Presiden Jokowi (dok tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Perkiraan Puncak Arus Balik Lebaran 2022 dan Titik yang Diwaspadai akan Macet

Rini | Nasional | 04-05-2022

PARBOABOA, Jakarta - Puncak arus balik lebaran 2022 diperkirakan akan terjadi pekan ini, mulai 6-8 Mei 2022. Pemerintah memang sudah menyiapkan berbagai skenario untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat puncak arus mudik, seperti penerapan One Way, Ganjil Genap, hingga larangan truk untuk memasuki tol. 

Namun mengingat padatnya kendaraan pada puncak arus mudik kemarin, tentunya sulit untuk menghindari kemacetan pada puncak arus balik nanti, sehingga Presiden Jokowi mengimbau kepada masyarakat agar kembali dari kampung halaman lebih awal, atau kembali setelah melewati puncak arus balik, agar terhindar dari kemacetan.

Jokowi mengatakan, tanggal kembali dari kampung halaman ini harus disesuaikan dengan jadwal libur yang diberikan kantor masing-masing.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak, bapak, ibu, saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," kata Jokowi, melalui konfernsi pers daring di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5).

Himbauan untuk kembal ke kota sebelum dan setelah melewati puncak arus mudik ini juga disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menhub mengatakan ada dua titik yang diwaspadai akan mengalami kepadatan saat arus balik, yaitu tol Semarang-Jakarta, dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

Sehingga kerjasama pemudik sangat diharapkan demi menghindari kemacetan berkepanjangan, seperti jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh, dan jangan berhenti di bahu jalan, karena selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat memicu kemacetan.

Menhub mengatakan, ada banyak rest area di luar jalur tol yang dapat dimanfaatkan para pemudik jika kelelahan selama perjalanan.

Tag : #lebaran 2022    #puncak arus balik    #nasional    #jokowi    #prediksi puncak arus balik    #kemacetan    #macet saat arus balik   

Baca Juga