Proses meledakkan mobil listrik menggunakan 30 kg dinamit (foto: youtube Pommijätkät )

Tak Sanggup Ganti Baterai, Pria Ini Malah Meledakkan Mobilnya

Sondang | Otomotif | 28-12-2021

PARBOABOA, Finlandia – Dalam pemakaian mobil listrik, baterai menjadi salah satu komponen yang paling mahal. Sebab, baterai harus rutin diganti agar mobil dapat berfungsi dengan baik.

Namun untuk mengganti baterai, pengendara harus merogoh kocek senilai puluhan bahkan ratusan juta. Hal ini membuat kebanyakan pemiliknya mengeluh dan tidak sanggup untuk mengganti baterainya.

Seperti kejadian di Finlandia, seorang pria mengaku kesal usai tak mampu untuk mengganti baterai mobil Tesla Model S miliknya. Ia pun memilih untuk meledakkan mobil tersebut menggunakan dinamit 30 kg.

Menurut informasi, pria bernama Toumas Kataninen sudah memiliki mobil tersebut sejak tahun 2013 silam. Mobil tersebut dapat berjalan sempurna saat awal pembelian.

Hingga menyentuh jarak 1500 km, kode error mulai bermunculan. Ia kemudian membawa mobil itu ke bengkel dealer Tesla dan dicek selama hampir satu bulan. Meski demikian, mobil tersebut tetap tidak bisa diperbaiki.

Pihak dealer Tesla kemudian menyarankan dirinya untuk mengganti baterai mobil tersebut. Untuk melakukan hal itu, Toumas harus menyiapkan uang sebesar lebih dari US$ 22.600 atau sekitar Rp 321 jutaan.

Mendengar hal itu, ia lantas berfikir bahwa harga sebesar itu dapat membeli Model S 2013 bekas lainnya di Finlandia. Dirinya pun emosi dan langsung mengambil mobilnya. Toumas berencana untuk meledakkan seluruh mobil.

"Jadi saya memberi tahu mereka bahwa saya datang untuk mengambil Tesla. Sekarang aku akan meledakkan seluruh mobil," katanya dalam sebuah video.

Dirinya bahkan meminta bantuan dari seorang youtuber bernama Pommijätkät. Mereka kemudian mengatur operasi di sebuah tambang di Jaala, sebuah kota pedesaan kecil di Finlandia Selatan.

Untuk melakukan hal gila ini, keduanya mempertimbangkan faktor-faktor seperti gelombang tekanan besar bahan peledak dan arah ledakan untuk memastikan keamanan.

Video tersebut juga menampilkan boneka CEO Tesla Elon Musk yang dijatuhkan dari helikopter dan diakhiri dengan ledakan yang sangat besar dari Model S.

Pommijätkät bertanya kepada Katainen apa yang lebih baik: Tesla yang berfungsi atau mobil yang meledak dengan dinamit 30 kg?

"Semacam keduanya. Mungkin lebih banyak ledakan," kata pria tersebut.

Tag : #otomotif    #mobil listrik    #tesla    #baterai mobil listrik   

Baca Juga