Plot Twist (Dok: Parboaboa)

Mengenal Apa Itu Plot Twist Lengkap dengan Contohnya

Sondang | Hiburan | 25-07-2022

PARBOABOA – Pernahkah kamu menonton film dengan ending yang tidak terduga? Jika ya, artinya film tersebut menggunakan alur plot twist.

Hal inilah yang terkadang membuat para penonton kecewa karena iringan ceritanya keluar dari konsep yang diharapkan. Namun, tak sedikit juga orang yang dibuat tertarik dengan adanya plot twist ini. Plot twist membuat orang semakin penasaran dan terus mengikuti alur cerita hingga akhir.

Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita kulik lebih dalam tentang plot twist lengkap dengan contohnya. So, simak hingga tuntas ya!

Apa Itu Plot Twist?

Dalam dunia sastra, film, televisi, dan bahkan video game, plot twist adalah sebuah kejadian atau pergantian peristiwa yang tidak terduga dalam cerita. Hal ini bertujuan mengubah arah atau hasil plot yang telah dibangun dari awal cerita.

Plot twist merupakan salah satu teknik naratif yang populer dan sering digunakan dalam fiksi. Cara ini dirancang untuk mengacaukan hal-hal dalam sebuah cerita yang telah penonton ketahui atau pahami. Penulis akan "memelintirkan" plot dengan memberi kejutan yang tidak terduga melalui detail peristiwa sebelumnya.

Meskipun kadang terkesan aneh dan tidak logis, namun inilah yang menjadi daya tarik dari unsur plot twist cerita. Tanpa menambahkan unsur ini, cerita yang disajikan mungkin akan terlihat kaku dan membosankan. Maka tak heran jika banyak novel atau film yang menggunakan plot twist sebagai daya tarik bagi pembaca dan penonton.

Jenis Jenis Plot Twist

Setelah mengetahui pengertian plot twist, mari kita beralih ke jenis-jenis plot twist yang sering digunakan oleh penulis atau pembuat film. Jenis plot twist ini terdiri dari plot twist klasik, plot twist tengah, dan plot twist ganda. Ketiganya memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri yang wajib kamu ketahui.

Plot twist klasik

Pertama, plot twist klasik adalah jenis plot yang sudah diperlihatkan sejak awal atau sepanjang cerita. Sederhananya, plot twist klasik sudah diramalkan atau disebutkan dari awal, namun dibuat agar tidak mudah ditangkap dan disadari oleh pembaca maupun penonton.

Keberhasilan plot twist ini bergantung pada perencanaan yang cermat dan eksekusi yang jelas dan tepat. Hingga akhirnya, twist klasik yang sudah disebutkan di awal akan muncul kembali di akhir cerita untuk memperjelas maksud dari plot twist yang dibuat oleh penulis atau produser film.

Biasanya, pembaca atau penonton akan mengetahui karakter asli dari tokoh yang diceritakan, atau menyadari inti dari kisah yang diceritakan. Inilah yang membuat pembaca atau penonton penasaran sehingga mengikuti alur cerita untuk memastikan twist apa yang dimaksud penulis sejak awal.

Plot twist tengah

Berikutnya adalah jenis plot twist tengah atau sering disebut mid plot twist. Plot twist tengah adalah jenis twist yang diletakkan di tengah-tengah cerita. Karena dilibatkan dalam struktur cerita, maka mid twist harus mengubah arah atau perspektif plot.

Biasanya, di awal penulis atau pembuat film akan menyajikan alur dan sifat tokoh yang cukup terpercaya. Di mana para pembaca dan penonton akan memihak pada tokoh tersebut.

Namun, di tengah-tengah cerita, pembaca dan penonton akan menyadari bahwa selama ini karakter tokoh tersebut menjadi dalang atau melakukan hal buruk yang mempengaruhi persepsi para pembaca dan penonton terhadapnya. Ini salah satu contoh plot twist tengah yang kerap digunakan untuk membuat kisah cerita semakin menarik.

Plot twist ganda

Terakhir adalah jenis double plot twist atau plot twist ganda. Sesuai dengan namanya, plot twist ganda adalah jenis twist yang dimunculkan dua kali dalam alur. Biasanya, twist pertama akan membuat pembaca dan penonton mengerti dan menebak arah cerita, namun ternyata ini hanya berupa alur yang diarahkan pada twist kedua nantinya.

Dibandingkan jenis twist lainnya, plot twist ganda lebih sulit dipahami karena harus menghubungkan dua twist yang bertolak belakang. Namun, hal ini cukup efektif untuk mengelabui pembaca dan penonton dalam menebak arah alur cerita.

Rekomendasi Film Plot Twist

Nah, kini saatnya kita membahas rekomendasi film plot twist yang wajib buat kau tonton. Ada banyak film plot twist terbaik, bahkan di antaranya pun berhasil memenangkan kategori Best Picture di berbagai penghargaan.

Berikut beberapa rekomendasi film plot twist terbaik:

1. Parasite (2019)

2. Us (2019)

3. Coco (2017)

4. Gone Girl (2014)

5. Arrival (2016)

6. Knives Out (2019)

7. Searching (2018)

8. Now You See Me (2013)

9. Scream (1996)

10. The Others (2001)

11. Saw (2004)

12. Shutter Island (2010)

Nah, segitu dulu ya seputar informasi terkait apa itu plot twist lengkap dengan contohnya. Buat kamu yang menyukai alur plot twist ini, bisa nih langsung kepoin rekomendasi film plot twist di atas.

Tag : #plot twist    #film    #hiburan    #cerita    #alur cerita    #novel    #fiksi   

Baca Juga