Pohon terbesar di dunia (Foto: okezone.com)

7 Pohon Terbesar di Dunia, Top 1 Usianya 2700 Tahun!

Wulan | Hiburan | 16-08-2022

PARBOABOA – Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mendengar tentang General Sherman Tree, tumbuhan giant sequoia yang tercatat sebagai pohon terbesar di dunia.

Ada banyak sekali ukuran untuk menentukan pohon terbesar di dunia. General Sherman sendiri diukur berdasarkan volume batang yang dimilikinya. Namun, ada juga yang diukur berdasarkan luas tanah yang ditempati akarnya atau luas cakupan batang sekundernya.

Selain General Sherman Tree, masih ada lho pohon yang terdaftar sebagai pohon terbesar di dunia. Pohon terbesar tersebut sangat unik dengan batang yang berukuran raksasa dan tinggi hingga puluhan meter, bahkan ratusan meter. Apa saja ya? Yuk simak!

7. Queets Spruce

Pohon yang diberi nama Queets Spruce ini merupakan spesies tanaman Sitka spruce (Picea sitchensis) yang tumbuh subur di Olympic National Park, Amerika Serikat. Dilansir Outdoor Project, tanaman ini memiliki volume batang mencapai 337 meter kubik.

Pohon ini mampu tumbuh di lereng pegunungan Olympic bagian barat yang disebut sebagai daerah paling basah di Amerika Serikat. Adapun lokasi tumbuh Queets Spruce biasanya di dekata bantaran Sungai Queets dan pertemuan Sungai Sams yang menjadikannya senantiasa subur.

Oleh sebab itu, pohon ini juga merajai spesiesnya dengan tinggi mencapai 75,59 meter.

6. Red Creek Fir

Berikutnya ada pohon coast douglas-fir (Pseudotsuga menziesii) yang diberi nama Red Creek Fir sebagai pohon terbesar di dunia. Letaknya tanaman ini berada di San Juan Valley, Vancouver Island, British Columbia, Kanada. Red Creek Fir memiliki volume batang 349 meter kubik yang menjadikannya pohon douglas fir terbesar di dunia.

Sayangnya, Red Creek Fir diketahui belum mendapatkan perlindungan resmi dari pemerintah. Sejumlah proposal untuk menyematkan status 'dilindungi' pada pohon besar ini sudah dilakukan, namun hal tersebut belum dikabulkan.

5. Two Towers

Dilansir Monumental Trees, Two Towers merupakan pohon mountain ash (Eucalyptus regnans) dengan volume batang 358 meter kubik yang dimiliki Tasmania, Australia. Lokasi tepat tanaman ini berada di Styx, Styx Valley.

Berdasarkan hasil laporan National Register of Big Trees, tinggi pohon ini sekitar 77 meter. Diketahui, Pohon Two Towers ditanam sekitar tahun 1721—1821 atau jika dihitung usianya sekitar 300—400 tahun. Lama banget ya!

4. Cheewhat Giant

Di posisi keempat ada pohon Cheewhat Giant, raksasa dari spesies Western red cedar (Thuja plicata) kepunyaan Pacific Rim National Park Reserve, Vancouver Island, British Columbia, Kanada. Pohon ini juga dikenal dengan nama Cheewhat Lake Cedar.

Cheewhat Giant pertama kali ditemukan pada 1988. Adapun nama dari pohon ini diambil dari Danau Cheewhat yang tepat berada di dekatnya. Tanaman ini juga tercatat sebagai Western redcedar terbesar yang masih hidup setelah Quinault Lake Cedar mati di 2016 lalu.

3. Tane Mahuta

Pohon terbesar ketiga di dunia adalah Tāne Mahuta. Ini merupakan spesies pohon kauri (Agathis australis) yang berada di Hutan Waipoua, Northland, Selandia Baru. Volume batang pohon ini diketahui mencapai 516 meter kubik.

Tāne Mahuta juga dikenal sebagai God of the Forest atau Dewa Hutan, sebab namanya memang terinspirasi dari dewa hutan dan unggas suku Maori. Usia pohon ini diperkirakan mencapai 1250—2500 tahun. Lebih istimewa lagi, pohon ini adalah sisa hutan hujan subtropis purba yang pernah tumbuh di Semenanjung Auckland Utara.

2. Grogan's Fault

Pohon ini dikenal dengan nama Grogan's Fault, Spartan, atau Juggernaut. Lokasinya berada di Redwood National Park, Amerika Serikat. ini menjadi pohon coast redwood (Sequoia sempervirens) dengan volume terbesar yang pernah ditemukan.

Grogan's Fault juga bergelar sebagai pohon terbesar kedua di Jedediah Smith Redwoods State Park berdasarkan ukuran batang tunggal yang dimilikinya. Sampai saat ini tidak ada yang mampu ukurannya kecuali General Sherman Tree.

1. The General Sherman Tree

General Sherman Tree adalah tumbuhan giant sequoia (Sequoiadendron giganteum) yang tercatat sebagai pohon terbesar di dunia berdasar volume yang masih hidup hingga saat ini. Pohon ini memiliki diameter batang 11 meter, tinggi 83,8 meter, dan volume 1487 meter kubik.

Pohon ini dapat tumbuh menjulang di Giant Forest of Sequoia National Park in Tulare County, California, Amerika Serikat. Selain berukuran raksasa, tanaman ini juga termasuk salah satu pohon tertua di dunia dengan usia sekitar 2300-2700 tahun.

Itulah 5 dari sekian banyak pohon terbesar di dunia. Sebaiknya kita jaga kelestariannya, ya demi kehidupan di Bumi yang lebih sehat!

Tag : #terbesar    #pohon terbesar    #hiburan    #the general sherman tree    #grogans fault    #tane Mahuta    #cheewhat giant    #two towers   

Baca Juga