Potret saat Jakarta tenggelam.

Prediksi Akan Tenggelam, 3 Penelitian Ini Jelaskan Kemungkinan Jakarta di 10 Tahun Mendatang

sondang | Internasional | 03-08-2021

PARBOABOA,Jakarta Joe Biden, Presiden Amerika Serikat (AS) menyorot kondisi ibu kota Indonesia, Jakarta. Ia mengungkap bahwa Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Namun, proyeksi Jakarta akan tenggelam bukanlah hal baru. Ada tiga laporan tentang Jakarta akan tenggelam dari peneliti, berikut penjelasannya.

1. Nature Communication

Pada 29 Oktober 2019 dirilis hasil penelitian penelitian Nature Communication yang menyebutkan bahwa beberapa negara, salah satunya Indonesia, bakal tenggelam pada 2050. Menurut penelitian itu, permukaan laut akan mengalami kenaikan 30 sampai 50 cm, yang tak lain merupakan dampak dari perubahan iklim

2. Penelitian Belanda

Peneliti dari Belanda mengungkap risiko kota-kota di Asia Tenggara bakal tenggelam apabila tidak ada tindakan pencegahan.

Dilaporkan BBC, Gilles Erkens dari Deltares Research Institute di Utrecht berkata bagian-bagian dari Jakarta, Ho Chi Minh City, Bangkok, dan kota pesisir lainnya bisa tenggelam ke bawah level laut.

Dua faktor yang ia sorot adalah penurunan muka tanah dan kenaikan level laut. Keduanya menyebabkan banjir yang lebih besar dan lama.

3. Ahli Hidrologi

Ahli hidrologi mengatakan Jakarta hanya memiliki 10 tahun saja untuk mencegah penenggelaman. Bila gagal, warga pertama yang terdampak berasal dari utara Jakarta.

Tag : #bencana-alam    #daerah    #nasional   

Baca Juga