Shin Tae Yong tetap jadi pelatih Timnas Indonesia Senior (Dok. pssi.org)

Resmi! PSSI Pastikan Shin Tae Yong Tetap Pelatih Timnas Indonesia Senior

Michael | Sepakbola | 17-06-2022

PARBOABOA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan bahwa Shin Tae Yong tetap melatih Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-20, Jumat (17/6/2022).

Kabar mengenai posisi Shin Tae Yong di Timnas Indonesia memang sempat menjadi bahan pembicaraan. Awalnya, PSSI ingin memfokuskan Shin Tae Yong (STY) hanya di Timnas Indonesia U-20.

STY memang sejak awal dikontrak menjadi pelatih kepala tiga kelompok umur Timnas Indonesia, yakni Timnas Indonesia U-20, Timnas Indonesia U-23, dan Timnas Indonesia Senior.

Namun belakangan PSSI ingin memfokuskan Shin Tae Yong di Timnas Indonesia U-20 saja. Tentu wacana ini mendapatkan sorotan dari banyak media sosial terutama pencinta Timnas Indonesia.

Namun saat ini pendukung Timnas Indonesia bisa bernafas lega karena akhirnya Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI memastikan bahwa Shin Tae Yong akan tetap menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia Senior.

PSSI memutuskan untuk mempertahankan Shin Tae Yong di kursi pelatih Timnas Indonesia Senior berkat keberhasilan lolos ke Piala Asia 2023.

"Kami sudah diskusikan kembali. Karena hasil Timnas Indonesia yang sudah luar biasa di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Jadi, tim senior masih dipegang oleh Shin Tae Yong," ujar Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule. 

Namun Iwan Bule masih belum memberikan jawaban apakan nanti Shin Tae Yong juga tetap akan menangani Timnas Indonesia U-23.

"Kalau untuk timnas U-23? Lihat nanti. Yang jelas, Timnas Indonesia senior dan U-20 sudah pasti dilatih Shin Tae Yong."

Soal Timnas Indonesia U-23, PSSI akan membicarakan dengan sang pelatih lebih lanjut. "Nanti kami berdiskusi dengan Shin Tae Yong. Kalau dia mau melatih Timnas U-23, silakan. Yang jelas Timnas Indonesia dan U-20 dipegang oleh Shin Tae Yong," ujar Ketum PSSI, Mochammad Iriawan.

Sudah Menunjukkan Tanda-tanda Mempertahankan Shin Tae Yong

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjemput langsung Timnas Indonesia  yang baru kembali dari Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (16/06/22) di Bandara Soekarno Hatta, Banten. Sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu terlihat semringah karena target PSSI terpenuhi. 

Ketum PSSI berterima kasih karena semua pemain, pelatih, staf dan manajer Timnas telah kerna keras di Kuwait. Hasilnya luar biasa, skuad Garuda bisa lolos ke babak utama Piala Asia 2023.

"Hari ini saya menjemput coach Shin Tae Yong dan seluruh pemain yang baru kembali dari Kuwait. Salam dari federasi dan Pak Menpora, selamat datang kembali ke Tanah Air," buka Ketum PSSI.

"Terima kasih ke pemain, official, manajer dan coach Shin yang telah berjuang".

"Yang jelas kita bangga, mereka telah berikan yang terbaik dan coach Shin bawa tim bisa lolos ke Piala Asia dan kita siap bertempur," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Ketum PSSI menyatakan pihaknya akan mendukung program Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023. Diharapkan, tiga pemain naturalisasi yakni Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama sudah bisa dimainkan. 

Hal ini pun seakan memastikan bahwa posisi pelatih kepala Timnas Indonesia di Piala Asia tetap dipegang oleh Shin Tae Yong.

"Persiapan akan dilakukan pasti setelah ini. Coach Shin Tae Yong, ofisial, dan manajer akan mempersiapkan ke depan, berkaitan dengan Piala Asia," jelas Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI. 

"Tentunya kita berharap, tiga atau dua dari pemain naturalisasi sudah bisa bergabung nanti," lanjutnya. 

Timnas Indonesia meraih dua kemenangan atas Kuwait dan Nepal serta kalah dari Yordania di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Raihan enam poin bawa tim Merah Putih jadi salah satu dari lima runner-up terbaik dan berhak atas tiket ke babak utama.

Sepak Bola Tidak Bisa Instan!

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menilai skuad asuhannya terus berkembang ke arah yang lebih baik. Dalam dua tahun terakhir, dia bisa bawa skuad Garuda lolos Piala Asia 2023. 

Shin Tae Yong mengatakan, dalam sepak bola tidak ada yang instan, semua butuh proses panjang. Timnas Indonesia harus lewati beberapa kegagalan seperti hanya runner-up Piala AFF 2020 hingga medali perunggu untuk tim U-23. 

Tapi, secara perlahan para pemain Timnas mulai tunjukkan perkembangan. Apalagi, skuad Merah Putih notabene diisi pemain muda. 

"Pasti para fans, wartawan juga, bisa merasakan sepak bola Indonesia semakin kuat. Dan memang sepak bola itu tidak bisa langsung kuat dengan instan, jadi perlu waktu untuk meningkatkan tim kami," kata Shin Tae Yong. 

Menurut Shin Tae Yong, Timnas Indonesia bisa melawan tim mana pun. Kuncinya adalah kerja keras dan kepercayaan diri yang harus dimiliki para pemain.

Tag : #pssi    #shin tae yong    #sepakbola    #timnas indonesia    #piala asia 2023   

Baca Juga