Potret Kota Doha, Qatar (Foto: Expedia)

Profil Kota Piala Dunia 2022 Qatar: Doha

Michael | Sepakbola | 19-07-2022

PARBOABOA – Doha adalah salah satu kota terkenal di Qatar, sekaligus menjadi ibu kota negara. Doha nantinya akan menjadi salah satu kota yang terdapat stadion resmi tempat berlangsungnya Piala Dunia 2022.

Iklim panas layaknya gurun pasir merupakan hal yang biasa dirasakan ketika berada di Doha. Rata-rata suhunya bisa mencapai 35,1 derajat celsius.

Hal inilah yang menjadi alasan Piala Dunia edisi kali ini diundur jadi akhir tahun. Karena kota-kota di Qatar, khususnya di Doha, rata-rata suhunya bisa turun mencapai 25 derajat celsius.

Terlepas daripada suhu panas yang sering terjadi, Doha adalah kota paling modern diseluruh negeri. Sejumlah ajang olahraga penting juga pernah dilaksanakan di sini, seperti Asian Games 2006 dan Arab Games 2011.

Memiliki Banyak Gedung Pencakar Langit

Sebagai ibu kota negara, tidak heran jika di Doha terdapat lebih dari 20 bangunan-bangunan tinggi layaknya gedung pencakar langit. Tingginya pun beragam mulai dari 102 meter sampai 300 meter.

Aspire Tower menjadi menara tertinggi yang bisa dijumpai di Doha. Tetapi dalam beberapa tahun ke depan, status tersebut akan segera hilang.

Sebab, saat ini di Doha masih ada sejumlah pembangunan gedung pencakar langit, seperti Doha Tower dan Convention Center, Qatar National Bank Tower, serta Al Quds Endowment Tower. Tingginya masing-masing 552 meter, 510 meter, serta 495 meter.

Doha jelas menjadi salah satu kota termegah di antara empat kota lain yang juga memiliki stadion resmi penyelengara Piala Dunia 2022 Qatar. Doha dapat menjadi pilihan paling cocok bagi pengunjung yang datang ke sini.

Stadion yang Terdapat di Doha

Terdapat dua stadion di Doha, yaitu 974 Stadium dan Al Thumama Stadium. Kapasitasnya sama-sama 40.000 kursi.

Hanya saja, kapasitas kedua stadion tersebut bakal dipotong sampai setengahnya setelah Piala Dunia 2022 Qatar selesai. Qatar ini mendonasikan sebagian komponen stadion ke negara lain yang membutuhkan fasilitas tersebut.

Jarak di antara kedua stadion ini sekitar 16,9 km. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 20 menit.
 

Tag : #piala dunia 2022    #doha    #sepakbola    #974 stadium    #al thumama stadium   

Baca Juga