PTN di Indonesia dengan jumlah program studi terbanyak (Dok:duniadosen.com)

Daftar PTN dengan Jumlah Program Studi Terbanyak di Indonesia

Dimas | Pendidikan | 26-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Di zaman sekarang ini, dunia pendidikan memang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya program studi (prodi) yang di tawarkan berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia kepada para calon mahasiswa.

Para calon mahasiswa saat ini bisa dengan mudah memilih prodi sesuai dengan keinginannya. Berbagai macam prodi dihadirkan untuk menciptakan para lulusan yang dapat berkontribusi besar terhadap berbagai bidang pekerjaan.

Namun saat memilih program studi, para calon mahasiswa sangat dianjurkan untuk memperhatikan sejumlah aspek, seperti jumlah prodi yang diminati, tingkat persaingan, serta tujuan karier setelah lulus.

Selain itu, untuk mengetahui prodi mana saja yang terbaik, para calon mahasiswa dapat melihat daftar  prodi yang ditawarkan oleh universitas yang dituju.

Mengutip dari laman PDDikti, berikut PTN di Indonesia yang memiliki jumlah prodi terbanyak menurut Statistik Pendidikan Tinggi tahun 2020, di antaranya:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia. UGM pertama kali dibuka pada tahun 1949.

UGM menempati posisi pertama sebagai universitas yang memiliki program studi terbanyak di Indonesia. Diketahui, UGM memiliki 297 prodi dengan rincian 44 program diploma, 77 program sarjana, 92 program magister, 50 program doktor, 10 program profesi, serta 31 program spesialis.

2. Universitas Indonesia (UI)

UI merupakan salah satu universitas yang banyak diminati para calon mahasiswa. Universitas yang berlokasi di Depok ini, juga direpesentasikan sebagai institusi pendidikan dengan sejarah paling tua se-Asia.

UI sendiri diketahui memiliki 243 program studi. Dimana, jumlah itu terbagi atas 13 program diploma, 64 program sarjana, 69 program magister, 39 program doktor, 7 program profesi, dan 51 program spesialis.

3. Universitas Padjajaran (UNPAD)

UNPAD terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. UNPAD juga termasuk jajaran PTN di Indonesia yang memiliki jumlah prodi terbanyak. Saat ini, UNPAD memiliki 203 program studi, dengan rincian 28 program diploma, 60 program sarjana, 52 program master, 22 program doktor, 6 program profesi, dan 35 program spesialis.

4. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

UNHAS pertama kali diresmikan pada tanggal 10 September 1956, universitas ini terletak di Makassar. Saat ini, UNHAS diketahui memiliki 200 program studi dengan rincian 3 program diploma, 67 program sarjana, 65 program magister, 26 program doktor, 8 program profesi, 31 program spesialis.

5. Universitas Sebelas Maret

Universitas yang satu ini terletak di Kota Surakarta, Jawa tengah. Universitas Sebelas Maret diketahui memiliki total 182 prodi. Universitas ini juga masuk dalam daftar 10 besar universitas terbaik di Indonesia.

6. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB merupakan salah satu perguruan tinggi dengan prodi terbanyak di Indonesia. Saat ini, IPB diketahui memiliki 181 jumlah prodi, yang terbagi atas 22 program diploma, 39 program sarjana, 71 program magister, 46 program doktor, dan 3 program profesi.

Nah, sekarang Anda pasti sudah mengetahui daftar PTN dengan jumlah prodi terbanyak di Indonesia. Daftar ini bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi sebelum mendaftar ke berbagai PTN di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Tag : #ptn    #program studi    #pendidikan    #pddikti    #ugm    #ipb    #ui    #unpad   

Baca Juga