Prabowo Dukung Sistem Proporsional Terbuka pada Pemilu 2024

Michael Siburian | Politik | 07-01-2023

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto lebih memilih sistem proporsional terbuka untuk Pemilu 2024 mendatang (Foto: Instagram/@prabowo)

PARBOABOA, Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendukung sistem proporsional terbuka diterapkan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Prabowo usai meresmikan kantor Badan Pemenangan Presiden DPP Partai Gerindra di wilayah Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (07/01/2023).

"Kita semua seluruh anggota menghendaki terbuka, karena lebih banyak kemungkinan keterwakilan jadi umpama di satu dapil ada enam calon di satu partai, bisa mewakili ada yang perempuan ada yang pemuda, ada yang ulama, ada yang buruh, ada yang petani," kata Prabowo.

Oleh karena itu, Prabowo menyebut bahwa sistem proporsional terbuka lebih demokratis dibandingkan dengan yang tertutup. Menurutnya, penggunaan sistem proporsional tertutup bisa membatasi pemilih untuk menentukan wakil rakyat pilihannya,

"Nanti kalau tertutup ya DPP yang menentukan, bukan rakyat dari bawah," ucap mantan menantu Presiden RI ke-2 Soeharto tersebut.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyebut bahwa ada kemungkinan sistem proporsional tertutup akan diterapkan pada Pemilu 2024. Sebab, saat ini MK sedang memproses uji materi soal Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terkait proporsional terbuka.

"Jadi kira-kira bisa diprediksi atau nggak putusan Mahkamah Konstitusi ke depan? Ada kemungkinan, saya belum berani berspekulasi, ada kemungkinan kembali ke sistem proporsional daftar calon tertutup," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Editor : -

Tag : #pemilu 2024    #prabowo subianto    #politik    #sistem proporsional terbuka    #partai gerindra    #jakarta   

BACA JUGA