Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar (Foto: Goal Internasional)

Profil Stadion Piala Dunia 2022 Qatar: Al Janoub Stadium

Michael | Sepakbola | 12-07-2022

PARBOABOA – Al Janoub Stadium adalah salah satu stadion yang terdaftar secara resmi melangsungkan pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar. Dulunya ini bernama Stadion Al-Wakrah, lokasinya berada paling selatan dibandingkan tujuh stadion lainnya.

Pembangunan Al-Janoub Stadium dimulai pada 2014 dan baru selesai pada 16 Mei 2019. Stadion ini berlokasi di Al-Wakrah, Qatar, merupakan stadion kedua yang selesai setelah Stadion Internasional Khalifa.

Stadion ini memiliki kapasitas 40 ribu penonton dan berjarak sekitar 21 km dari ibu kota Qatar, Doha.

Al Janoub Stadium memiliki desain yang istimewa dan unik, serta atap yang dapat dibuka. Didesain oleh arsitek asal Irak, Zaha Hadid, bersama AECOM, keunikan stadion ini sudah tampak jelas dari kejauhan.

Stadion ini juga nyaris terisi penuh ketika menggelar pertandingan resmi dan final. Pertandingan resmi pertama adalah partai final Emir Cup 2019 antara Al Sadd vs Al-Duhail. Selanjutnya, partai final AFC Champions League 2020 antara Persepolis vs Ulsan Hyundai.

Al Janoub Stadium direncanakan untuk menggelar total tujuh pertandingan di Piala Dunia 2022. Rinciannya adalah enam pertandingan di babak penyisihan dan satu pertandingan babak gugur 16 besar.

Desain Sempat Mengundang Kontroversi

Desain stadion yang dirilis Zaha Hadid Architechts sebagai perusahaan yang memenangkan tender pembangunan stadion sempat menuai kontroversi.

Eksterior atap yang bergelombang secara simetris dengan lubang yang terbuka di bagian tengah jadi alasan julukan itu disematkan. Namun, sang arsitek bernama Zaha Hadid membantah anggapan tersebut.

Menurutnya, desain yang digunakan untuk stadion ini terinspirasi dari perahu tradisional bernama Dhow. Perahu ini digunakan oleh mayoritas masyarakat kota Al Wakrah yang pergi mencari ikan dan mutiara di Laut Merah.

Al Janoub Stadium diharapkan dapat mengingatkan sejarah peradaban Al Wakrah yang tidak lepas dari laut. Kota ini bahkan punya julukan sebagai 'Desa Mutiara'.

Stadion ini tidak hanya bisa dinikmati oleh mereka yang akan menyaksikan pertandingan sepak bola.

Beberapa fasilitas lainnya seperti sekolah, masjid, wedding hall, trek sepeda, lintasan kuda, dan lari terseda di kawasan stadion ini. Selain itu tersedia pula restoran, supermarket, gym dan taman yang hijau karena ditumbuhi sekitar 800 pohon baru.

Dengan demikian, masyarakat sekitar dapat merasakan manfaat jangka panjang dari proyek Al Janoub Stadium.

Setelah gelaran Piala Dunia 2022 selesai, Al Janoub Stadium akan menjadi rumah bagi olahraga dan hiburan di Selatan Qatar.

Kapasitas stadion akan berkurang menjadi 20.000 kursi. Sisa kursi yang tidak digunakan akan didonasikan untuk proyek pembangunan sepak bola di seluruh dunia.

Untuk mengurangi polusi udara saat gelaran Piala Dunia 2022, maka kapasitas bus menuju stadion tersebut akan ditambah. Metro Doha juga akan melayani rute para suporter ke stadion ini.

Jadwal Pertandingan di Al Janoub Stadium

  • 22 November 2022, Prancis vs Autralia (Grup D)
  • 24 November 2022, Swiss vs Kamerun (Grup G)
  • 26 November 2022, Tunisia vs Australia (Grup D)
  • 28 November 2022, Kamerun vs Serbia (Grup G)
  • 30 November 2022, Australia vs Denmark (Grup D)
  • 02 Desember 2022, Ghana vs Uruguay (Grup H)
  • 05 Desember 2022, Pemenang Grup E vs Runne-up Grup F (Babak 16 Besar)
     
Tag : #stadion piala dunia 2022    #piala dunia 2022    #sepakbola    #al janoub stadium    #al wakrah    #fifa    #qatar   

Baca Juga