Kebun Teh Bah Butong Sidamanik (Dok. Correcto Id)

PTPN IV Konversi Lahan Kebun Teh Menjadi Kebun Sawit, Agrowisata Kebun Teh Sidamanik Terancam

Madika | Daerah | 20-06-2022

PARBOABOA, Simalungun-  Pihak PTPN IV kabarnya berencana akan membabat habis kebun teh Afdeling I Bah Butong yang ada di Kecamatan sidamanik, Kabupaten Simalungun untuk dialihfungsikan menjadi perkebunan sawit.

Dari pantauan awak media, saat ini alat berat milik PTPN IV sudah masuk ke lokasi kebun teh dan melakukan perataan areal tanah perkebunan tersebut.

Menurut  keterangan salah seorang warga setempat, pihak perkebunan sendiri telah merotasi sejumlah karyawan yang bekerja di areal kebun teh Afdeling I, sehubungan dengan pengerjaan konversi tanaman teh menjadi tanaman sawit berlangsung.

“Iya, karyawan yang ngerjai kebun teh ini sudah dimutasi semua. Karena area mereka kan mau dijadikan kebun kelapa sawit,” ujarnya, Senin (20/06/2022).

Warga sekitar mengatakan, pihak PTPN IV juga telah merencanakan akan menugaskan pegawai PTPN IV Bah Birong Ulu untuk mengerjakan perkebunan kelapa sawit di areal bekas Afdeling I kebun teh Bah Butong tersebut, mengingat lokasinya yang berdekatan.

Nanti area yang eks kebun teh itu akan dimasukkan ke Kebun Kelapa Sawit PTPN IV Bah Birong Ulu (Jorlang Hataran),” ujar pria berinisial RHS yang mengaku adiknya bekerja di perkebunan teh yang sudah dipindah tugaskan.

Sementara itu, kegiatan konversi perkebunan dari tanaman teh ke tanaman kelapa sawit yang dilakukan PTPN IV ini, telah mendapat kecaman dari berbagai lapisan organisasi masyarakat, warga lokal, bahkan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga sendiri. 

Tidak hanya itu, selain dianggap berpotensi merusak lingkungan, konversi lahan ini akan mengubur jati diri Kecamatan Sidamanik sebagai daerah agrowisata perkebunan teh yang sudah dikenal wisatawan dalam dan luar provinsi Sumatera Utara.

“Pemkab Simalungun pasti menolak rencana konversi kebun teh menjadi kebun kelapa sawit,” pungkas RHS menambahkan.

Hingga berita ini diturunkan, pihak awak media masih menunggu jawaban dari pihak PTPN IV terkait alasannya mengkonversi tanaman teh menjadi tanaman kelapa sawit.

Tag : #simalungun    #kebun teh sidamanik    #daerah    #ptpn iv    #berita sumut    #sidamanik    #sumut   

Baca Juga