Penyerang TIRA-Persikabo, Hanis Sagara Putra (Foto: Instagram/@sagaraputra10)

Profil dan Biodata Lengkap Hanis Sagara Putra, Striker Timnas Indonesia U-23

Michael | Sepakbola | 11-02-2022

Parboaboa.com – Berikut ini informasi mengenai profil dan biodata lengkap striker Timnas Indonesia U-23 Hanis Sagara Putra.

Hanis Sagara Putra merupakan pemuda kelahiran Sugihwaras, Bojonegoro, Bogor, 8 September 1999 yang saat ini berusia 22 tahun. Hanis adalah pesepakbola berkebangsaan Indonesia. Ia saat ini bermain bersama klub TIRA-Persikabo dan Timnas Indonesia U-23.

Nama Hanis Sagara Putra pertama kali terdengar saat bergabung bersama skuad Timnas Indonesia U-19 yang kala itu masih dilatih oleh Indra Sjafri dalam pertandingan Toulon 2017.

Pemain asli Bojonegoro ini membuat debut di Timnas U-19 pada 1 Juni 2017 saat menghadapi Brasil U-20 yang berakhir dengan kekalahan 1-0. Sedangkan Gol pertama Hanis terjadi saat menghadapi Skotlandia U-19 yang berakhir dengan skor kalah 1-2.

Hanis Sagara Putra sering menjadi pemain langganan Timnas Indonesia dikelompok umur maupun senior. Ia dinilai memiliki naluri yang bagus dalam mencetak gol dan mencari posisi di lini depan.

Bersama Timnas Indonesia U-23 Hanis tampil sangat baik beberapa kali ia mampu mencetak gol penting dalam pertandigan uji coba dengan Tajikistan dan Nepal. Ada pun pertandingan uji coba ini dilakukan Timnas U-23 untuk menyambut Kualifikasi Piala Asia U-23.

Di kompetisi BRI Liga 1, Hanis memperkuat TIRA-Persikabo 1973. Ia bermain sebagai ujung tombak di tim tersebut. Dari 7 penampilannya ia berhasil mencetak 2 gol.

Minimnya penampilan di kompetisi BRI Liga 1 bukan karena dirinya mengalami masalah ataupun tidak dalam performa yang baik. Namun, lebih dikarenakan harus menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-23 maupun senior untuk menjalani beberapa ajang yang penting.

Berikut ini merupakan profil dan biodata lengkap Hanis Sagara Putra.

Profil Lengkap Hanis Sagara Putra

Hanis Sagara Putra atau Hanis Sagara saat ini merupakan pemain TIRA-Persikabo di Liga 1 musim 2021/2022.

Hanis adalah pesepakbola profesional yang berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur.

Karier Hanis Sagara di Timnas dimulai sedari Timnas U-17, U-18, dan U-19.

Dia pernah memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-18 tahun 2017 dan Piala AFF U-19 tahun 2019 serta yang terbaru Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Hanis Sagara Putra lahir di Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia, 8 September 1999. Ia lahir dari pasangan Handoko Rus Srianto dan Istrina. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

Ia memiliki tinggi 179 cm dan berat badan 63 kg serta bermain di posisi penyerang tengah dan bisa juga dimainkan sebagai penyerang sayap maupun gelandang serang.

Hanis Sagara menimba ilmu sepak bola pertama kali di SSB Indonesia Muda Bojonegoro. Dari SSB tersebut ia akhirnya masuk ke tim utama Persibo Bojonegoro.

Hanis mulai dikenal penggemar sepak bola Indonesia ketika masuk kedalam Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri. Pada 2019, ia masuk kedalam skuad timnas U-19 dan bermain di Turnamen Toulon di Prancis.

Penampilan Hanis Sagara yang gemilang pun berlanjut dengan menjadi bagian Timnas Indonesia U-19 yang tampi dalam Piala AFF U-18 2017 di Yangoon, Myanmar.

Kemampuannya membuat ia banyak dilirik klub Liga 1 Indonesia. Kemudian, yang beruntung mendapatkan talenta striker muda bernama Hanis Sagara Putra ini adalah Bali United.

Keputusan Hanis Sagara yang pada saat itu masih berusia 18 tahun untuk bergabung dengan Bali United telah melalui pertimbangan yang matang.

Striker dengan pergerakan lincah dalam membawa bola itu ingin berkembang dengan belajar kepada pemain senior seperti Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly.

Selain itu, keberadaaan Widodo Cahyono Putro sebagai pelatih kepala Bali United kala itu juga membuatnya semakin berniat untuk begabung.

Pada 4 Desember 2017, Hanis Sagara menandatangani kontrak empat tahun bersama klub berjuluk Serdadu Tridatu tersebut.

Kini, meski menjadi cadangan bagi Irfan Bachdim dan Bali United kedatangan Ilija Spasojevic, Hanis pun masih harus bersabar menanti peluang menjadi pemain kunci.

Rekan satu angkatan Egy Maulana Vikri di Timnas U-19 itu membuat debut bersama Bali United di Kualifikasi Liga Champions Asia, 16 Januari 2018 ketika Bali United mengalahkan Tampines Rovers 3-1.

Hebatnya, Hanis Sagara pun mencetak gol debutnya sebagai pemain profesional dalam pertandingan tersebut.

Nama Hanis sebenarnya sempat memudar setelah bermain membela Timnas U-10 di AFC U-19. Sebab, saat berbaju Bali United periode 2018-2021, Hanis jarang mendapat menit bermain. Tercatat, ia hanya bermain sebanyak 9 kali dengan mencetak 2 gol.

Hanis sempat dipinjamkan ke PSMS Medan saat kompetisi 2020. Sial buat Hanis, kompetisi terhenti karena pandemi corona dan dia kembali ke Bali United.

Memasuki musim 2021, Hanis membuat sebuah keputusan besar. Dirinya pindah ke Persikabo lantaran kontraknya sudah habis bersama Bali United.

Keputusan Hanis tak salah. Sebab, bersama Laskar Padjadjaran, dirinya mendapat kepercayaan dari pelatih Igor Kriushenko dengan sudah bermain 7 pertandingan dan mencetak 2 gol.

Atas penampilan gemilangnya, Hanis kemudian mendapat panggilan kembali ke Timnas Indonesia. Terkini, Hanis menjadi pemain yang sudah mencetak 2 gol buat Timnas U-23.

Biodata Lengkap Hanis Sagara Putra

  • Nama Lengkap: Hanis Sagara Putra
  • Nama Panggilan: Hanis, Putra
  • Nama Lapangan: Hanis Sagara
  • Tempat Lahir: Sugihwaras, Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
  • Tanggal Lahir: 8 September 1999
  • Umur: 22 tahun
  • Agama: Islam
  • Tinggi Badan: 179 cm
  • Berat Badan: 63 kg
  • Kaki Dominan: Kanan
  • Nomor Punggung: 8
  • Klub Saat Ini: TIRA-Persikabo
  • Posisi: Penyerang
  • Hobi: Bermain Gitar
  • Zodiak: Virgo
  • Pasangan: Diajeng Rindayu
  • Nama Ayah: Handoko Rus Srianto
  • Nama Ibu: Istrina
  • Instagram: @sagaraputra10
     
Tag : #Hanis Sagara Putra    #Timnas Indonesia    #Persikabo    #BRI Liga 1    #Shin Tae Yong    #PSSI   

Baca Juga