parboaboa

Polda Metro Jaya Kerahkan 23 Ribu Personel Amankan Perayaan Tahun Baru 2023

Sondang | Rumah | 31-12-2022

Polda Metro Jaya akan mengerahkan 23 ribu personel untuk mengamankan perayaan malam tahun baru 2023. (Foto: instagram @endrazulpan)

PARBOABOA, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Endra Zulpan mengatakan, Polda Metro Jaya akan mengerahkan 23 ribu personel untuk mengamankan perayaan malam tahun baru 2023.

"Jadi kekuatan yang akan diturunkan mulai sore sudah diapelkan jam 4 sore itu turun ke lapangan 23 ribu personel," ujar Zulpan saat dihubungi, Sabtu (31/12/2022).

Zulpan menjelaskan, semua personel polisi yang bertugas nantinya bakal menggunakan seragam agar masyarakat lebih mudah mengenali polisi jika membutuhkan bantuan dan merasa aman saat mengikuti perayaan tahun baru.

"Jadi polisi berseragam, walaupun dia bertugas di unit reserse, ya dia diperintahkan Kapolda menggunakan pakaian dinas, pakaian seragam. Jadi itu penekanannya paling penting. Artinya, biar masyarakat tahu tentang kehadiran sosok polisi di tengah-tengah masyarakat," ujar Zulpan.

"Memang ada polisi tidak berseragam, tapi itu adalah anggota yang memang memiliki kepentingan khusus, jumlahnya tidak banyak," sambungnya.

Zulpan menyebut 23 ribu personel itu bakal disebar di sejumlah titik kerumunan massa. Penutupan arus lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya juga dilakukan situasional.

"Lalin ditutup nanti, jamnya saya kurang paham nih, tapi nanti mendekatlah, mendekat pergantian tahun, tapi bukan berarti nanti, situasional kalau lalin ya, situasional untuk penutupan lalin," kata Zulpan.

Zulpan juga mengatakan kawasan Monas, yang semula dikabarkan ditutup pada malam tahun baru, akan dibuka secara terbatas. Namun dia menegaskan tak ada panggung hiburan di kawasan Monas.

"Monas, yang sebelumnya itu dikatakan ditutup, ternyata Monas dibuka, tapi memang ada jam operasional mulai 6 pagi sampai 1 pagi, memang terbatas sih. Kemarin atensi Pak Gubernur, Monas sampai jam 01.00, tapi tidak dibuka untuk panggung hiburan, hanya agar masyarakat bisa masuk gitu ya ke kawasan Monas," tutur Zulpan.

Kawasan Monas dibuka mulai 06.00 WIB hingga 01.00 WIB. Tugu Monas diketahui akan dibuka hingga pukul 16.00 WIB. Selanjutnya, akan ada atraksi lampu warna-warni dan diselingi air mancur menari mulai pukul 18.00 WIB.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakartamenyiapkan tujuh panggung festival di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sampai MH Thamrin untuk merayakan pergantian Tahun Baru 2023. Seluruhnya bakal digelar hingga pukul 01.00 WIB.

Pertama, festival 'Malam Muda Mudi dan Instalasi Lampu' di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman dan Seumenep Promenade. Titik perayaan kedua, enam lokasi malam tahun baru di wilayah Kota Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Titik perayaan ketiga, festival malam tahun baru 2023 di TMII, Jakarta Timur. Titik perayaan keempat, yakni perayaan 'Street Art Performance dan Kembang Api' di Ancol, Jakarta Utara, khususnya di Pantai Lagoon dan Pantai Festival.

Titik perayaan kelima adalah atraksi air mancur dan lampu warna-warni di Monas, Jakarta Pusat. Titik perayaan keenam ialah atraksi berbagai komunitas di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Editor: -

Tag: #Polda Metro Jaya    #Tahun Baru    #Metropolitan    #Perayaan Tahun Baru    #DKI Jakarta   

BACA JUGA

BERITA TERBARU