PT Kimia Farma akan Laksanakan Vaksinasi Berbayar

PT Kimia Farma akan Laksanakan Vaksinasi Berbayar

rini | Kesehatan | 10-07-2021

Sebagai upaya percepatan vaksinasi Nasional, PT Kimia Farma akan membuka klinik vaksinasi mandiri, mulai Senin, 12 Juli 2021.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah resmi menerbitkan peraturan vaksinasi mandiri, yang bisa dilakukan oleh pihak swasta, sehingga diharapkan dapat mempercepat penanganan pandemi virus Corona.

Namun dalam pelaksanaan vaksinasi mandiri masyarakat yang akan menanggung biaya vaksinasi. Program ini tidak masuk dalam program pemerintah.

Vaksinasi mandiri ini dapat dimanfaatkan oleh kelompok masyarakat yang belum masuk dalam prioritas pemerintah untuk mendapat vaksin, seperti karyawan swasta dan masyarakat sipil lainnya yang ingin segera mendapat perlindungan kesehatan pribadi.

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk. Verdi Budidarmo menuturkan, saat ini adalah saat yang tepat untuk melakukan vaksinasi individu, karena pertambahan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia.

Pada tahap awal program ini baru menyentuh 6 kota dengan 8 klinik. Namun secara perlahan Kimia Farma akan memperluas jangkauan itu, termasuk ke pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar.

"Setelah menjalankan Vaksinasi Gotong Royong perusahaan, Kimia Farma memberikan pilihan baru bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi sendiri. Kami siap memberikan layanan vaksinasi Individu melalui klinik-klinik kami di seluruh wilayah Indonesia. Dalam tahap pertama, kami baru memberikan pelayanan ini di delapan klinik di Jawa dan Bali," jelasnya

Adapun, 8 klinik yang akan memberikan vaksinasi mandiri tahap pertama adalah sebagai berikut:

1. Jakarta Kimia Farma Senen, kapasitas 200 orang per hari

2. Jakarta Kimia Farma Pulogadung, kapasitas 200 orang per hari

3. Jakarta Kimia Farma Blok M, kapasitas 100-200 orang per hari

4. Bandung Kimia Farma Supratman (Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari

5. Semarang Kimia Farma Citarum, kapasitas 100 orang per hari

6. Solo Kimia Farma Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari

7. Surabaya Kimia Farma Sedati, kapasitas 200 orang per hari

8. Bali Kimia Farma Batubulan, kapasitas 100 orang per hari

Ada 3 cara untuk mendaftar dalam pelaksanan vaksinasi mandiri yang dilaksankan Kimia Farma yaitu:

1.  Melalui contact/call centre Kimia Farma di nomor 1-500-255.

2.  Melalui website www.kimiafarmaapotek.co.id, kemudian akan diarahkan melalui koneksi nomor WhatsApp.

3.  Melalui aplikasi Kimia Farma Mobile di ponsel, yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Kimia Farma Mobile sendiri baru digunakan mulai Kamis (15/7) karena masih dalam proses penyempurnaan.

Dalam pelaksanaannya nanti, pihak Kimia Farma akan menjalankan proses vaksinasi sesuai petunjuk Kementerian Kesehatan dengan disiplin Prokes yang ketat. Pemerintah juga akan menetapkan harga paling tinggi untuk pelayanan vaksinasi mandiri.

Tag : kesehatan

Berita Terkait