Profil dan Biodata Ganjar Pranowo (Dok: MI/Susanto)

Profil dan Biodata Ganjar Pranowo Lengkap dengan Agama, Umur, Istri, Anak Hingga Pendidikan

Sondang | Biografi | 18-06-2022

PARBOABOA – Ganjar Pranowo saat ini tengah ramai diperbincangkan terkait banyaknya pihak yang mengusulkan ia sebagai Capres pada pemilihan presiden yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 nanti.

Seperti yang kita ketahui, Ganjar Pranowo adalah seorang Gubernur Jawa Tengah yang sudah menjabat selama dua kali periode. Banyak masyarakat yang menilai bahwa masa kepemimpinannya sangat bagus.

Hal inilah yang membuat banyak yang mendukung Ganjar Pranowo untuk menjadi calon presiden pada periode 2024 sampai 2029 nantinya. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang mulai kepo dengan profil dan biodata Ganjar. Apakah kamu salah satunya?

Tenang saja, PARBOABOA telah merangkum seputar informasi terkait profil dan biodata Ganjar Pranowo lengkap dengan agama, umur, istri, anak hingga pendidikan di bawah ini. Simak sampai tuntas ya!

Profil Ganjar Pranowo

Pemilik nama asli Ganjar Sungkowo ini lahir di desa lereng Gunung Lawu, Karanganyar, pada tanggal 28 Oktober 1968. Itu berarti, umur Ganjar Pranowo saat ini berada di angka 53 tahun.

Namun, mengapa nama asli Ganjar Pranowo muda berbeda dengan sekarang? Begini ceritanya. Ganjar Pranowo dulunya memang diberi nama Ganjar Sungkowo yang berarti ganjaran dari kesusahan atau kesedihan.

Namun saat menginjak usia enam tahun, orangtua Ganjar Pranowo memutuskan mengganti nama Sungkowo menjadi Pranowo. Hal ini karena orangtua Ganjar Pranowo merasa takut jika sang anak kelak selalu mendapat kesialan ataupun kesusahan.

Dalam keluarganya, Ganjar Pranowo merupakan putra kelima dari pasangan S.Pamudji dan Sri Suparni. Ia diketahui memiliki 5 saudara kandung yakni Pri Kuntadi, Pri Pambudi Teguh, Joko Prasetyo, Prasetyowati, dan Nur Hidayati. Agama Ganjar Pranowo adalah islam.

Sementara istri Ganjar Pranowo adalah Hj. Siti Atikoh Suprianti, dimana mereka memutuskan untuk menikah pada tanggal 25 September 1999. Alhasil, anak Ganjar Pranowo adalah Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

Sedari kecil, Ganjar Pranowo memang sudah menunjukan jiwa kepemimpinannya. Hal itu terbukti saat dirinya masih di sekolah dasar, ia selalu terpilih menjadi ketua kelas.

Saat akan memasuki SMP, keluarganya diketahui pindah ke Kutoarjo mengikuti tempat dimana ayahnya ditugaskan. Ganjar Pranowo kemudian melanjutkan studinya di SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Di sana, ia juga aktif dalam mengikuti kegiatan kepramukaan atau Dewan Ambalan.

Saat akan lulus SMA tahun 1980, ayah Ganjar Pranowo diketahui pensiun dari kedinasan di Polri. Untuk menyambung hidup dan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, ibunya pun membuka warung kelontong.

Setelah kelulusan SMA tiba, Ganjar Pranowo melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum di Universitas Gadjah Mada. Di kampus, ia bergabung dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Selama masa kuliah, Ganjar Pranowo mengaku pernah mengambil cuti kuliah selama dua semester. Hal ini lantaran dirinya tidak memiliki uang untuk biaya kuliah.

Seperti mahasiswa pada umumnya, Ganjar Pranowo juga mengakui jika dirinya memiliki hobi demonstrasi semasa kuliah. Ia diketahui pernah turut andil mendemo rektor UGM periode 1986-1990, yaitu Koesnadi Hardjasoemantri.

Perjalanan Karir Ganjar Pranowo

Usai menyelesaikan masa kuliahnya dari Fakultas Hukum UGM, Ganjar Pranowo kemudian bekerja di lembaga konsultan HRD di Jakarta yaitu PT Prakarsa. Ia juga pernah bekerja di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti.

Meski demikian, Ganjar tetap aktif di GMNI dan mengagumi sosok Soekarno. Tak hanya itu, ia juga merupakan simpatisan PDI. Pada tahun 1996, PDI memiliki konflik internal antara pendukung Soerjadi dan Megawati Soekarnoputri sebagai representasi trah Bung Karno.

Ganjar Pranowo berada di kubu Megawati, meskipun pada kenyataannya ayah Ganjar merupakan seorang polisi dan kakaknya merupakan seorang hakim yang mana oleh Orba seluruh pejabat publik dilarang berpolitik dan harus mendukung Golkar sepenuhnya.

Pada akhirnya, Ganjar Pranowo memilih berkarir politik melalui Partai PDIP yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

Pada tahun 2013 Ganjar Pranowo maju sebagai calon Gubernur dalam Pemilihan Umum Gubernur Jawa Tengah. Ganjar menggandeng Heru Sudjatmoko yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.

Ganjar dan Heru dikenal dengan jargon “Mboten Korupsi Mboten Ngapusi” yang artinya tidak korupsi tidak membohongi. Keduanya menjadi pemenang dengan perolehan suara mencapai 48,82%.

Pada 23 Agustus 2013, Ganjar Pranowo dan Heru pun dilantik sebagai Gubernur. Pelantikannya dilaksanakan oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi bertempat di DPRD Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Semarang. Ganjar Pranowo kembali maju menjadi calon Gubernur Jawa Tengah.

Kali ini, Ganjar Pranowo menggandeng Taj Yasin Maimoen yang merupakan anggota DPRD Jawa Tengah periode 2014-2019 dari Fraksi PPP dan dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah 3.

Kemenangan kembali berpihak pada Ganjar dengan perolehan suara 58,78% dengan perolehan 10.362.694 suara. Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen resmi menjadi Gubernur Jawa Tengah 2018 sampai 2023.

Biodata Ganjar Pranowo

Nama Asli: Ganjar Sungkowo

Nama Lengkap : H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP

Kewarganegaraan: Indonesia

Tempat Tanggal Lahir: Lahir : Karanganyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968

Agama: Islam

Umur: 53 tahun

Zodia: Scorpio

Pekerjaan: Gubernur Jawa Tengah (2013-2018 dan 2018-2023)

Orang Tua : Pamuji (Ayah), Almh. Sri Suparmi (Ibu)

Istri : Hj. Siti Atikoh Suprianti

Anak : Zinedine Alam Ganjar

Riwayat Pendidikan :

  • SDN 1 Kutoarjo
  • SMPN 1 Kutoarjo
  • SMA BOPKRII Yogyakarta
  • Universitas Gajah Mada, Fakultas Hukum
  • Universitas Indonesia, Pascasarjana Ilmu Politik

Karir :

  • Konsultan HRD PT. Prakarsa 1995-1999
  • Anggota Komisi IV DPR RI 2004-2009 (Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan) 2004-2009
  • Wakil Ketua Komisi II DPR RI (Bidang Pemerintahan Dlm Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan Dan Reformasi Agraria) 2009-2013
  • Anggota Pansus Angket Bank Century di DPR RI 2009-2010
  • Anggota Timwas Century di DPR RI 2010-2013
  • Ketua Pansus Ruu tentang Partai Politik di DPR RI 2007-2009
  • Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI 2007-2009
  • Anggota Badan Legislasi DPR RI 2004-2010
  • Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI 2009-2010
  • Sekretaris I Fraksi PDIP DPR RI 2007-2009
  • Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI 2010-2013
  • Gubernur Jawa Tengah 2013-2018

Prestasi Ganjar Pranowo:

  • 2014: Satyalancana Pembangunan
  • 2015: Bintang Jasa Utama
  • 2015: Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha
  • Film Ganjar Pranowo:
  • 2019: Sang Prawira
  • 2021: Yowis Ben 3

Media sosial:

  • Instagram: @ ganjar_pranowo
  • TikTok: @ganjarpranowofc
  • Twitter: @ganjarpranowo

Nah, itulah seputar informasi terkait profil dan biodata Ganjar Pranowo lengkap dengan agama, umur, istri, anak hingga pendidikannya. Bagaimana? Apakah kamu juga mengusulkan Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024 mendatang?

Tag : #ganjar pranowo    #gubernur jawa tengah    #biografi    #politikus    #pemilu 2024   

Baca Juga