Natanael Siringoringo pemain Kelantan FA asal Medan (Foto: TRW Kelantan FC)

Profil dan Biodata Natanael Siringoringo, Wonderkid Asal Medan Yang Berkarier di Malaysia

Michael | Sepakbola | 18-02-2022

Parboaboa.com – Berikut ini merupakan profil dan biodata Natanael Siringoringo, wonderkid asal Medan yang berkarier di Malaysia.

Nama Natanael Siringoringo pasti terdengar asing bagi penyuka sepak bola Indonesia. Wajar saja, ia memang tak setenar rekan sekampungnya Egy Maulana Vikri yang bermain di Eropa.

Natanael saat ini berkarier di Malaysia bersama dengan Kelantan FA. Ia didatangkan dari Sulut United pada tahun 2021. Ia awalnya merupakan pemain futsal, namun karena bakatnya yang baik dalam mengolah bola Natanael pun dipanggil untuk bergabung dengan tim kota kelahirannya, PSMS Medan.

Berposisi sebagai pemain sayap, Natanael memiliki kecepatan dan kontrol bola yang sangat baik. Ia juga memiliki postur yang tidak terlalu tinggi sehingga muda sekali untuk melewati penjagaan dan melakukan aksi yang memukau penggemar sepak bola.

Dalam derby Kelatan, Natanael berhasil mencuri perhatian dengan mencetak dua gol dalam kemenangan Kelantan FA melawan Kelantan United di Liga Super Malaysia 2021. Menariknya, ia mencetak gol hanya dalam tempo waktu kurang dari 20 menit setelah dimasukkan pada babak kedua.

Dalam pertandingan tersebut, Kelantan FA berhasil menang dengan skor 3-1. Satu gol yang tersisa dari Kelantan FA dicetak oleh Nurshail Abdul Ghani pada menit ke-39 babak pertama.

Profil Natanael Siringoringo

Nama Natanael Siringoringo mulai muncul pada tahun 2019. Pemain yang berusia 22 tahun ini mulai mencuri perhatian saat ia membela klub PSMS Medan di tahun 2019.

Pemain yang pernah bergabung dengan klub Sulut United di musim 2020 ini punya latar belakang sebagai pemain futsal.

Natanael dikontrak oleh Kelantan FA sejak Februari 2021.

Di Timnas Indonesia, nama Natanael memang belum setenar Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimayu, atau Witan Sulaeman. Pemain berusia 22 tahun itu memang baru dipanggil ke Timnas Indonesia pada tahun 2019 yang lalu.

Natanael dipanggil dalam seleksi Timnas U-23 menuju SEA Games di Filipina. Sayang, Natanael tidak bisa ikut serta. Penyebabnya, Natanael mengalami cedera saat pemusatan latihan digelar.

Natanael kembali dipanggil dalam pemusatan latihan Timnas U-23 jelang SEA Games 2021 yang lalu. Itu artinya, bakat Natanael juga dipantau oleh pelatih timnas saat ini, Shin Tae Yong.

Sebelum bermain sepak bola, Natanael merupakan pemain futsal yang tampil di Pro Futsal League. Saat itu, Natanael memperkuat klub asal Medan SDR Binjai di musim 2018.

Bakat bermain bolanya yang sangat baik membuat Natanael dilirik oleh pencari bakat PSMS Medan.

Natanael akhirnya memulai karier sepak bolanya bersama klub kota kelahirannya, PSMS Medan. Di tahun 2019, Natanael tampil gemilang dan membawa Ayam Kinantan menembus babak delapan besar Liga 2 2019.

Sayangnya, PSMS tidak bisa berlaga di Liga 1. Tim kebanggan kota Medan itu Cuma berada di posisi tiga klasemen Grup B di babak delapan besar.

Natanael kemudian mencari petualangan baru di musim berikutnya. Ia memilih Sulut United yang tampil di Liga 2 sebagai destinasi selanjutnya.

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia membuat semuanya berantakan. Kompetisi sepak bola di Indonesia dihentikan dan Natanael belum sempat memberikan kontribusi apapun untuk Sulut United.

Saat ini, Natanael resmi bermain di klub asal Malaysia, Kelantan FA. Ini membuat Natanael menjadi pemain yang kesekian asal Indonesia yang berkarier di Malaysia.

Biodata Natanael Siringoringo

  • Nama Lengkap: Natanael Siringoringo
  • Nama Panggilan:Natan, Natanael
  • Tempat Lahir: Medan, SumatraUtara, Indonesia
  • Tanggal Lahir: 18 September 1999
  • Usia: 22 tahun
  • Agama: Kristen
  • Kaki Dominan: Kanan
  • Posisi: Penyerang Sayap
  • Nomor Punggung: 11
  • Klub Saat Ini: Kelantan FA
  • Tanggal Bergabung: 13 Februari 2021
  • Klub Sebelumnya: Sulut United (2020), PSMS Medan (2019)
  • Zodiak:Virgo
  • Instagram: @natanael_ringo
     
Tag : #natanael siringoringo    #pemain indonesia di luar negeri    #timnas indonesia    #sepak bola   

Baca Juga