Airlangga Hartarto mengumumkan perpanjangan PPKM untuk wilayah di luar pulau Jawa dan Bali. (dok Tribunnews)

PPKM Luar Jawa dan Bali Kembali Diperpanjang

Rini | Kesehatan | 06-12-2021

PARBOABOA, Jakarta - Pemerintah kembali mengeluarkan pengumuman yang berisi perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Melalui siaran di akun YouTube Sekretariat Presiden, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan PPKM Luar Jawa dan Bali diperpanjang mulai tanggal 7-23 Desember mendatang.

Melalui hasil pelaksanaan PPKM hingga Senin (6/12) terdapat banyak daerah yang berhasil menurunkan jumlah pasien positif Covid-19 dan turun status menjadi daerah pelaksana PPKM Level 1.

Saat ini tercatat sebanyak 129 daerah telah berstatus PPKM level 1, padahal sebelumnya hanya ada 51 daerah. Untuk PPKM level 2 saat ini ada 175 daerah di 193 Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk level 3 hanya tersisa 64 Kabupaten/Kota.

"Dan level 4 nol kabupaten/kota," ucap Airlangga.

Meskipun kasus positif Covid-19 di Indonesua terus menurun, Airlangga kembali mengingatakan masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Terlebih untuk 9 provinsi dengan tingkat vaksinasi rendah dan masih berada di bawah 50 persen yaitu: Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Tenggara, Aceh dan Papua.

Perkembangan penanganan kasus Covid-19 di Indonesia per 5 Desember 2021 tercatat ada 7.526 kasus aktif atau 0,18% dari kasus global. Jumlah tersebut masih di bawah rata-rata kasus global.

"Ini juga mengartikan kasus aktif di Indonesia menginjak angka 0,18 dari kasus global dan di bawah rata-rata global yang 7,91 dan dari puncak sudah turun 98,69,” pungkasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru, pemerintah akan memberlakukan PPKM Level 3 di seluruh daerah, sehingga kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan akan dibatasi dan hanya dapat diikuti 50 orang.

Evaluasi PPKM akan kembali dilakukan dua minggu mendatang untuk melihat pertambahan atau pengurangan kasus positif di setiap daerah.

Tag : #covid19    #ppkm    #hasil evaluasi ppkm    #perpanjangan ppkm    #airlangga    #kesehatan   

Baca Juga