Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar (Foto: Al Jazeera)

Profil Stadion Piala Dunia 2022 Qatar: Al Bayt Stadium

Michael | Sepakbola | 12-07-2022

PARBOABOA – Al Bayt Stadium merupakan salah satu stadion resmi untuk melangsungkan pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar. Stadion yang berlokasi di kota Al Khor ini sengaja dibangun khusus untuk menyambut kompetisi tertinggi sepak bola di dunia.

Proses pengerjaan Al Bayt Stadium memakan waktu kurang lebih lima tahun, mulai dari akhir tahun 2015 dan baru dibuka secara resmi pada awal tahun 2020. Pembukaannya juga bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional yang diperingati di Qatar.

Al Bayt Stadium terletak di Al Khor, kotamadya di Negara Bagian Qatar. Lokasinya berjarak sekitar 35 km dari Doha.

Meskipun begitu, stadion ini baru melangsungkan pertandingan resmi pertamanya pada bulan November di ajang Arab Cup 2021. Al Bayt Stadium saat itu menjadi tempat berlangsungnya laga pembuka antara Qatar vs Bahrain dan partai final antara Tunisia vs Aljazair.

Al Bayt Stadium belum pernah digunakan oleh tim setempat sebagai kandang atau pertandingan resmi. Stadion ini rencananya baru akan digunakan kembali untuk melangsungkan laga pembuka Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Ekuador.

Stadion ini juga terhubung ke sejumlah sistem transportasi, parkir di lokasi akan mampu menampung 6.000 mobil, 350 bus dan 150 bus/shuttle umum yang datang dan pergi, serta 1.000 taksi dan taksi air.

Di lokasi ini juga akan terdapat hotel-hotel mewah yang menyediakan kamar-kamar dengan balkon yang memberikan pemandangan lapangan sepak bola.

Konsep Megah dengan Sentuhan Lokal

Penamaan stadion ini berpatokan pada tenda yang dahulu digunakan oleh orang-orang nomaden di daerah Qatar dengan sebutan bay al sha’ar. Seusai dengan rujukan namanya, konsep desain stadion ini juga tampak seperti atap tenda raksasa.

Tenda tersebut digunakan oleh orang-orang zaman dahulu untuk melindungi diri mereka dari panas matahari yang menyengat. Oleh karenanya, bagian dalam stadion dilengkapi pendingin di segala penjuru untuk memastikan suhu di dalam tidak terlalu panas.

Konsep tersebut berkembang hingga ke luar stadion. Ruang terbuka hijau, taman, dan danau terhampar luas di sekitar stadion.

Di balik sentuhan lokal tersebut. Al Bayt Stadium merupakan salah satu stadion termegah di Qatar yang dirancang oleh Dar Al-Handasah.

Atap stadionnya bisa terbuka dan tertutup (rectractable roof) yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Kapasitasnya sendiri bisa mencapai 60.000 orang, atau yang terbesar kedua di Piala Dunia 2022 setelah Lusail Iconic Stadium.

Setelah Piala Dunia, kapasitas akan dikonfigurasi ulang menjadi 32.000 kursi. Tempat duduk yang kelebihan tersebut akan dibongkar dan disumbangkan ke negara lain atau ditempatkan pada infrastruktur yang direncanakan untuk Asian Games 2030.

Al Bayt Stadium juga akan menjadi saksi berlangsungnya partai-partai besar yang akan mempertemukan tim-tim kuat di babak penyisihan. Stadion ini juga akan terus digunakan di babak 16 besar, babak 8 besar, dan babak semifinal.

Jadwal Pertandingan di Al Bayt Stadium

  • 21 November 2022, Qatar vs Ekuador (Grup A)
  • 23 November 2022, Maroko vs Kroasia (Grup F)
  • 25 November 2022, Inggris vs Amerika Serikat (Grup B)
  • 27 November 2022, Spanyol vs Jerman (Grup E)
  • 29 November 2022, Belanda vs Qatar (Grup A)
  • 01 Desember 2022, Kosta Rika vs Jerman (Grup E)
  • 04 Desember 2022, Juara Grup B vs Runner up Grup A (Babak 16 besar)
  • 10 Desember 2022, Pemenang pertandingan 51 vs Pemenang pertandingan 52 (Babak 8 besar)
  • 14 Desember 2022, Pemenang pertandingan 59 vs Pemenang pertandingan 60 (Babak semifinal)
     
Tag : #stadion piala dunia 2022    #piala dunia 2022    #sepakbola    #al bayt stadium    #al khor    #qatar    #fifa   

Baca Juga