Plafon ruang tamu elegan, foto: Oriflame.id

10 Desain Plafon Ruang Tamu Elegan dan Minimalis

Wanovy | Rumah | 21-11-2022

PARBOABOA - Plafon ruang tamu elegan bisa jadi pilihan terbaik untuk menciptakan suasana rumah jauh lebih keren dan menarik perhatian.

Sejumlah model plafon berikut ini bisa Anda pertimbangkan untuk memunculkan kesan tersebut.

Plafon adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai pembatas atap dan ruangan.

Namun, kehadiran plafon rumah tidak sekadar untuk fungsi tersebut, melainkan menambah estetika ruangan.

Keberadaan plafon di rumah dapat membuat interior rumah lebih rapi dan cantik, lo. Untuk menambah daya tarik, Anda bisa memilih model plafon ruang tamu elegan yang minimalis, dan keren.

Tidak cuma di ruang keluarga atau dapur, salah satu area yang tak boleh lepas dari pusat perhatian adalah ruang tamu.

Ruang tamu dengan plafon yang keren bisa membuat ruangan lebih menonjol. Pemilihan plafon ruang tamu yang tepat dapat membuat area tersebut terlihat sangat elegan.

Untuk itu, berikut inspirasi model plafon ruang tamu elegan yang bisa Anda terapkan di rumah. Kira-kira, Anda pilih yang mana?

1. Desain Plafon Gypsum Dengan Lampu Downlight

Bagi Anda yang memang menginginkan ruang tamu mewah dengan desain yang artistik, maka Anda bisa dengan mudah untuk memilih desain plafon ruang tamu elegan satu ini.

Hal ini dikarenakan dengan plafon gips akan mampu dengan mudah untuk membentuk pola abstrak yang indah.

Sehingga plafon dari ruang tamu Anda pun akan terlihat berbeda dan sangat unik. Pola yang terbentuk berfungsi sebagai penghias untuk langit-langit yang ada di ruang tamu rumah.

Untuk menimbulkan kesan mewah, Anda juga dengan menanamkan beberapa lampu downlight pada gips yang ada di ruangan tersebut agar lebih elegan.

Selain itu, menambahkan beberapa aksesoris seperti lukisan ataupun tanaman juga bisa dilakukan, sehingga ruangan menjadi lebih sejuk.

2. Plafon Putih Dengan Lampu Kristal

Selain itu, untuk menghadirkan kesan mewah di ruang tamu bisa juga dengan menambahkan lampu kristal.

Pencahayaan yang masuk melalui jendela tersebut akan membuat lampu lampu kecil yang ada di atas plafon Anda akan tetap terlihat cantik.

Dengan begitu, Anda bisa mencari lampu gantung dengan desain yang sesuai dengan warna interior ruangan.

Ide plafon ruang tamu elegan ini tentu bisa membuat orang lain merasa kagum ketika melihatnya.

Dengan begitu, bisa memberikan para tamu Anda bisa dibuat terkesan dengan penataan dan dekorasi ruangan yang sangat artistik.

3. Desain Plafon yang Bertumpuk

Ide plafon ruang tamu elegan yang bisa Anda jadikan inspirasi berikutnya adalah desain plafon bertumpuk.

Di sini, Anda bisa menggunakan desain plafon PVC yang akan membuat ruang tamu yang Anda miliki akan terlihat jauh lebih menarik.

Kemudian, untuk menambahkan kesan yang mewah dan juga elegan, maka Anda pun bisa menambahkan dengan memberikan lampu LED kecil. Usahakan agar pemilih warna lampu LED juga sesuai dengan konsep dekorasi ruangan.

Untuk warna netral, Anda bisa memilih lampu LED berwarna putih. Namun, jika ingin sedikit gelap, biasanya bisa memilih lampu LED berwarna merah ataupun biru tua yang bisa memberikan kesan “glow in the dark”.

Lampu tersebut juga bisa Anda letakkan di tiap sudut ruangan Anda. Hal ini tentu saja akan membuat plafon akan berbentuk bulat pada bagian tengahnya.

Hal ini akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih terang. Tidak hanya itu saja, jangan lupa memastikan bahwa keramik lantai yang dipilih juga sesuai dengan tema yang diinginkan.

4. Cream dan Batang Kayu

Model plafon ruang tamu elegan berwarna cream akan membuat kesan hangat pada area ruang tamu.

Agar tak membosankan, beri kesan bertingkat. Bagian tengah plafon bisa dibuat lebih dalam ke atas, dipercantik dengan kipas kayu di bagian tengahnya.

Nah, untuk sisi dinding atas menuju plafon, bisa ditambah hiasan batang pohon supaya lebih elegan.

5. Putih dan Cahaya Alami

Plafon ruang tamu akan terasa lebih luas saat mendapat sentuhan cahaya matahari alami. Buat plafon membentuk pucuk ke atas mengikuti bentuk atap, kemudian beri jendela kaca di kanan kirinya.

Bagian tengah bisa diberi kipas kayu untuk pemanis, anti gerah, dan ramah lingkungan!

6. Plafon Amerika Klasik

Tak mau terlalu banyak ornamen? Anda lebih suka meramaikan bagian furniture? Bisa juga gunakan referensi dari film-film Hollywood.

Kebanyakan, ruang tamunya tak begitu memperdulikan plafon, namun fokus pada furnitur yang lebih banyak pola.

Beri warna plafon abu-abu muda, kemudian tambahkan kipas putih dengan lampu warna warm white, dijamin kesan homey akan Anda dapatkan.

7. Plafon Ruang Tamu Minimalis

Bukan hanya di bagian ruang tamu, langit-langit rumah merupakan area yang sangat sering dipandangi mata.

Maka dari itu model plafon menjadi unsur penting terciptanya keindahan atap. Mulai dari pemilihan warna, bentuk aksesoris, hingga model plafon keluaran terbaru sangat mempengaruhi hasil akhir ruangan.

Ruang tamu kecil dipadukan warna kuning cerah menyuguhkan pemandangan yang luas. Meski terbatas tempat namun tetap menunjukan kesan minimalis mewah.

8. Plafon Sederhana

Merancang desain ruang tamu adalah hal cukup membingungkan. Pasalnya, ruangan ini harus tampil cantik maksimal supaya lebih trendy.

Model plafon ruang tamu minimalis sederhana biasanya mengaplikasikan warna putih. Karena sifatnya yang simpel tetapi elegan.

Warna netral lebih tepat jika dikombinasikan dengan perabot yang sedikit lebih ramai. Sebagai contoh, penggunaan karpet bulu dengan size besar, tungku perapian hingga penempatan beberapa rak buku.

Pantulan sinar mentari masuk dalam ruang tamu dapat memaksimalkan penerangan. Seperti tertera pada gambar, suasana ruangan semakin hidup dan hangat dibantu beberapa lampu plafon.

Tak hanya untuk ruang tamu, model plafon ruang tamu elegan ini juga tampak keren buat ruang keluarga.

Pemasangan plafon sebaiknya disesuaikan dengan tinggi rendahnya atap karena berpengaruh pada ruang sempit.

9. Model Plafon Ruang Tamu 4×4

Semua orang tentu menginginkan tampilan menarik untuk rumahnya. Bukan hanya pada ruang tamu, tetapi dari teras depan hingga bagian belakang rumah.

Model plafon perlu dipertimbangkan matang-matang untuk hasil yang memuaskan. Ukuran ruang mungil tidak jadi kendala dalam membangun desain atap minimalis.

Plafon ruang tamu akan berkesan sederhana jika mampu menggabungkan warna, material dan tekstur. Ketepatan ini sangat berpengaruh terhadap suasana yang diciptakan.

Bisa kita lihat pada gambar diatas bahwa menggunakan warna soft atau kalem memancarkan kesan hangat namun sangat elegan.

Dengan ukuran 4×4 meter, ruang tamu bisa diisi dengan sofa model panjang agar tampak estetis.

10. Plafon Bertingkat

Plafon ruang tamu elegan bertingkat adalah model terbaik untuk ruang tamu di rumah.

Model bertingkat bisa jadi pilihan sebagai alternatif plafon konvensional atau datar. Plafon bertingkat satu ini tampak elegan dan cocok untuk ruang minimalis.

Untuk menambah daya tarik, gunakan lampu yang memancar di sela-sela plafon tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa model plafon ruang tamu elegan dan minimalis yang bisa Anda jadikan refensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #plafon ruang tamu    #plafon elegan    #rumah    #model rumah    #model plafon    #ruang tamu   

Baca Juga