Profil Lyodra Ginting (Foto : Instagram/@lyodraofficial)

Profil dan Biodata Lyodra Ginting, Lengkap Agama Hingga Deretan Prestasi

Juni | Biografi | 20-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Pasca diumumkan sebagai pemenang audisi menyanyi Indonesian Idol season X tahun 2019, nama Lyodra mencuat ke permukaan. Pada ajang pencarian bakat tersebut, ia berhasil mengalahkan Tiara Andini.

Lyodra Ginting merupakan seorang penyanyi sekaligus aktris asal Medan, Sumatera Utara. Penyanyi berdarah Batak Karo itu banyak menorehkan prestasinya di usianya yang belum genap 20 tahun. Tak hanya menyanyi, ia juga merambah ke seni peran.

Nama Lyodra sebenarnya tak asing di dunia tarik suara karena ia juga adalah pemenang ajang menyanyi internasional Festival Sanremo Junior tahun 2017, di Kota Sanremo Italia.

Buat kamu yang penasaran, langsung aja yuk kita simak profil dan biodata Lyodra Ginting lengkap dengan agama dan deretan prestasi yang sudah diraihnya.

Profil Lyodra Ginting

Penyanyi bernama lengkap Lyodra Margaretha Ginting lahir pada tanggal 21 Juni 2003 di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Tumbuh dan besar dalam keluarga Katolik dan merupakan anak sulung dari dua bersaudara. Lahir dari pasangan wirausahawan Simar Ginting dan perawat psikiatris Natalia Johanna Tarigan. Lyodra diketahui memiliki seorang adik laki-laki bernama Igyralo Ginting yang usianya terpaut dua tahun.

Orangtuanya sudah mengetahui bakat menyanyi Lyodra Ginting sejak ia berusia dua tahun. Ia sudah mengikuti berbagai perlombaan menyanyi berskala lokal di Kota Medan ketika menginjak usia empat tahun. Kemudian di usia 10 tahun, Lyodra berlatih vokal dengan Derta Purba yang juga merupakan guru vokal penyanyi solo seriosa Putri Ayu Silaen. Dalam kegiatan keagamaan, Lyodra juga berlatih memainkan organ sembari melayani sebagai pemazmur dalam misa di Gereja Santo Fransiskus Assisi, Medan.

Selain dunia tarik suara, Lyodra Ginting juga sangat menyukai dunia seni peran dan bahkan pernah bercita-cita sebagai aktris. Dia bahkan menjadi anggota ekstrakurikuler teater semasa mengenyam pendidikan di SMP St. Ignatius, Medan.

Biodata Lyodra Ginting

  • Nama lengkap                  : Lyodra Margaretha Ginting
  • Nama panggung               : Lyodra Ginting
  • Nama panggilan               : Lyodra, Lyly
  • Tempat, Tanggal lahir       : Medan, Sumatera Utara, 21 Juni 2003
  • Usia                                  : 19 tahun (2022)
  • Kewarganegaraan             : Indonesia
  • Orangtua                           : Simar Ginting (Ayah) dan Natalia Johana Tarigan (Ibu)
  • Saudara                             : Igyralo Ginting (Adik)
  • Tahun aktif                        : 2014 - sekarang
  • Almamater                         : Universitas Pelita Harapan
  • Agama                               : Katolik
  • Zodiak                                : Gemini
  • Fans Club                           : My Lyodra
  • Sosial media                       : - Facebook : Lyodra Ginting

                                                       - Instagram : @lyodraofficial

                                                       - Twitter  : @imlyodra

  • YouTube                              : Lyodra Official

Perjalanan Karir Lyodra Ginting

Pada 2014, Lyodra pernah mengikuti ajang pencarian bakat, Indonesia Mencari Bakat (IMB). Meski tidak berakhir sebagai pemenang, kegigihannya patut diacungi jempol. Pada tahun yang sama, Lyodra bergabung menjadi anggota sebuah proyek garapan Erwin Gutawa bernama “Di Atas Rata-Rata”.

Tak berhenti sampai disitu, Lyodra melebarkan sayapnya ke kancah Internasional dalam kompetisi menyanyi Internasional Sanremo Junior 2017 di Italia, Lyodra berhasil menjadi pemenang dan mengalahkan 22 peserta dari 18 negara.

Pada 2019, Lyodra kembali mewujudkan impiannya dengan mendaftarkan dirinya di ajang pencarian bakat Indonesian Idol dan berhasil menjadi juara 1 dengan debut single Lyodra Ginting Gemintang Hatiku. Namanya kian melambung tinggi pasca merilis single keduanya yang berjudul Terlanjur Mencinta ciptaan Yovie Widianto yang dibuat dalam tiga versi oleh Tiara Andini dan Ziva Magnolya. Selain menyanyi, Lyodra juga terjun dalam dunia adu peran pada debut akting-nya dalam series berjudul 7 Hari Sebelum 17 Tahun.

Penghargaan

2017 : Artis Solo Perempuan Anak-anak Terbaik/ “Dear Dream”

2020 : Pendatang Baru Terdahsyat dan Genk Terdahsyat

2021 : Album Of the year / Lyodra dan Best New Asian Artist (Indonesia)

Demikian informasi mengenai profil dan biodata Lyodra Ginting Indonesian Idol season X, lengkap dengan agama, perjalanan karir hingga deretan prestasi yang telah diraih berkat kegigihannya.

Tag : #lyodra ginting    #indonesian idol    #hiburan    #penyanyi    #gemintang hatiku    #aktris   

Baca Juga