5 juara liga top Eropa (Dok. Parboaboa)

Poin Akhir yang Diraih Juara 5 Liga Top Eropa: Liverpool Bisa Juara di Italia dan Spanyol

Michael | Sepakbola | 24-05-2022

PARBOABOA – Musim 2021/2022 hanya menyisakan pertandingan final Liga Champions dan UEFA Conference League. Lima liga top Eropa telah usai dan para juara telah berhasil di dapatkan.

AC Milan berhasil menyudahi puasa gelar Scudetto selama 11 tahun. Milan memastikan gelar juara Liga Italia musim 2021/2022 usai menang 3-0 atas Sassuolo pada pekan terakhir yang dimainkan di Mapei Stadium, Minggu (22/5/2022) malam WIB.

Di Inggris, kemenangan Liverpool saat melawan Wolverhampton terasa tidak berarti. Sebab, di laga lain, Manchester City mampu membalikkan kedudukan dari tertinggal 2-0 menjadi menang 3-2 saat menjamu Aston Villa di Etihad Stadium.

Liverpool harus puas berada di posisi kedua klasemen akhir Liga Inggris 2021/2022. Menariknya, dengan torehan 92 poin yang diraih, The Reds memiliki poin lebih banyak dari Juara Italia, Spanyol, Prancis, dan Jerman.

Lantas, berapa poin yang berhasil didapat para juara liga top Eropa? Simak selengkapnya di bawah ini.

Liga Prancis (Ligue 1)

PSG merebut gelar juara Ligue 1 setelah musim lalu diraih Lille. PSG bisa disebut tidak punya kendala yang sulit di musim ini. Materi pemain mereka jauh di atas klub Liga Prancis lain, terutama dengan kedatangan Lionel Messi di awal musim.

PSG mendapatkan 86 poin dari 38 laga yang dimainkan. PSG hanya empat kali merasakan kekalahan yakni saat berjumpa Monaco, Nice, Nantes, dan Rennes. PSG unggul 15 poin dari Marseille yang ada di posisi kedua.

Liga Spanyol (La Liga)

Real Madrid sukses mengamankan gelar juara Liga Spanyol musim 2021/2022. Madrid menutup musim dengan raihan 86 poin. Real Madrid banyak kehilangan poin pada pekan-pekan akhir Liga Spanyol.

Real Madrid memastikan gelar Liga Spanyol pada pekan ke-34. Setelah itu, Madrid lebih fokus ke Liga Champions. Madrid hanya sekali menang pada empat laga terakhir. Madrid unggul 13 poin dari Barcelona di posisi kedua.

Liga Jerman (Bundesliga)

Bayern Munchen meraih 77 poin untuk memastikan diri sebagai penguasa Liga Jerman 2021/2022. Jumlah poin yang didapat Die Roten paling sedikit jika dibandinkan dengan juara liga top Eropa lainnya. Tapi, Bayern hanya memainkan 34 pertandingan.

Bayern unggul delapan poin dari Dortmund yang berada di posisi kedua. Musim lalu, Bayern mendapat 78 poin, unggul 13 poin dari RB Leipzig yang menjadi runner-up. Bayern musim ini lima kali kalah dan musim lalu hanya empat kali kalah.

Liga Italia (Serie A)

Persaingan Liga Italia musim 2021/2022 sangat seru. Tidak ada Juventus. Tapi, duo Milain harus bersaing hingga pekan terakhir. AC Milan akhirnya meraih Scudetto usai mendapatkan 86 poin, unggul dua poin lebih banyak dari Inter yang menjadi runner-up.

AC Milan dan Inter Milan sama-sama empat kali kalah di musim ini. Bedanya, Milan mampu meraih 26 kemenangan dan Inter berhasil menang 25 pertandingan. Sementara, musim lalu, Nerazzurri menjadi juara dengan raihan 91 poin.

Liga Inggris (Premier League)

Seperti di Liga Italia, juara Liga Inggris juga ditentukan pada pekan ke-38. Bedanya, Manchester City butuh 93 poin untuk menjadi juara. Man City punya tujuh poin lebih banyak dibanding Rossoneri.

Manchester City unggul satu poin dari Liverpool yang berada di peringkat kedua. Musim 2021/2022, Liverpool terlalu sering bermain imbang (8) kali sehingga kalah bersaing dengan Manchester City yang sebenarnya lebih sering kalah (3 berbanding 2 dengan Liverpool).
 

Tag : #manchester city    #liverpool    #sepakbola    #ac milan    #psg    #bayern munchen    #real madrid    #liga inggris    #liga italia    #liga spanyol   

Baca Juga