Profil Anies Baswedan (dok. instagram/@aniesbaswedan)

Profil Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta

Regina | Nasional | 18-06-2022

PARBOABOA – Pasti sudah tak asing lagi dengan Gubernur DKI Jakarta. Orang nomor satu di Provinsi Jakarta tersebut telah menjabat sejak tahun 2017 dengan meraih pemilihan suara terbanyak pada saat itu.

Beliau merupakan salah satu tokoh publik yang cukup terkenal di kalangan politik Indonesia karena pernah menjabat sebagai Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada Kabinet Kerja masa Presiden Jokowi – Jusuf Kalla.

Untuk mengenal lebih lengkap, berikut biodata serta profil Anies Baswedan yang telah parboaboa rangkum dari berbagai sumber.

Biodata Anies Baswedan

Nama: Anies Rasyid Baswedan

Lahir: 7 Mei 1969, Kuningan, Jawa Barat

Istri: Fery Farhati Ganis

Anak: Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, Ismail Hakim Baswedan

Agama: Islam

Pekerjaan:  Gubernur DKI Jakarta ke-19

Profil Anies Baswedan

Walaupun sudah lama terjun di dunia politik dan akademis, nama Anies semakin dikenal oleh masyarakat luas setelah terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Banyak prestasi Anies Baswedan yang didapat saat menjabat menjadi gubernur, dan tak sedikit juga kontra yang ia terima dari masyarakat.

Lahir dari keluarga pendidik dan terpelajar, serta reputasi sejak menginjak bangku sekolah cukup baik dalam dunia pendidikan membuatnya berkesempatan menjadi Rektor di Universitas Paramadina. Saat penunjukannya, Beliau merupakan rektor termuda di Indonesia karena usianya baru 38 tahun pada waktu itu.

Sebelum terjun di dunia politik sekarang, ia mengawali karirnya di dunia Akademik, baik itu sebagai sebagai dosen maupun sebagai peneliti.

Istri Anies Baswedan sendiri merupakan akademis Indonesia yang menjabat sebagai Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga DKI Jakarta sejak 16 Oktober 2017.

Dikabarkan partai Anies Baswedan yaitu Partai Nasdem mengumumkan bawah ia masuk dalam daftar capres pada tahun 2024.

Karier Anies Baswedan

Sebelum menjadi gubernur seperti sekarang, berikut adalah jenjang karir yang dibangun oleh Anies Baswedan :

1. Beliau pernah menjadi pembawa acara “Tanah Merdeka” (1989 – 1991)

2. Menjalani program koordinator di Center for Student and Community Development

3. Sebagai peneliti di berbagai proyek seperti Studi Ekonomi UGM, The Office of Research, Evaluation and Policy Studies, Northern Illinois University, Center for Governmental Studies, Northern Illinois University.

4. Menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina (2007 – 2011)

5. Pendiri dan Ketua Gerakan Indonesia Mengajar

6. Sebagai Presenter Program Save Our Nation, Metro TV dan Young Global Leaders Summit Tanzania, Afrika

7. Menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah dalam Kabinet Kerja (2014-2016)

8. Menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta (2017-saat ini)

Terjun ke Dunia Politik

Adapun jenjang karir beliau bisa terjun ke dunia politik diawali pada tahun 2013. Pada saat itu merupakan tahun resmi ia menyentuh ranah politik dengan menjadi peserta konvensi calon presiden (capres) dari Partai Demokrat.

Sayangnya, beliau tidak memiliki peluang yang besar pada tahun itu. Tak pantang menyerah, gubernur Jakarta ini tetap mengikuti alur di ranah politik hingga dipercaya menjadi Mentri Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah pada tahun 2014.

Setelah itu, beliau mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017. Ia mencalon bersama dengan Sandiaga Uno. Sayangnya, wakil Gubernur saat itu berhenti pada 2018 karena mencalonkan diri pada pemilihan Wakil Presiden bersama dengan Prabowo Subianto.

Dengan begitu, kandidat terpilih yaitu Ahmad Riza Patria resmi menjadi wakil gubernur Jakarta dengan sisa masa jabatan 2017-2022.

Tag : #anies baswedan    #gubernur    #nasioanal    #pejabat   

Baca Juga