional | 09-08-2021

PARBOABOA, Yunani - Sebuah pesawat pemadam kebakaran jatuh saat menangani kebakaran di Pulau Zakynthos Ionia, Yunani Barat pada Minggu (8/8). Pilot pesawat dinyatakan selamat setelah dibantu petuas pemadam kebakaran lainnya saat kejadian.

 Ribuan petugas pemadam kebakaran masih terus berjuang memadamkan api yang melahap sejumlah hutan di Yunani. Kebakaran tersebut menyebabkan ratusan keluarga kehilangan tempat tinggal.

Lebih dari 1.450 petugas pemadam kebakaran Yunani dikerahkan untuk memerangi kebakaran hutan. Mereka didukung sedikitnya 15 pesawat dan bala bantuan dari negara lain.

 Seperti yang diketahui, tiga kebakaran hutan besar berkobar di Yunani pada hari Sabtu (7/8). Salah satu kebakaran tersebut mengancam seluruh kota dan memotong garis melintasi Evia, pulau terbesar kedua di negara itu dan membuat bagian utara terpaksa isolasi.

Kebakaran yang lain menelan lereng gunung berhutan dan mengitari situs kuno.

Sebanyak 10 kapal, dua patroli Penjaga Pantai, dua feri, dua kapal penumpang dan empat kapal nelayan menunggu di resor tepi laut Pefki, dekat ujung utara Evia, siap untuk mengevakuasi lebih banyak penduduk dan turis jika diperlukan.

Petugas pemadam kebakaran dan penduduk setempat mulai putus asa berjuang melawan kebakaran hutan yang mengamuk di pulau Evia. Kebakaran ini telah menghanguskan hutan pinus yang luas dan memaksa ratusan orang meninggalkan rumah mereka.

"Kami memiliki malam yang sulit. Dan di depan kami ada malam yang lebih sulit lagi," kata Wakil Menteri Perlindungan Sipil Nikos Hardalias.

"Di Evia kami memiliki dua titik api utama, satu di utara dan satu di selatan," kata Hardalias, menambahkan bahwa angin kencang mendorong api utara menuju desa-desa pantai.

Yunani dan Turki telah berjuang melawan kebakaran hebat selama hampir dua minggu karena wilayah tersebut mengalami gelombang panas terburuk dalam beberapa dasawarsa, yang oleh para ahli dikaitkan dengan perubahan iklim.

Kebakaran sejauh ini telah merenggut dua nyawa di Yunani dan delapan di negara tetangga Turki, sementara puluhan lainnya telah dibawa ke rumah sakit.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mencuit lewat Twitternya bahwa dia telah berbicara dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis tentang krisis tersebut. Dia memastikan pihaknya telah mengerahkan tambahan pemadam kebakaran beserta 3 pesawat pemadam ke Yunani.

"Solidaritas seperti orang Eropa selalu," tweet Macron, mengatakan Prancis telah mengerahkan 80 petugas pemadam kebakaran dan petugas penyelamat serta tiga pesawat pemadam kebakaran Canadair.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel juga mentweet pada Sabtu (7/8) bahwa Inggris mengirim "tim pemadam kebakaran berpengalaman untuk mendukung petugas pemadam kebakaran Yunani yang saat ini memerangi kobaran api besar".

Mesir juga diperkirakan akan mengirimkan dua helikopter dan Spanyol satu pesawat Canadair.

Tag : #kebakaran    #internasional   

Baca Juga