Profil dan Biodata Pongki Barata (Dok. Instagram/@pongki_barata)

Profil dan Biodata Pongki Barata Pencipta Lagu Aku Milikmu Malam Ini, Lengkap Perjalanan Karir, Agama, Pendidikan dan Karyanya

Olivia | Biografi | 09-06-2022

PARBOABOA – Pongki Barata memilih hengkang dari band yang telah membesarkan namanya, Jikustik di tahun 2011. Kemudian memutuskan bergabung dengan The Dance Company, bersama Ariyo Wahab, Nugie dan Baim.

Dilansir dari video YouTube milik Rian Ekky Pradipta, Pongki mengungkapkan adanya perbedaan visi-misi yang menyebabkan dirinya keluar dari band itu. Meski memiliki pengruh yang cukup besar akan band tersebut, prinsip yang berbeda antar personel menjadi batu sandungan.

Selain itu, lokasi setiap personel yang berjauhan menjadi salah satu alasannya. Dan dirinya juga mengakui sejak tahun 2009 sudah tidak 100% fokus bersama Jikustik Karena berduet dengan sang istri dan menerima banyak pekerjaan yang lain.

Ingin kenal lebih dekat sosok musikus ini? Berikut profil dan biodata lengkap dari Pongki Barata.

Profil Pongki Barata

Pemilik nama lengkap Stefanus Pongki Tri Barata lahir di Pontianak, 16 November 1977 merupakan seorang musikus dan aktor berkebangsaan Indonesia. Pria asal Yogyakarta ini adalah bungsu dari tiga bersaudara.

Hingga artikel ini diterbitkan, tidak banyak informasi seputar orang tua dan saudara kandung musikus itu. Agama Pongki Barata dan keluarga adalah Kristen.

Diketahui, pria berusia 44 tahun ini menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Bahasa Inggris, Universitas Sanata Dharma.  Dan pada 1 Maret 2003, Pongki resmi menikahi presenter cantik bernaman Sophie Navita yang merupakan kakak dari Lea Simanjuntak.

Dari pernikahannya tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak, yakni Rangga Namora Putra Barata dan Radya Tuaro Putra Barata. Kini putra sulungnya tersebut telah tumbuh dewasa dan terlihat karismatik sperti sang ayah.

Pongki dan Sophie yang telah menikah selama 19 tahun, jauh dari isu miring. Keduanya kerap mengunggah potret kebersamaan melalui sosial media massing-masing.

Perjalanan Karir Pongki Barata

Mengawali karir sebagai penyanyi dan membentuk grup band bernama Jikustik, pria berzodiak Scorpio ini telah merilis 8 album hingga tahun 2006. Dirinya juga dikenal sebagai pencipta lagu bagi penyanyi-penyanyi lainnya.

Beberapa dari musisi besar Indonesia membawakan lagu ciptaanya, seperti Puput Melati, Audy, Iwan Fals dan bahkan penyanyi asal negeri jiran, Siti Nurhaliza. Semua hasil karyanya tersebut selalu berhasil mencuri perhatian para penikmat musik tanah air.

Salah satu lagu Pongki Barata yang dibawakan penyanyi lainnya adalah Pongki Barata Aku Milikmu Malam ini.

Hengkang dari Jikusti, membuat dirinya kini tampil solo, meski beberapa kali tampil dengan band barunya The Dance Company.

Di bulan Agustus 2014, bapak dua anak ini kembali merilis album kompilasi keduanya yang bertajuk Pongki Barata Meets The Star. Tidak hanya dirinya, dia juga mengajak Blink, Kotak, Tulus, Mike Mohede dan yang lain untuk berkolaborasi pada album tersebut.

Tidak hanya menjajah dunia tarik suara, suami Sophie Navita itu juga mencoba peruntungan dengan bermain dibeberapa judul film. Salah satu judul film yang pernah dibintanginya adalah Nada untuk Asa yang rilis pada tahun 2015.

Kini dirinya tengah disibukkan dengan membuat konten video musik yang akan diunggah di kanal YouTube-nya itu.

Biodata Pongki Barata

Nama Lengkap: Stefanus Pongki Tri Barata
Nama Panggung: Pongki Barata
Tempat, tanggal lahir: Pontianak, 16 November 1977
Zodiak: Scorpio
Agama: Kristen
Kebangsaan: Indonesia
Pekerjaan: Musikus, Aktor
Tahun aktif: 1996 – sekarang
Nama Istri: Sophie Navita
Nama Anak: Rangga Namora Putra Barata dan Radya Tuaro Putra Barat
Pendidikan: Universitas Sanata Dharma, lulusan Bahasa Inggris
Grup Band: Jikustik (lepas di tahun 2011), The Dance Company
Instagram: @pongki_barata
Twitter: @pongkibarata
YouTube: Pongki Barata Songs

Album Pongki Barata

Bersama Jikustik

2000: Seribu Tahun
2002: Perjalanan Panjang
2003: Sepanjang Musim, Pagi
2005: Kumpulan Terbaik Jikustik
2006: Siang
2008: Malam

Bersama The Dance Company

2009: The Dance Company
2013: Happy Together

Solo

2011: Sunrise
2016: Rahasia
2020: Season

Proyek

2014: Pongki Barata Meets The Stars

Film Pongki Barata

2013: Romantini
2015: Nada untuk Asa, Anak Kos Dodol

Acara Televisi Pongki Barata

Celebrity Lipsync Battle Indonesia

Nah, itulah seputar profil dan biodata dari penyanyi sekaligus pencipta lagu Pongki Barata. Kamu juga bisa menemukan berita seputar selebritis lainnya di Parboaboa.

Tag : #pongki barata    #penyanyi    #biografi    #Jikustik    #The Dance Company   

Baca Juga