Presiden Jokowi bertemu sejumlah seniman di Istana Bogor (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Undang Sejumlah Seniman Senior Untuk Bicara Soal IKN

Rini | Nasional | 24-02-2022

PARBOABOA, Jakarta - Pembangunan Ibu Kota Negara yang baru di Kalimantan Timur menjadi salah fokus utama pemerintah di tahun 2022 ini. IKN yang diberi nama Nusantara ini rencananya akan rampung pada tahun 2024 mendatang. Sejumlah langkah persiapan pembangunan ini telah dilakukan termasuk penandatanganan UU IKN oleh Presiden Jokowi.

Karena proyek IKN ini menyangkut kepentingan seluruh lapoisan masyarakat, Presiden Jokowi kemudian mengundang sejumlah seniman senior di Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu (23/2). Undangan ini dilakukan Presiden untuk mendengar aspirasi dari para pelaku budaya mengena pembangunan IKN ini.

Ada beberapa seniman yang hadir di Istana Negara yaitu Indro Warkop, Samsudin Hardjakusumah alias Sam Bimbo, Ida Rohayani, Sidarto Danusubroto, Ramdani Basri, Widyawati Sophian, Marini Suryosumarno, Hanna Widjaya, Roy Marten, Rita Nasution, Aida Mustafa, Vivi Sumanti, dan Iin Bimbo. Sedangkan Presiden Jokowi terlihat didampingi oleh Mensesneg Pratikno.

Ida Rohayani, seniman senior Indonesia yang telah berkarya sejak masa kecilnya sebagai penyanyi cilik mengungkapkan dukungannya atas pembangunan IKN ini. Menurutnya program ini sangat bagus, sehingga dia berharap seluruh rakyat dapat berwisata ke Kaltim untuk melihat IKN.

"Kita mendukung semua program-programnya Pak Jokowi, terutama program yang ada di Kalimantan, membuat ibu kota baru,” ucap Rohayani, dilansir dari keterangan Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (24/2).

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Samsudin Hardjakusumah salah satu anggota dari grup musik Bimbo yang sudah berkarya di Indonesia sejak tahun 1966 lalu. Samsudin mengatakan jika Bimbo telah mempersiapkan lagu bertema Nusantara.

"Kami dari Bimbo mendukung ibu kota baru di Kalimantan. Sebelum itu jadi pun, kami sudah membuat lagu Bumiku Nusantara," ujar Samsudin.

Mantan dari grup Lawak Warkop DKI yakni Indro yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, juga mengutarakan dukungannya atas pembangunan IKN ini. Indro mengatakan jika pertemuan tersebut adalah sebuah kehormatan untuk dirinya, terlebih lagi pertemuan tersebut memberi berkesempatan untuknya mengungkapkan aspirasinya mengenai ketersediaan sarana dan prasarana kebudayaan di Tanah Air secara langsung kepada Presiden.

"Buat kami ini sebuah hal yang berharga karena kami bisa mengutarakan aspirasi kami sebagai seniman di Indonesia," imbuhnya.

Pembangunan IKN ini merupakan langkah besar Indonesia untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi, menunjukkan keberagaman Indonesia. tentunya semua pihak berharap jika IKN ini setelah selesai dibangun akan membawa dampak positif yang diharapkan termasuk bagi para pekerja seni dan budaya.

Tag : #ikn    #ibu kota negara baru    #presiden jokowi    #istana negara    #nasional   

Baca Juga