Oki Setiana Dewi

Publik Kecam Ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT

Sondang | Hiburan | 03-02-2022

PARBOABOA, Siantar – Pendakwah sekaligus penulis, Oki Setiana Dewi saat ini tengah mendapat sorotan publik. Itu karena video potongan ceramahnya viral di media sosial, Rabu (2/2).

Dalam video yang diunggah di akun TikTok @okisetianadewi13 itu, Oki dianggap menormalisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dengan menceritakan sebuah kisah nyata dari Jeddah, Arab Saudi.

Dikatakannya, ada suami istri yang sedang bertengkar. Sang suami marah kepada istrinya hingga akhirnya memukul wajah sang istri. Istri tersebut kemudian menangis.

Bersamaan dengan hal itu, pintu bel rumah berbunyi. Dengan mata sembab, istri itu kemudian membuka pintu dan ternyata tamunya adalah ibu dari istri tersebut.

Melihat ibu mertuanya datang, suami ini khawatir istrinya bakal mengadu atas pemukulan yang ia lakukan. Ibu tersebut kemudian bertanya kepada anaknya mengapa matanya menangis dan matanya sembab.

Sang anak kemudian menjawab ia menangis karena terharu saat berdoa. Ia berdoa karena rindu kepada ayah dan ibunya dan ternyata doa itu langsung dikabulkan. Melihat itu, sang suami luluh karena ia mengira sang istri akan mengadu kepada ibunya.

"Jadi nggak perlulah cerita-cerita yang sekiranya menjelekkan pasangan kita sendiri," kata Oki di akhir cerita.

Pesan itulah yang menuai pro kontra dari warganet hingga trending di sejumlah media sosial termasuk twitter. Beberapa diantaranya memberikan argumen dengan dalil bahwa KDRT tidak dibenarkan dalam agama.

Netizen menilai Oki mengambil contoh cerita yang salah. Akibatnya, pesan soal menutupi aib pasangan jadi gagal tersampaikan. Akibatnya, ia dianggap menormalisasi adanya KDRT di rumah tangga.

Mereka yang mengkritik pun berasal dari beragam kalangan mulai dari tokoh, sampai netizen pada umumnya. Dan yang protes tampaknya lebih banyak dari netizen perempuan.

"Kasih tahu sama sang ustadzah, kalau suami mukul istri itu sebenarnya bukan aib yg harus ditutupi oleh istri. Itu KDRT. Harus lapor polisi. Cerita2 begini justru membuat istri dipaksa menerima kelakuan suaminya yg brengsek atas nama jaga aib suami. Istrimu bukan sasak tinju woy!" kata @na_dirs alias Khazanah GNH, Komunitas Santri Gus Nadirsyah Hosen.

"Nabi aja gak pernh tuh mukul istrinya ni berdakwah malah bahas kekerasan," kata @anakkeju***.

"Kok ada orang normalize KDRT, aneh bngt," kata @hongjoo***

"Menutup aib suami bukan bukan berarti harus nutup KDRT dari orang lain. Get help sis," kata @sullen***.

"Konteks nutupin aib sih bener ya, ambil contohnya yg salah mbak. Di kdrt diem2 bae? Duuhhhh," kata @via***.

Melihat ceramahnya dikritik, Oki Setiana belum memberi penjelasan sampai saat ini. Namun, ia telah menghapus video yang diunggah sendiri di akun TikToknya kemarin.

Tag : #oki setiana dewi    #viral    #ceramah    #kdrt   

Baca Juga