Pratama Arhan resmi bergabung dengan klub Jepang, Tokyo Verdy (Foto: Goal.com)

Pratama Arhan Resmi Direkrut Klub Jepang Tokyo Verdy

Michael | Sepakbola | 16-02-2022

Parboaboa.com – Bek Timnas Indonesia resmi diperkenalkan sebagai pemain dari klub J.League, Tokyo Verdy. Pemain tersebut adalah Pratama Arhan, yang memang dalam beberapa pekan terakhir dikabarkan menuju klub luar negeri setelah penampilan gemilang bersama timnas di Piala AFF 2020.

Arhan membuka peluang bermain di luar negeri setelah kabar ketertarikan dari Korea Selatan, hingga Thailand. Namun, bek yang merekah bersama PSIS Semarang itu ternyata menempatkan pilihan untuk membela klub J2.League (kasta kedua kompetisi Liga Jepang), Tokyo Verdy.

Dengan demikian, Arhan menjadi pemain keempat dari Indonesia yang bisa mencicipi kompetisi Jepang. Sebelumnya ada Ricky Yacobi yang direkrut Matsushita Electric FC (sekarang Gamba Osaka), lalu Irfan Bachdim, dan kemudian Stefano Lilipaly.

Irfan mulai bermain di Jepang pada 2014, kala itu bersama Ventforet Kofu. Namun di klub tersebut, Irfan Bachdim tidak pernah dapat kesempatan bermain. Pada 2015, datang tawaran dari Consadole Sapporo, dan turut serta merasakan promosi ke J1.League.

Sementara untuk Stefano, atau Fano, ia juga bermain di Consadole Sapporo. Tapi karier Fano di sana tidak begitu baik hingga akhirnya kembali ke kompetisi Belanda untuk membela Telstar, sebelum akhirnya merumput di Indonesia bersama Bali United pada tahun 2017.

Pengumuman Resmi Tokyo Verdy

Melalui laman resmi mereka, Tokyo Verdy menjelaskan bahwa Pratama Arhan didatangkan secara permanen oleh klub dari PSIS Semarang. Tidak dijelaskan durasi kontrak Arhan, namun diperkirakan selama satu musim ke depan.

Rasa antusias tentu diungkapkan Arhan untuk memulai lembaran baru kariernya di luar negeri. Pemain asal Blora, Jawa Tengah ini punya ambisi membawa Tokyo Verdy merasakan kembali J1 League.

"Halo semuanya saya Pratama Arhan bek kiri tim nasional Indonesia. Saya sangat senang bisa bergabung dengan Tokyo Verdy, salah satu klub tersukses di Liga Jepang," ucap Arhan lewat video perkenalan dirinya.

"Saya akan berjuang maksimal untuk Verdy yang akan memperjuangkan kelasnya kembali ke kasta tertinggi di Liga Jepang, dengan kecepatan saya di sisi kiri, crossing, suplai bola dan lemparan throw in jauh ke dalam kotak penalti."

"Saya memohon dukungan kepada semuanya, perjuanga saya di sini dan tim. Saya berjanji akan memberikan 100 persen konsistensi saya," tandas pemain kelahiran 21 Desember 2001 tersebut.

Masih Berada di Indonesia

Pratama Arhan diketahui masih berada di Indonesia setelah ia batal tampil pada Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, lantaran timnas Indonesia U-23 mundur akibat kasus Covid-19 yang menyerang skuad. Arhan berada di Bali bersama PSIS Semarang, klubnya di Liga 1.

Pelatih PSIS, Dragan Djukanovic, menyebut Arhan sedang menjalani pemulihan cedera makanya ia belum juga dimainkan, termasuk pada laga kontra Persib Bandung, 15 Februari. Hanya saja, Arhan masuk daftar susunan pemain sebagai pemain cadangan, meski tidak mencatatkan menit bermain.
 

Tag : #pratama arhan    #pemain indonesia di luar negeri    #PSIS Semarang    #timnas indonesia    #Tokyo Verdy   

Baca Juga